Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.904 views

Dua Garis Biru, Ada Apa Ya?

 

Oleh:

Ulinnuha Khoirunnisa

 

‘’Heii ada Film baru looh! Cucok banget buat kita. Weekend dah bioskop bareng yukkk. Aku deh yang bakal nanggungin semuaa..”

Waa pasti seneng dan ngebahagiain  dong ya punya temen yang doyan nya ngebos-i terus. Kita dimanjain tinggal temenin aja, udah bisa ini itu. Nonton grantis lagi ini. Terbaru lagi. Itu looh... Film dua garis biru. Masih hot-hot nya dibioskop.

Film apaan tuuh? Dua garis biru, kalo belum punya maklumat(belum tahu sebelumnya) pasti Cuma bisa ngebayangin kalo dari namanya aja udah sastrais, pasti tuh isi filmnya bagus, romance romance gitu..Tapi kalo diliat lagi dari cover gambar filmnya, kayaknya ada makna nyata sesuai judulnya deh. Dua garis biru. Ya dua garis warna biru yang biasanya dipake pasangan suami istri sebagai pertanda bahwa sang istri sedang mengandung seorang anak. Kok tau? Yah makanya itu.

Bagi temen-temen yang belum liat, aku saranin deh baca ini dulu, sebelum nanti akhirnya aku takut kalian bakal nyesel nantinya. Karena setiap sesuatu pasti ada musabab nya kan? Disini aku bakalan ngeresume isi film itu pada kalian.

Film ini menceritakan tentang sepasang sejoli yang duduk dibangku SMP yang terjalin kisah asmara dan kepincut cinta. Mereka punya hubungan dekat, awalnya hanya sebatas sahabat. Tapi ternyata rasa nyaman membawa perasaan lebih dari itu. Sebab terlampau kasih sayang mendalam, akhirnya memasukkan mereka pada sebuah titik yang harusnya hanya bisa dilakukan oleh sepasang suami istri yang sudah diikat sah dalam akad pernikahan.

Si cewek pun hamil. Karena usia yang juga baru sweet seventeen, kedua nya bingung, pikirannya kalut. Katanya masa masa remaja masa cari jati diri. Ketika kedua orang tua mereka tahu, dan menyuruh mereka untuk sanggup menanggung semua resiko secara bertanggung jawab. Menikah adalah pilihan mereka, meski nanti tentu banyak masalah dan tantangan yang bakal dihadapi dalam kehidupan.

Oke, jadi soal gimana runtut-runtutnya udah itu aja. Ntar tambah berabe lagi, karena ternyata dibalik munculnya film ini ke layar kaca Indonesia ada kalangan yang pro maupun kontra. Jadii kita ikut yang maannaa? Tenang tenang.. Kita ulik faktanya dulu yok.. Biar jelas.

Setelah ngebaca sinopsis dari film itu udah kebayang kaan gimana isinya. Biarpun kita Cuma lihat trailer atau baca sinopsis dari sebuah film itu kita udah bisa punya gambaran tentang isi film tersebut.Tentang apa yang mau disampaikan.

Jadi gengs klub yang pro bilang kalo film ini tuh banyak muatan edukasinya buat para remaja yang sedang masa pubertas pas sweet seventeen apalagi ngadepin bunga asmara.  Yaitu edukasi seks. Dimana kalo ada seorang pemuda dan pemudi yang masi di bangku sekolah udah jatuh cinta duluan gapapa.. Asal setiap yang mereka lakukan siap mereka tanggung dan tanggung jawabkan dimasa depannya. Jadi kalo sampai titik ada hasil ‘dua garis biru' di test pack ya kudu siap juga ntar nanggung status jadi seorang ayah dan seorang ibu. Udah harus siap nikah. Siap dalam kehidupan. Ya walaupun dua garis biru-nya muncul sebelum akad sih. Uppss.. Itu kata mereka.

