Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.698 views

Jokowi Musuh Rakyat Indonesia

Oleh: Tjahja Gunawan (Penulis Wartawan Senior)

Maaf, saya harus menggunakan kalimat dengan judul diatas. Saya sudah kehabisan pilihan kalimat halus untuk mengritik kebijakan dan sejumlah pernyataan kontroversial Presiden Jokowi. Jika mengamati suasana kebatinan masyrakyat Indonesia saat ini, saya yakin rakyat sudah tidak menghendaki lagi Jokowi sebagai Presiden. Terlalu banyak aturan hukum dan etika politik dan etika birokrasi yang dilanggar Jokowi. Dia membuat aturan  dan keputusan sendiri sesukanya hanya untuk melanggengkan kepentingan kekuasannya. 

Sehingga wajar kalau sekarang rakyat banyak juga setuju dengan ide untuk memakzulkan Jokowi. Menunggu sampai dia lengser bulan Oktober 2024, hanya akan menambah kehancuran bangsa Indonesia. Saya yakin, rakyat akan merasa lega jika Jokowi bisa  segera dilengserkan.

Bagi saya, pernyataan-pernyataan Presiden Jokowi yang kontroversial bukan hanya telah membuat geram masyarakat tetapi juga bisa meracuni generasi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, pemimpin toxic seperti Jokowi harus segera diakhiri. Sebab kalau tidak, hanya akan menambah penderitaan rakyat Indonesia.

Membela Anak Haram

Terkait soal pemakzulan Jokowi, pengamat ekonomi Faisal Basri menyebutkan hal itu  sebaiknya dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Pemilu 2024. 

“Kegagalan yang diwariskan niscaya akan menimbulkan bencana besar buat bangsa ini. Oleh karena itu, kita harus hentikan mewariskan kegagalan itu. Tidak ada kata lain, pemilu jalan, makzulkan Jokowi jalan!” tegas Faisal Basri, ketika berbicara pada peringatan  50 tahun peristiwa Malapetaka Lima Belas Januari (Malari) 1974 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin 15 Januari 2024 lalu.

Dalam acara itu, selain dihadiri tokoh sentral Malari Hariman Siregar, juga dihadiri para aktivis lintas generasi. Bahkan beberapa mantan menteri yang  berlatar belakang aktivis terlihat hadir seperti Moh. MS Hidayat, Dr Dipo Alam, dan Rudiantara serta mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Peringatan 50 Tahun Peristiwa Malari tersebut bertajuk “The Last Battle Democracy dan Lawan Politik Dinasti”.

Walaupun masih ada perbedaan soal waktu yang tepat untuk melakukan pemakzulan, namun saya yakin sebagian besar rakyat Indonesia menghendaki agar Jokowi bisa segera mengakhiri jabatannya sebagai Presiden RI. Sesungguhnya rakyat Indonesia masih bersikap baik pada mantan Wali Kota Solo itu. Masyarakat mempersilahkan Jokowi untuk mengundurkan diri secara baik-baik. Kalau itu dilakukan Jokowi, saya yakin masyarakat akan memberi apresiasi dan simpati. Bahkan tidak mustahil masyarakat akan menjuluki Jokowi sebagai negarawan. Jika itu bisa dilakukan Jokowi, dia akan memperoleh legacy. 

Ketika masyarakat sudah tidak percaya lagi pada Presiden sementara  problem bangsa makin bertambah kompleks, sudah sepatutnya seorang pemimpin yang memiliki jiwa kenegarawanan  mengundurkan diri. Sikap seperti itulah yang ditunjukkan Presiden Soeharto pada Mei 1998. Jika beliau ingin mempertahankan kekuasannya, sangat bisa karena infrastruktur politik seperti jalur ABRI, Birokrasi, dan Golkar (ABG) waktu itu masih dibawah kendali Pak Harto. Tapi, karena beliau lebih mengutamakan kepentigan persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia, Pak Harto rela memilih mengundurkan diri dan melepaskan jabatannya sebagai Presiden yang telah dia genggam selama 32 tahun.

Sekarang kalau Jokowi tetap bersikukuh mempertahankan kedudukannya sebagai presiden, dia harus siap-siap berhadapan dengan kekuatan rakyat. Keinginan rakyat agar Jokowi mundur sekarang, terutama lebih dimaksudkan agar Pemilu 2024 tidak curang dan aparatur sipil negara  (ASN), TNI dan Polri benar-benar bisa bersikap netral.

Perlunya Jokowi mundur sebagai presiden supaya tidak terjadi konflik kepentingan. Kita semua mengetahui anaknya Jokowi yaitu Gibran Rakabuming Raka, sekarang maju sebagai Cawapres. Masyarakat juga sudah paham bahwa Gibran termasuk "Anak Haram Konstitusi". Dia sebenarnya tidak pantas maju dalam kontestasi Pilpres 2024 karena belum memenuhi ketentuan batas minimal umur capres dan cawapres 40 tahun.

Namun, Gibran bisa lolos  sebagai cawapres karena bantuan pamannya Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Usman Hasan. Meski Ketua MK kemudian dipecat oleh Majelis Kehormatan MK namun ternyata tidak mampu membatalkan Gibran sebagai cawapres dengan alasan putusan MK bersifat final dan mengikat.

Sekarang Jokowi  berusaha mendukung anaknya dalam Pemilu 2024 dengan pernyataan terbarunya: "Presiden boleh memihak dan boleh kampanye untuk paslon tertentu". Tiga minggu menjelang pelaksanaan Pilpres, Jokowi secara brutal dan terang-terangan memanfaatkan sisa kekuasaannya sebagai Presiden untuk memberikan dukungan politik pada pasangan Prabowo-Gibran.

Dalam hari-hari menjelang pelaksanaan Pilpres 14 Februari 2024 ini, Jokowi dipastikan akan terang-terangan berkampanye untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Mengamati realitas politik ini, Jokowi nampak seperti orang yang panik, resah dan gelisah campur kalang kabut. Sangat terlihat jelas kalau Jokowi seperti kehilangan  akal sehatnya. Betapa tidak, sebelumnya dia  menyatakan bahwa Presiden harus bersikap netral dan tidak boleh cawe-cawe. Kini pernyataan tersebut seolah ditelan angin begitu saja. Dia mengingkari sendiri pernyataan sebelumnya. Sehingga tidak heran kalau publik menilai Jokowi orang yang suka mencla mencle. Tidak bisa dipegang omongannya. Pagi tempe, sore kedele. Bahkan sebagian masyarakat menyebut Jokowi sebagai "Raja Bohong".  Sikap Jokowi terhadap pelaksanaan Pemilu 2024, jelas  menyalahi etika politik. Dia telah menafsirkan dengan salah dan dangkal atas mandat UU Pemilu. 

Dalam Pasal 282 UU Pemilu, sudah dengan tegas melarang pejabat negara untuk membuat keputusan yang menguntungkan atau merugikan salah satu peserta pemilu. Kemudian pasal 283 UU Pemilu, juga melarang pejabat negara mengadakan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan terhadap peserta pemilu. Dengan adanya fakta-fakta tentang pelanggaran terhadap aturan serta hukum yang ada, sudah sewajarnya kalau Jokowi perlu dimakzulkan.  [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Intelligent Leaks lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X