Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.001 views

Tarif Listrik Kian Mencekik, Salah Siapa?

 

Oleh: Linda Ummu Khansa

Lagi, ibarat petir di siang bolong, rakyat kembali dikejutkan dengan wacana akan dinaikkannya tarif dasar Listrik pada tahun 2022.

Bagi pelanggan PLN bakal mengeluarkan biaya tambahan memasuki tahun 2022 mendatang. Pemerintah bersama dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI berencana menerapkan kembali tariff adjustment (tarif penyesuaian) pada 2022 mendatang.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut jika kondisi pandemi Covid-19 membaik, maka kemungkinan besar tariff adjustment ini akan diterapkan kembali sesuai aturan awal pada 2022. (banjarmasin.tribunnews.com, 13/12/2021)

Menanggapi hal tersebut, pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Agus Suyanto mengatakan, rencana mengenai tarif adjustment ini memang sudah lama didengungkan.

"Adjustment atau penyesuaian tarif ini biasanya dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu kurs dollar, inflasi dan juga harga minyak dunia," kata Agus saat dihubungi Tribunnews, Jumat (3/12/2021). (tribunnews.com, 03/12/2021)

Kesekian kalinya tarif listrik dinaikkan. Sudahlah jatuh, ketimpa tangga. Berkali-kali pula. Mungkin inilah gambaran beratnya hidup di bawah sistem kapitalisme saat ini. Tidak dapat dibayangkan, semakin beratnya beban rakyat jika kebijakan ini betul-betul diterapkan pada tahun 2022 ini.

Rakyat dipaksa untuk menganggap ini sebagai perkara yang lumrah. Apalah daya, tiada pilihan lain kecuali menerima kenyataan. Para ibu harus semakin mengencangkan pinggang untuk mengatur keuangan yang tak seberapa agar dapur tetap mengepul, bahkan ikut serta menghabiskan waktu di luar rumah, untuk membantu perekonomian keluarga. Lalu bagaimana nasib anak-anak yang terurus dan tak terdidik.

 Para ayah harus bekerja membanting tulang hingga tak pelak segelintir tak lagi mempedulikan halal haram karena isteri dan anak yang kelaparan. Para pedagang harus siap-siap gulung tikar karena harga barang semakin melonjak, sedang modal semakin minim. Ekonomi sulit sangat berkorelasi dengan tajamnya kenaikan tingkat kriminal. Keamananpun semakin berkurang. Lalu siapa yang dapat disalahkan.

Ini baru sebagian kecil efek resonansi dari naiknya tarif listrik. Wajar. Karena listrik adalah salah satu kebutuhan penting umat manusia. Bahkan sangat penting untuk kemajuan dan keberlangsungan hidup rakyat. Namun sayang, sistem kapitalisme saat ini, takkan pernah mampu memberikan pelayanan terbaik serta kesejahteraan rakyatnya.

Sistem Kapitalisme adalah sebuah sistem yang berasaskan sekulerisme atau pemisahan agama dari kehidupan. Aturan-aturan dalam mengatur sistem kehidupan manusia berasal dari akal manusia yang lemah dan terbatas.

Salah satu diantaranya adalah persoalan konsep kepemilikan. Sistem ekonomi kapitalisme tidak  memiliki konsep kepemilikan sehingga segala sesuatu yang bernilai boleh menjadi komoditas. KeranInvestasi dibuka sebesar-besarnya. Hingga kemudian komoditas yang penting bagi rakyat justru jadi barang dagangan. Harganya pun terus melejit.Karena itu sangat jelas sekali ada campur tangan korporasi di dalam pengelolaan hajat publik.

