Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.381 views

Rawwan Dwaik, Gadis Down Syndrome Penghapal Quran 30 Juz

 

(Yordania - voa-islam.com) - Akhir-akhir ini viral berita tentang seorang hafizah Quran dari Yordania. Apa istimewanya? Bukankah banyak penghapal Quran lainnya juga? Ternyata gadis ini penyandang down syndrome pertama yang mampu menghapal Quran full 30 juz. Masya Allah.

Awatef Jaber, ibunda si gadis menjelaskan pada kantor berita Turki, Anatolia Agency: “Saya ibunda Rawwan (ayahnya telah meninggal) dan saya sangat bangga padanya.”

Ibunda Rawwan melanjutkan, “Sebelum Rawwan lahir saya mempunyai 4 anak perempuan dan 1 laki-laki. Karena merasa sendirian, anak laki-laki saya ini meminta adik agar dia mempunya teman sesama laki-laki. Ternyata lahirlah Rawwan. Alhamdulillah, Rawwan adalah hadiah dari Allah semesta alam untuk membuat saya bangga dan merasa terhormat.”

Aku bersumpah akan mengajarinya membaca Al-Quran. Begitu tekad ibunda Rawwan saat putrinya lahir.

Rawwan sangat cerdas. Dan ketika ibunya tahu potensi anaknya ini, mulailah ia mengajari Rawwan beberapa surat pendek. Dan itu semua dihapalkan dalam waktu singkat. Jadilah ibunda Rawwan mendaftarkan anaknya ke sekolah saat usianya 6 tahun. Dan Rawwan tampil menjadi murid yang menonjol kecerdasannya.

“Saya pun ikut belajar aturan nada dalam membaca al Quran demi mengajari Rawwan. Saya bawa dia ke pusat bimbingan anak Down Syndrom, Prime Time Zone agar lebih baik dalam mendapat penanganan yang tepat. Saat itulah saya merekam hapalan Rawwan yaitu empat halaman pertama surat Al-Baqarah. Ternyata gurunya menegaskan bahwa memang Rawwan sudah mampu menghapal bagian awal dari surat tersebut,” tambah ibunda Rawwan.

Cara Rawwan Menghapal Quran

Lebih lanjut ibunda Rawwan menjelaskan tentang metode menghapal Quran yang dijalani oleh putrinya itu. Rawwan menghapalkan Quran melalui tulisan. Quran surat Al-Baqarah dihapalkan dalam waktu setahun setengah. Dia mendapatkan nilai sempurna saat ujian. Setelahnya dia langsung melakukan sujud syukur sebagai ungkapan terima kasih kepada Allah.

“Selama menghapal surat Al-Baqarah, Rawwan bermimpi memakai baju pengantin. Dia juga ingin melihat ibunya di surga kelak. Saat dia mengatakan hal itu padaku, aku pun menjawab insya Allah. Dan ketika dia menuntaskan hapalan surat Al-Baqarah, aku pun ingin mewujudkan mimpinya. Kubuatkan baju pengantin untuk Rawwan yang dipakainya saat wisuda,” lanjut ibunda Rawwan.

Setelahnya Rawwan lanjut menghapal Quran selama 7 tahun dengan kecepatan rata-rata. Dan dia berhasil menyelesaikan dengan menghapal semua juz tepat tanggal 29 Ramadan (2021). Setiap selesai berapa juz, dia dites, begitu seterusnya hingga dia hapal semua.

Yang membedakan Rawwan adalah kecerdasannya. Hal yang membantu Rawwan dalam menghapal Al-Quran adalah pelafalannya, apa yang diucapkan ibunya kemudian ditirukan olehnya. Sedangkan kemampuan dia menghapal itu sungguh adalah kemurahan Allah pada Rawwan, satu mahkota kehormatan. Begitu ibunda Rawwan menjelaskan cara dia mengajari anaknya.

“Yang kami inginkan dari Rawwan adalah memantapkan hapalan Al-Qurannya, mempelajari dan mengecek hapalan tersebut juz demi juz, meminta nasihat dari penghapal Quran lainnya yang tidak bisa dia dapatkan dari syeikh."

Sedangkan Rawwan sendiri berkata dengan bangga, “Aku membaca Quran sehari tiga kali. Seumur hidupku aku akan selalu mambaca Quran dan menghapalnya.”

Al Quran adalah hidupku, kalimat ini diucapkan Rawwan berulang-ulang.

Down Syndrome adalah satu mutasi genetik yang mengakibatkan adanya ‘kromosom’ ekstra dalam sel tubuh. Fenomena ini hasil dari cacat kromosom atau gen yang menyebabkan kecacatan mental dan ketidakseimbangan fisik. Wallahu alam. (riafariana/voa-islam.com)

Sumber: primetimezone

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X