Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.574 views

Tim Ekspedisi Syahadat GPMP Diberangkatkan ke Suku Togutil di Halmehara

JAKARTA (voa–islam.com), Tim Ekspedisi Syahadat Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman (GPMP), akhirnya dapat diberangkatkan pada Ahad (16/7) malam, keberangkatan dapat dilakukan setelah dipersiapkan dan direncanakan dengan matang sejak Ramadhan lalu. Tim berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Ternate kemudian masuk ke pedalaman Halmahera.

Ketua Umum Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman (GPMP), Devina Andiviaty mengatakan persiapan tim Ekspedisi Syahadat GPMP sudah final. Ada banyak pihak yang mensupport dakwah GPMP, terutama dalam misi ini, diantaranya dengan Sedekah Oksigen, Rumah zakat, Pecinta Anak Yatim dan Rumah kaos.

 “Secara umum, Insya Allah persiapannya sudah matang. Kami punya tim yang profesional di bidangnya, baik kameramen maupun fotografer. Dalam hal ini, kami bekerjasama dengan Zanetta untuk penyediaan perangkat yang terbaik,” kata Devina, akhwat yang pernah belajar di Daarut Tauhid, Bandung ini kepada wartawan, Jakarta  (18/7/2017).

Mengapa disebut “Ekspedisi Syahadat”? Devina menjelaskan, tujuan utama program Gerakan Peduli Masyarakat Pedalaman adalah untuk menyelamatkan kelompok masyarakat, dalam hal ini Suku Togutil, yang ada di pedalam Halmahera dari masa jahiliyah menuju cahaya Islam.

“Ini adalah misi awal kami untuk membantu mereka. Setidaknya menjadi pembuka jalan awal kebaikan untuk mencerahkan kehidupan suku Togutil dari gelap menuju terang. Yang pasti, tidak ada paksaan untuk bersyahadat. Mereka lah yang justru minta segera disyahadatkan,” jelas Devina.

Rencananya, jumlah suku Togutil yang akan bersyahadat mlh awal kurang lebih 20-30 orang. “Insya Allah bisa lebih banyak lagi saat kami melakukan ekspedisi ini. Kami perkirakan, potensinya bisa mencapai 100 orang yang akan disyahadatkan. Semoga Allah memberikan hidayah Islam kepada mereka.”

Selama di pedalaman, kata Devina, akan ditemui kendala komunikasi, mengingat disana tidak ada sinyal maupun listrik. “Kami pun menyediakan genset kecil utk merecharge perangkat-perangkat dokumentasi kami. Insya Allah tidak akan kehabisan baterai saat mendokumentasikannya.

Terkait persiapan pendanaan, GPMP mengaku akan terus berjuang.  “Kami bekerja siang-malam untuk memikirkan dan menjalankan fundrising agar dana dapat terkumpul, sehingga ekspedisi syahadat ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Saat ini kami masih membuka donasi sampai H-1 atau hari Ahad.Kendala misi ini adalah dari segi pendanaan saja,” jelas Devina.

Adapun tim yang diberangkatkan dari Jakarta berjumlah 5 orang. Mereka terdiri dari : Bob Shofwan, Ikhsan, Yanuar, Robby dan Aditya.  Tim ini berbagi tugas. Bob Shofwan dan Ikhsan sebagai tim assesment dan koordinator di lapangan. Sedangkan, Yanuar, Robby dan Aditya akan mendokumentasikan misi Ekspedi Syahadat ini.

“Tim Ekspedisi Syahadat ke Halmahera juga dibantu oleh para Da’i dari Hidayatullah yang berada di Ternate. Para ustadz ini akan mensyahadatkan suku Togutil yang telah memeluk agama Islam.  Sebelumnya, kami kumpulkan data awal untuk Program Rumah Suku Togutil. Insya Allah kami akan syiarkan kepada saudara muslim lainnya agar bisa ikut berpartisipasi dalam membantu program GPMP,” jelas Devina.

Harapan misi ini, lanjut Devina, adalah semakin banyak suku Togutil lainnya yang mendapatkan hidayah Islam, sehingga mereka terbebaskan dari kebodohan dan kejahiliyahannya.

“Kami berharap umat Islam lainnya dapat berkontribusi dalam menyebarkan cahaya Islam yang agung ini. Semakin banyak yang terbebaskan dari keprimitifannya, kita akan membangun perdaban yang baik untuk Islam, khususnya bangsa Indonesia yang kita cintai,” ungkap Devina menaruh harapan.

Mengingat program ini akan berlangsung lama, ekspedisi syahadat ini merupakan langkah awal GPMP dalam merangkul suku primitif di Halmahera. Ke depannya, akan dibangun rumah dan memberdayakan ekonomi mereka, yang selama ini hidup nomaden.

 “Diperkirakan, lama perjalanan menuju hutan Halmahera, kurang lebih satu hari dengan menggunakan beberapa transportasi, dari kapal lau hingga mobil,” kata Devina. (bilal)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X