Penerapan sistem Kapitalis memandang kehidupan ini serba materi. Mencari manfaat / keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa memandang halal dan haram. Banyaknya korporasi yang berdiri tidak  menguntungkan bagi rakyat. Seperti di bidang ekonomi, rakyat lebih banyak menjadi buruh kerja di negeri sendiri namun tak mampu menikmati hasil kekayaan alamnya sebab hasil keuntungannya bukan untuk rakyat. Keuntungan masuk ke dalam kantong pengusaha kaya yang tak peduli nasib rakyat.

Masihkah berharap pada sistem kapitalisme yang telah jelas tak mampu memberikan keadilan dan kesejahteraan. Padahal ada sebuah sistem hebat yang berasal dari Tuhan Sang Pencipta, Allah Swt, yang dalam sejarahnya, ketika Islam sebagai sebuah sistem aturan yang sempurna diterapkan seutuhnya, menorehkan catatan yang gemilang dan tak tertandingi.

Islam bukan sebatas agama melainkan memiliki aturan yang kompleks terkait kebijakan publik. Pandangan Islam seperti halnya energi baik listrik, minyak, gas dan lain sebagainya merupakan kebutuhan publik yang tak boleh dikomersilkan atau diperjualbelikan. Sebab kebutuhan publik adalah kebutuhan yang sangat mendasar yang wajib dipenuhi negara bahkan secara cuma-cuma. Sebagaimana hadits Nabi Muhammad : ” Manusia berserikat pada tiga hal yaiitu air, padang gembalaan (tanah)”, dan api. (HR. Abu daud, Ahmad, Ibnu majah).

Hadits diatas menunjukkan bahwa ke tiga hal tersebut tak boleh dimiliki individu/kelompok. Sebab merupakan kebutuhan mendasar yang wajib dipenuhi. Diantaranya adalah listrik yang termasuk harta milik rakyat, bukan milik individu atau kelompok. Negaralah yang seharusnya menjadi pengatur dan pengolah hingga menyediakannya ke tengah-tengah masyarakat secara gratis.

Islam membagi kepemilikan menjadi tiga, yaitu individu, umum, dan negara. Adapun listrik termasuk kepemilikan umum yang tidak boleh dikelola individu/swastanisasi. Pengelolaannya harus oleh negara. Jika negara mendapatkan keuntungan, harus mengembalikannya pada rakyat dalam bentuk layanan pendidikan, kesehatan, dan lainnya.

Sungguh, hal ini pernah diterapkan oleh para khalifah dahulu. Dengan aturan syariat Islam, mampu mensejahterakan hingga 13 (tiga belas) abad lamanya. Pandangan Islam terkait kebutuhan rakyat wajib di dahulukan baik darurat ataupun tidak. Saatnya negara meninggalkan sistem Kapitalis yang menyengsarakan beralih pada sistem Islam yang menyejahterakan. Wallahua’lam bisshowab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Liberalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Masih Mungkinkah Prabowo Subianto Menjadi Presiden?

Masih Mungkinkah Prabowo Subianto Menjadi Presiden?

Selasa, 28 Jun 2022 21:51

Kewajiban Sertifikasi Halal Tingkatkan Daya Saing Usaha

Kewajiban Sertifikasi Halal Tingkatkan Daya Saing Usaha

Selasa, 28 Jun 2022 21:12

Perusahaan Pertahanan Turki Sumbang 3 Drone TB2 Ke Ukraina

Perusahaan Pertahanan Turki Sumbang 3 Drone TB2 Ke Ukraina

Selasa, 28 Jun 2022 20:45

PBB: Hampir 307.000 Warga Sipil Gewas Akibat Perang Suriah Dari 2011 Hingga 2021

PBB: Hampir 307.000 Warga Sipil Gewas Akibat Perang Suriah Dari 2011 Hingga 2021

Selasa, 28 Jun 2022 18:15

Militer AS Klaim Serangan Drone Tewaskan Pemimpin Al-Qaidah Asal Yaman Di Idlib Suriah

Militer AS Klaim Serangan Drone Tewaskan Pemimpin Al-Qaidah Asal Yaman Di Idlib Suriah

