Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.051 views

Perkuat Jaringan di Eropa dan Asia, Pengurus KAMMI Turki Periode 2020-2021 Resmi Dilantik

SERIK ANTALYA, TURKI (voa-islam.com)--Pelantikan Pengurus Daerah Istimewa KAMMI Turki periode 2020-2021 resmi dilaksanakan di Teater Kuno Aspendos, Serik Antalya, Turki pada Ahad (29/03/2020). Pelantikan dengan tema “Diaspora KAMMI dan Visi Global Intelektual Muslim” ini dipimpin langsung oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri PP KAMMI, Rakhmat Abril Kholis. 

Pelantikan disaksikan oleh Ketua Umum KAMMI Turki yang terpilih, Adi Sutrisno; Ketua PPI Turki 2019-2020 dan juga sekaligus Deklarator KAMMI Turki, Darlis Aziz; Ketua MPD KAMMI Turki, Adhe Nuansa Wibisono; dan Eks Ketua Umum KAMMI Turki 2019-2020, Amar Ma’ruf. 

“Melalui surat permohonan penerbitan SK Nomor : 001/PH//KU-i/1.PD-2/Pelantikan/II/2020, menetapkan saudara Adi Sutrisno sebagai Ketua Umum KAMMI Turki periode 2020-2021. Dengan dilantiknya kepengurusan baru KAMMI Turki semoga menjadi awal kebangkitan cabang luar negeri KAMMI lainnya dan penanda generasi baru intelektual muslim Nusantara di pentas dunia,” ungkap Rakhmat Abril Kholis, M.Si, selaku Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri (HLN) PP KAMMI 2019-2021. 

Rakhmat Abril bersyukur KAMMI  telah melakukan ekspansi hingga ke luar negeri.  “KAMMI di luar negeri bukan hanya dipandang perlu sebagai wadah syiar Islam bagi para mahasiswa di sana, melainkan juga sebagai episentrum bagi para Diaspora Mahasiswa di Turki supaya mampu mendatangkan seluas-luasnya manfaat bagi bangsa. Selamat untuk pelantikan KAMMI Turki periode ini, semoga amanah sampai akhir masa khidmat”, tutur pemuda lulusan Master School of Strategic and Global Studies, University of Indonesia. 

Sementara itu, Ketua Umum KAMMI Turki yang terpilih, Adi Sutrisno, S.Pd, berharap KAMMI Turki dapat terus aktif membangun dan menguatkan jaringan internasional dikawasan Eropa dan Asia.

Adi menegaskan, dengan adanya ekspansi KAMMI di luar negeri maka dapat menguatkan jaringan internasional. “Harapannya selain menguatkan akses jaringan internasional dikawasan Eropa dan Asia, KAMMI Turki juga akan fokus dalam pembentukan sumberdaya manusia melalui akses pendidikan, bisnis dan profesional,” ungkap alumnus Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, Kalimantan Barat. 

“Selain itu, KAMMI Turki juga akan bersinergi dengan berbagai komunitas diaspora Indonesia yang berada di Turki. KAMMI Turki akan menjalin hubungan baik terutama dengan PPI Turki sebagai wadah bersama pelajar-pelajar Indonesia yang ada di Turki. Dan terakhir, KAMMI Turki akan membuka komunikasi dengan dua cabang ormas Islam terbesar yaitu PCINU Turki dan PCIM Turki,” tegas Adi Sutrisno.

Adi menjelaskan, berdasarkan data yang disampaikan oleh Pengurus Pusat KAMMI di Indonesia Februari 2020 lalu, Ketua Umum PP KAMMI, Elevan Yusmanto, S.IP menyampaikan bahwa hingga saat ini KAMMI sudah memiliki 30 Pengurus Wilayah (PW), 120 Pengurus Daerah (PD), 400 Pengurus Komisariat (PK) serta 9 KAMMI luar negeri. 

Amar Ma’ruf, Ketua Umum KAMMI Turki Periode sebelumnya menyatakan optimis dengan kepengurusan yang baru saja dilantik. “Saya yakin wajah-wajah baru yang ada di kepengurusan punya kreativitias yang lebih tinggi dari sebelumnya. Dengan potensi itu, saya optimis inşaAllah kemanfaatan untuk umat semakin besar. Saya berharap semoga potensi yang besar tersebut juga kita sandingkan dengan kekuatan literasi (membuka wawasan seluas luasnya) supaya pergerakan KAMMI Turki ke depannya semakin diperhitungkan. Salah satu caranya, sama sama belajar meningkatkan budaya menulis”, tutur pemuda yang berprofesi sebagai dosen Faperta di Universitas Asahan dan Mahasiswa Doktoral Akdeniz University, Turki. 

Deklarator KAMMI Turki dan juga Ketua PPI Turki 2019-2020, Darlis Aziz,  mengatakan, lahirnya KAMMI Turki di LN tidak terlepas dari niat baik kita untuk melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa bahwa dalam rangka untuk mencerdaskan bangsa dan ikut menjaga ketertiban dunia. Maka Indonesia harus lebih berperan dalam mengadvokasi hak-hak kemanusian sebagai pengisi peradaban itu sendiri. Dan tujuan awal dari pendirian KAMMİ Cabang Internasional di Turki ini juga dalam rangka mewujudkan prinsip gerakan KAMMI yang ke-5, yaitu Sebagai Perekat elemen keummatan dan watak gerakan untuk menjaga persaudaraan dan solidaritas Muslim di manapun dia berada. 

“Untuk Turki, Alhamdulillah sejak 2017 yang lalu, kita suda menjalin kerjasama yang strategis dengan berbagai dernek (OKP) dan bahkan dengan beberapa kampus dan juga kebeberapa lembaga aktivis pemuda nasionalis Turki lainnya,” tutur mahasiswa pascasarjana Culture Studies and Medya, Hacettepe Üniv & FSMVÜ Istanbul. 

Ketua MPD KAMMI Turki, Adhe Nuansa Wibisono, menyatakan harapannya kepada pengurus baru. "Pasca pelantikan ini KAMMI Turki akan menguatkan hubungan dengan berbagai stakeholder strategis seperti KBRI Ankara, KJRI Istanbul dan PPI Turki. Selain itu KAMMI juga akan bersinergi dengan berbagai ormas Indonesia lainnya di Turki seperti PCI Muhammadiyah, PCI Nahdhatul Ulama, IKAMAT dan IKPM,” tutur Alumnus Kajian Terorisme, Universitas Indonesia. 

Adhe Nuansa Wibisono menambahkan, KAMMI Turki akan berperan aktif dalam diplomasi publik untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Turki.* [Nurhafna/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X