Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.624 views

Musibah Garut Undang Kepedulian Sekolah

JAKARTA (voa-islam.com) - Banjir bandang akibat luapan air Sungai Cimanuk di Garut pada Selasa (20/9) malam, membuat puluhan gedung sekolah kebanjiran dan ribuan muridnya jadi korban.

Menurut catatan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, sekitar 2.500 pelajar terganggu pendidikannya akibat banjir bandang. Mereka merupakan murid dari 24 sekolah tingkat TK, SD, SMP, dan SMA. Termasuk TK Nurul Hidayah Karangpawitan, Madrasah Ibtidaiyah MI Al-Qomar Tarogong Kidul, SDIT Muhammadiyah Tarogong Kidul, dan Sekolah Luar Biasa (SLB) A dan C Lapangan Paris. 

Para pelajar juga kehilangan seragam dan peralatan sekolahnya, baik yang di rumah maupun di sekolah masing-masing. Misalnya, sebanyak 123 dari total 928 murid SMPN 3 Tarogong Kidul kehilangan rumah, rusak rumah dan seisinya, bahkan ada yang kehilangan anggota keluarganya.

Mengingat pentingnya pendidikan, Ketua Umum Dewan Dakwah menginstruksikan agar Posko LAZIS Dewan Dakwah Peduli Garut yang dibuka sejak Rabu (21/9) memrioritaskan program pendidikan.

‘’Selenggarakan pendidikan alternatif darurat dan sediakan seragam serta perlengkapan sekolahnya. Anak-anak tidak boleh berhenti sekolah,’’ tutur Moh Siddik, Ketua Umum Dewan Dakwah.

Direktur Eksekutif LAZIS Dewan Dakwah Ade Salamun, memaparkan, program Posko LAZIS Dewan Dakwah Peduli Garut fokus pada distribusi logistik berupa makanan siap santap, pakaian, dan dropping air minum, serta pendidikan anak.

Sasaran distribusi logistik adalah titik-titik pengungsi dan posko-posko bantuan.

Sedang program pendidikan meliputi gotong royong membersihkan areal sekolah dan pemberian bantuan perlengkapan sekolah yang dikemas dalam Paket Bebungah Barudak Garut. Paket berupa tas berisi seragam, sepatu, dan alat tulis.

‘’Agar anak-anak tetap senang dan bersekolah dalam kondisi darurat, kami juga menyelenggarakan Sekolah Hatiku Senang. Materinya lebih banyak berupa trauma healing dalam format dongeng dan games,’’ jelas Agung Gumelar, koordinator Posko LAZIS Dewan Dakwah.

Program-program Posko LAZIS Dewan Dakwah itu digerakkan oleh para relawan dari Badan Eksekutif Mahasiswa STID (Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah) M Natsir Jakarta, Akademi Dakwah Indonesia (ADI) Jawa Barat, LSM Creavill Garut, komunitas mahasiswa psikologi Garut ‘’Ruang Mengabdi’’,  dan Tim LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Bandung Raya.

Sasaran program pendidikan Posko LAZIS Dewan Dakwah antara lain SMP dan SMA PGRI Garut, MI Al-Qomar Haur Panggung, SDN Sukaratu 1 Banyuresmi, SMPN 2 Banyuresmi, dan anak-anak pengungsi di Leuwidaun, Jayawaras serta Padamukti, Pasirwangi.

Alhamdulillah, program pendidikan tersebut mendapat dukungan luas termasuk dari sekolah dan perguruan tinggi serta komunitas alumninya. Misalnya dari mahasiswa Fakultas Keguruan dan Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yang menitipkan bantuan berupa perlengkapan kebutuhan sehari-hari untuk korban bencana pada 24 September 2016.

Bantuan juga datang dari Jamiyyah Al Azhar 14 Semarang. Donasi berupa Mushaf Qur’an, uang, komputer, sepatu, dan baju pramuka, diserahkan langsung oleh Kepala Sekolah SMP Al Azhar 14 Semarang, Ny Yani Mulyani, pada Ahad (2/10) siang.

Alumni SMPN 201 Cengkareng, Jakarta Barat, yang tergabung dalam Komunitas 87, datang ke posko LAZIS Dewan Dakwah di komplek Yayasan Al Husna Jl Gordah Jayawaras pada Ahad (2/10) pagi.

SDIT Menara Kuwait Tambun, Jawa Barat, selain uang donasi belasan juta, juga  menyampaikan bantuan logistik dan pakaian dari para murid serta guru sekolah yang didirikan Dewan Dakwah itu. Bantuan diantar oleh perwakilan guru pada Ahad (25/9) dini hari.

SD Pelita Pasar Minggu, Jakarta Selatan, tak ketinggalan menggalang donasi dari murid. Penghimpunan sumbangan sukarela berlangsung selama empat hari. Hingga Jumat, 30 Oktober 2016, terkumpul donasi hampir Rp 20 juta. Ini berasal dari 643 anak, 20 kelas dari kelas 1 hingga 6.

"Alhamdulillah, kami sudah terbiasa menghimpun infak Jumat. Juga infak khusus seperti untuk bantuan sosial seperti bencana alam gunung meletus, banjir, gempa, dan lain-lain,’’ ujar Ny Masturi, kepala sekolah SD Pelita Pasar Minggu kepada M Rizqi dari LAZIS Dewan Dakwah, saat menyerahkan sumbangan untuk Garut, Jumat (30/9).

Selasa (4/10), Pengurus Yayasan Al Qolam, Muhsin MK, menyerahkan donasi peduli Garut yang dihimpun dari para murid SDIT dan SMPIT Al Qolam Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat.

‘’Kita turut menyampaikan innalillahi atas musibah Garut, tapi di sisi lain juga alhamdulillah musibah ini menggugah kepedulian para murid untuk menolong sesamanya,’’ tutur Muhsin. [nurbowo/syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Silaturahim lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X