Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.561 views

Online Games Hangover

 

Oleh:

Adila || Aktivis Fikrul Islam

 

SIAPA sih yang ga ngerti sama yang namanya game online? Jaman gini kudet banget dong kalo masih ga ngerti.

Game online atau sering disebut dengan Online Games adalah sebuah permainan  yang dimainkan di dalam suatu jaringan internet, permaianan ini biasanya dimainkan secara bersamaan dengan pemain yang tidak terbatas banyaknya. Contohnya: Mobile legends (ML), Free Fire (FF), PUBG dan masih banyak game game online yang lain.

Mulai dari kalangan bocah SD hingga kalangan bapak-bapak ikut serta dalam permainan ini loh gaess.

Dari permainan game online, ternyata nih banyak kalangan anak muda yang 'kecanduan' hingga melupakan tugas dan kewajiban mereka seperti lupa sholat, lupa belajar bahkan lupa tidur. Hadeh heran kok bisa-bisanya kelupaan buat tidur!

Memang si game online itu bisalah buat merefreshingkan otak yang lagi puyeng atau abis ngerjain tugas yang bejibun, tapi kebanyakan anak anak muda malah kebablasan mabar (main bareng) dengan teman temannya hingga seharian kagak tidur wageelaase kalo ayas mah gakuatt.

Keseringan juga para 'player' suka meluapkan kekesalannya dengan mengeluarkan kata kata penuh 'toxic' yang ga pantes diucapkan astagfirullah jan sampe ya guys.

Selain itu kecanduan game online ini mirip dengan kecanduan narkoba dan ponografi, untuk kesehatan pastinya bisa merusak mata karna efek cahaya yang dihasilkan gadget trus ni bisa mempengaruhi morfologi tubuh yang bisa mengacu pada penyakit dan epilepsi. Wow seremm bangt bro!

So, ini nih beberapa tips untuk mengatasinya. Simak ya...

Pertama,'Time is money', bung!

Betapa berharganya waktu yang kita punya. So, kita harus merubah mindset bahwasannya game online tidak menguntungkan justru malah merugikan dan buang buang waktu kita aja kan eman sekali rasanya kalau hidup di dunia cuma ngelakuin hal yang sia-sia .

Kedua, melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat misalnya kalau ada waktu luang bisalah baca buku, join forum forum diskusi atau berolahraga eits tapi jangan olahraga ngetik juga gaess wkwk..  Intinya kita tu harus berupaya untuk merubah diri kita sendiri apalagi kita seorang muslim tentunya mempunyai aktivitas yang lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Ketiga, batasi penggunaan gadget apalagi pas waktu istirahat karena gadget merupakan salah satu media yang paling banyak mengakses  permainan. So, kurangi aktifitas dalam mengakses perangkat yang satu ini sis terutama pada jam jam istirahat yang pada umumnya seringkali digunakan untuk mengakses perangkat ini. Jangan korbankan waktu istirahatmu demi gawai!

Keempat, lakukan perubahan secara step by step dengan mengurangi durasi bermain perharinya  misal dengan mengurangi waktu 5 hingga 10 menit per harinya lalu pada hari esok ditingkatkan lagi menjandi 10 hingga 15 menit per hari. Lakukan secara bertahap jangan melakukan perubahan secara ekstrim karna memiliki tingkat keberhasilan yang rendah.

Kelima, kudu ditahan jangan mudah terpengaruh dengan temen-temen yang ngajak mabar apalagi promosi-promosi yang menggiurkan mata. Trus gimana kalo ga kuat, kak? Coba alihkan ke kegiatan lainnya, seperti dijelaskan di poin sebelumnya.

Kesimpulannya bermainlah dalam batas waktu yang wajar dan terkontrol ya gaess tetapi kalau udah mengalami 'kecanduan' harus melakukan pencegahan yang tepat seperti tips yang ada di atas. Kalau perlu ni kunjungi tenaga ahli kesehatan.

Okee guys mungkin cukup ini yang bisa saya sampaikan. Sampai jumpa lagi di rubrik selanjutnyaa.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X