Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.603 views

Inilah 6 Tips Melatih Fokus dalam Islam

 

Oleh: Fina Fatimah

Pernahkah di sela kita  melakukan aktivitas yang satu, pikiran malah tertuju pada aktivitas lain yang belum terselesaikan? Namun saat kita menyelesaikan terlebih dahulu pekerjaan yang tadi menghantui pikiran kita, tiba-tiba muncul kekhawatiran tentang pekerjaan awal yang kita lakukan juga belum selesai? Jika itu terjadi berarti fokus dan konsentrasi kita sedang menurun.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hilang atau menurunnya tingkat kefokusan dari seseorang. Dilansir dari Alodokter, beberapa faktor yang menyebabkan fokus kita menurun diantaranya adalah multitasking, kurang tidur, bosan, sibuk dengan gadget, dan memikirkan banyak hal.

Tak bisa dipungkiri memang, di masa pandemi ini kebanyakan orang melakukan aktivitas yang monoton. Misalnya saja para pelajar yang normalnya belajar dan bermain bersama teman-teman kini harus duduk berjam-jam di depan layar menyimak pelajaran. Dan ada sosok ibu yang bertambah amanahnya untuk mengawasi dan membimbing anak-anak terutama yang masih kecil untuk senantiasa menyimak pelajaran. Pun dengan orang-orang yang kehilangan pekerjaannya harus berpikir lebih keras agar kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi di dalam sistem kapitalis ini.

Di sela kesibukan itu, fokus benar-benar diperlukan agar segala aktivitas dapat diselesaikan tanpa banyak membuang waktu sia-sia. Seorang muslim haruslah memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap fokus di sela banyaknya amanah yang kita emban.

Pertama dan yang paling utama adalah berdoa, karena hanya Allah-lah yang mampu meringankan beban kita. Kita juga harus yakin bahwa Allah tidak membebani hambaNya di luar batas kemampuannya.

Berikut doa yang bisa kita panjatkan:

Rabbi a'uudzubika min hamazatisy syayaathiini, wa a'uudzubika rabbi an yahdluruun.

Artinya: "Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku."

Kedua adalah berdzikir. Kurang fokus bisa disebabkan oleh hati kita yang tidak tenang. Maka dengan berdzikir yaitu senantiasa mengingat Allah akan memberikan ketenangan hati. Selain itu  dengan berdzikir dapat melatih fokus kita karena saat berdzikir yang kita tuju atau kita fokuskan hanyalah satu, yaitu Allah.

Ketiga, kita harus memperbaiki pola hidup. Jangan terlalu sering begadang untuk hal yang tak bermanfaat. Makan makanan yang halal dan thoyyib. Dan kurangi tingkat stress dengan senantiasa mendekatkan diri kepada sang Pencipta.

Keempat, manajemen waktu pun merupakan salah satu kunci agar kita lebih fokus. Dalam islam manajemen waktu sangat diatur dengan jelas dan tegas, misalnya seperti shalat fardhu 5 waktu yang harus dikerjakan secara tepat waktu. Hal tersebut menandakan bahwa islam mengharuskan umatnya untuk senantiasa bersikap disiplin dan tidak lalai.

Pernah berpikir seperti ini?

Yang nanti, gimana nanti sajalah.

Hal tersebut adalah manajemen waktu serba instan yang sebaiknya tidak kita lakukan agar tidak gagal fokus di akhir. Kebanyakan sesuatu yang serba mendadak akan membuyarkan konsentrasi kita karena kurangnya persiapan.

Sebisa mungkin gunakan waktu luang kita sebelum waktu sempit kita. Jika kita termasuk orang yang bingung harus mengerjakan pekerjaan apa terlebih dahulu, maka sebaiknya kita membuat schedule board. Pilih dan pilah aktivitas mana yang wajib, sunnah, dan mubah. Dahulukan sesuatu yang wajib mendesak kita kerjakan, dan untuk sesuatu yang mubah maka kita akhirkan.

Kelima, jangan mentolerir rasa malas. Sering sekali kita mentolerir diri untuk melakukan aktivitas wajib dan sunnah. Padahal waktu terus berjalan dan waktu tersebut tidak bernilai karena apa yang kita kerjakan sebatas hal mubah saja. Pada akhirnya kita harus memaksa multitasking di saat deadline hampir habis. Maka perlu tekad yang kuat agar kita tidak menunda-nunda. Saat rasa malas itu datang, maka sesungguhnya yang mampu mengendalikan diri kita tak lain dan tak bukan adalah diri kita sendiri.

Keenam, kerjakan aktivitas satu per satu. Tidak semua orang memiliki kemampuan multitasking, diri kitalah yang mengetahui batas kemampuan diri. Jika lelah, istirahat sejenak bukan hal yang salah. Kita bisa istirahatkan mata kita dengan memandang ciptaan Allah yang indah seperti tanaman hijau, jangan lupa untuk mentafakurinya.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. Segala masalah dapat kita selesaikan apabila kita mengembalikannya pada tempat yang sesuai. Karena Allah adalah pencipta kita, maka Allah telah memberikan solusi berbagai permasalahan hanya dalam islam. Maka segala sesuatu perlu kita pandang melalui sudut pandang islam dan segala solusi harus kita ambil pula dari Islam itu sendiri. Wallahualam bi ash shawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X