Bukan klise juga bahwa film ini emang hadir seolah sebagai jawaban atas semakin meningkatnya angka kehamilan luar nikah di Indonesia. Tercatat di kota besar seperti Surabaya, kasus pelajar yang hamil diluar nikah bisa sampai tiap minggu ada kasusnya. Belum lagi ketika nanti menghadapi fenomena yang cemas, yang berujung pada kasus aborsi sang janin. 

Dilansir laman Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), angka aborsi di Indonesia tahun 2016 mencapai 2,4 juta per tahun. BKKBN mencatat, terjadi peningkatan sekitar 15 persen setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut, 800.000 di antaranya dilakukan oleh remaja putri yang masih berstatus pelajar.

Hal inilah yang kemudian mendorong para feminis untuk mengusung film ini. Alih alih jadi solusi ternyata justru malah menambah masalah besar. Dari pergaulan yang menyebabkan hamil diluar nikah, maka dari keduanya itu harus siap menghadapi masalah kedepannya.

Padahal nih ya teman, bisa jadi justru yang terlibat didalamnya itu dalam kategori ‘belum siap' berkeluarga. Ketika seseorang sudah melakukannya tentu nanti akan ada anak yang menanti didikan yang baik dari kedua orang tuanya. Bagaimana bisa menjadi anak Sholih Sholihah ketika orang tuanya tidak memberi didikan yang baik.

Jika hal ini dibiarkan tentu bisa dibayangkan betapa semakin banyaknya nanti yang ingin mencoba. Mencoba seperti adegan-adegan yang ada di film tersebut. Lalu ketika nanti sudah terjadi, rusak lah kualitas para pemuda pemudi kita, rusaklah kualitas para ibu-ibu muda khususnya, dan rusak pula generasinya.

Lebih dari itu Allah SWT juga sudah menegaskan dalam firmannya.

“..dan janganlah engkau mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah perbuatan keji dan jalan yang buruk..” (Q.S Al israa' : 32).

Allah saja dengan lafadzNya melarang kita mendekati zina, hampir zina, apa lagi berzina. Naudzu billahi min dzalik.

Ngeri banget kaan. Jangan sampai ya kita malah dapet investasi transfer dosa dari temen kita juga karena udah ngajak ples ngebosi dalam suatu kemaksiatan. Ngebayangin dosa kita aja banyak banget, ditambah ples-ples. Bagi-bagi tuh pahala ya gengs. Kaan asik  kita bisa dapet pahala terus investasi transfer pahala dari temen temen kita. Waah balasannya in syaa Allah Syurga. Jadi Yuk caranya gampang banget. Kaji Islam. Dan sebarkan sebanyak-banyaknya untuk teman-teman kita sebagai tanda cinta.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Mantan Napi Mujahidin Ingin Taubat dan Hijrah, Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Bebas dari penjara ia taubat dan hijrah, tapi kesulitan pekerjaan. Saat ekonomi terjepit, datang tawaran bisnis haram dari sesama mantan napi. Ia butuh dana 7,5 juta rupiah untuk modal usaha...

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Balita Ridho Ramdhani Mati-matian Berjuang Melawan Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Di usia balita ia harus berjuang mati-matian melawan tumor ganas yang bersarang di bokongnya. Setiap saat merintih tangis di pangkuan ayah bundanya. Ia harus dioperasi tapi terbentur biaya....

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Latest News
Pernyataan Pers PP Muhammadiyah tentang Penanganan Covid-19

Pernyataan Pers PP Muhammadiyah tentang Penanganan Covid-19

Selasa, 22 Sep 2020 09:57

Kasus Positif Harian Tembus 4.000, Anggota Komisi IX Minta Pilkada Serentak 2020 Ditunda

Kasus Positif Harian Tembus 4.000, Anggota Komisi IX Minta Pilkada Serentak 2020 Ditunda

Selasa, 22 Sep 2020 08:50

Legislator: Pemerintah Lamban Soal Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan

Legislator: Pemerintah Lamban Soal Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan

Selasa, 22 Sep 2020 07:47

Banyak Desakan Pilkada Serentak Ditunda, KPU Diminta Lakukan Analisis Serius

Banyak Desakan Pilkada Serentak Ditunda, KPU Diminta Lakukan Analisis Serius

Selasa, 22 Sep 2020 06:57

Bedah Buku 'Bau Amis Komunis' Karya Rizal Fadillah

Bedah Buku 'Bau Amis Komunis' Karya Rizal Fadillah

Selasa, 22 Sep 2020 06:35

Polisi Tuki Tahan 14 Warga Negara Asing Yang Diduga Terkait Islamic State

Polisi Tuki Tahan 14 Warga Negara Asing Yang Diduga Terkait Islamic State

Senin, 21 Sep 2020 21:20

Protes Menentang Pemerintahan Abdel Fattah Al-Sisi Terjadi di Seluruh Mesir

Protes Menentang Pemerintahan Abdel Fattah Al-Sisi Terjadi di Seluruh Mesir

Senin, 21 Sep 2020 18:45

Honduras Akan Relokasi Kedutaan Besar Mereka Ke Yerusalem Sebelum Akhir Tahun

Honduras Akan Relokasi Kedutaan Besar Mereka Ke Yerusalem Sebelum Akhir Tahun

Senin, 21 Sep 2020 17:45

Covid 19 Mengganas, Saatnya Berserah Diri kepada Allah

Covid 19 Mengganas, Saatnya Berserah Diri kepada Allah

Senin, 21 Sep 2020 16:37

Kerusuhan Pecah di Penjara Ghouiran Suriah Yang Menampung Tahanan Islamic State

Kerusuhan Pecah di Penjara Ghouiran Suriah Yang Menampung Tahanan Islamic State

Senin, 21 Sep 2020 14:45

Menag Positif Covid-19, Akses Masuk Kantor Kemenag Dibatasi

Menag Positif Covid-19, Akses Masuk Kantor Kemenag Dibatasi

Senin, 21 Sep 2020 12:50

Menteri Agama Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menteri Agama Terkonfirmasi Positif Covid-19

Senin, 21 Sep 2020 11:59

Mati Rasa Demokrasi, Mencari Alternatif Sistem Pengganti

Mati Rasa Demokrasi, Mencari Alternatif Sistem Pengganti

Ahad, 20 Sep 2020 22:22

Peran Ibu dalam Pendidikan Anak, Sisi Lain dari Drama Korea Flower of Evil

Peran Ibu dalam Pendidikan Anak, Sisi Lain dari Drama Korea Flower of Evil

Ahad, 20 Sep 2020 21:53

Otoritas AS Cegah Amplop Berisi Racun Yang Ditujukkan Kepada Donald Trump

Otoritas AS Cegah Amplop Berisi Racun Yang Ditujukkan Kepada Donald Trump

Ahad, 20 Sep 2020 21:25

Sejarah Pengkhianatan PKI Akan Dihapus?

Sejarah Pengkhianatan PKI Akan Dihapus?

Ahad, 20 Sep 2020 21:20

Puluhan Pemukim Ilegal Yahudi Israel Serbu Kompleks Masjid Al-Aqsa

Puluhan Pemukim Ilegal Yahudi Israel Serbu Kompleks Masjid Al-Aqsa

Ahad, 20 Sep 2020 21:05

Inggris Tetapkan Denda Hingga 13.000 USD Bagi Pelanggar Aturan COVID-19

Inggris Tetapkan Denda Hingga 13.000 USD Bagi Pelanggar Aturan COVID-19

Ahad, 20 Sep 2020 18:30

Serangan Udara Kembar di Kunduz Afghanistan Tewaskan 30 Warga Sipil

Serangan Udara Kembar di Kunduz Afghanistan Tewaskan 30 Warga Sipil

Ahad, 20 Sep 2020 17:45

Anggota Komisi XI Minta Peruri Perhatikan SDM

Anggota Komisi XI Minta Peruri Perhatikan SDM

Ahad, 20 Sep 2020 06:52


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X