Selasa, 28 Jun 2022 17:30

Pemprov DKI Cabut Izin 12 Outlet Holywings

Pemprov DKI Cabut Izin 12 Outlet Holywings

Senin, 27 Jun 2022 21:57

Beli Minyak Goreng Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi, FPKS: Menyulitkan Rakyat

Beli Minyak Goreng Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi, FPKS: Menyulitkan Rakyat

Senin, 27 Jun 2022 21:44

Kolaborasi Bangun Kampung Wakaf Ciracas, Upaya Bangun Kemandirian Warga

Kolaborasi Bangun Kampung Wakaf Ciracas, Upaya Bangun Kemandirian Warga

Senin, 27 Jun 2022 21:37

Jumlah Anak-anak Yang Tewas Akibat Gempa Di Afghanistan Meningkat Menjadi 155 Orang

Jumlah Anak-anak Yang Tewas Akibat Gempa Di Afghanistan Meningkat Menjadi 155 Orang

Senin, 27 Jun 2022 18:45

Serangan Cyber Paksa Perusahaan Baja Terbesar Iran Berhenti Beroperasi

Serangan Cyber Paksa Perusahaan Baja Terbesar Iran Berhenti Beroperasi

Senin, 27 Jun 2022 18:00

PBB: Perang Ukraina Dapat Meningkatkan Produksi Narkoba Ilegal

PBB: Perang Ukraina Dapat Meningkatkan Produksi Narkoba Ilegal

Senin, 27 Jun 2022 17:17

Tingkah Polah Jagat Milenial dan Memburuknya Peradaban Manusia

Tingkah Polah Jagat Milenial dan Memburuknya Peradaban Manusia

Senin, 27 Jun 2022 08:05

Taliban Serukan Pemerintah Internasional Cabut Pembekuan Aset Bank Sentral Setelah Gempa Mematikan

Taliban Serukan Pemerintah Internasional Cabut Pembekuan Aset Bank Sentral Setelah Gempa Mematikan

Ahad, 26 Jun 2022 21:06

Pemimpin Hindu Kanada Dukung Pembunuhan Umat Muslim Dan Sikh Di India

Pemimpin Hindu Kanada Dukung Pembunuhan Umat Muslim Dan Sikh Di India

Ahad, 26 Jun 2022 20:35

Turki Batalkan Dakwaan Terhadap 26 Warga Saudi Yang Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi

Turki Batalkan Dakwaan Terhadap 26 Warga Saudi Yang Terlibat Pembunuhan Jamal Khashoggi

Ahad, 26 Jun 2022 19:10

Film Lightyear dan Kampanye LGBT, Tolak!

Film Lightyear dan Kampanye LGBT, Tolak!

Ahad, 26 Jun 2022 16:36

Demokrasi Menyuburkan Oligarki

Demokrasi Menyuburkan Oligarki

Ahad, 26 Jun 2022 16:25

Kafe Eks Holywings Jualan Miras, Dewan Dakwah Bogor Minta Izin Dicabut

Kafe Eks Holywings Jualan Miras, Dewan Dakwah Bogor Minta Izin Dicabut

Sabtu, 25 Jun 2022 21:00

Kementerian Saudi: Hanya Jamaah Haji Yang Diizinkan Melakukan Umrah Antara 24 Juni Hingga 19 Juli

Kementerian Saudi: Hanya Jamaah Haji Yang Diizinkan Melakukan Umrah Antara 24 Juni Hingga 19 Juli

Sabtu, 25 Jun 2022 20:30

SITE: Afiliasi Al-Qaidah Katibat Macina Bantah Bunuh 132 Warga Sipil Di Tiga Desa Mali

SITE: Afiliasi Al-Qaidah Katibat Macina Bantah Bunuh 132 Warga Sipil Di Tiga Desa Mali

Sabtu, 25 Jun 2022 19:41


MUI

Must Read!
X