Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.114 views

Dokter: Ibu Hamil Perlu Proteksi Optimal di Tengah Pandemi

JAKARTA (voa-islam.com) - Dokter spesialis kandungan dr. Edy Priyanto, Sp.OG(K) mengatakan bahwa ibu hamil memang membutuhkan proteksi yang optimal agar dapat menjalani kehamilan dengan baik di tengah pandemi COVID-19.

Karena itu, dia mengingatkan ibu hamil yang belum mendapatkan vaksin untuk segera mendapatkan vaksinasi, baik dosis pertama, dosis kedua, maupun dosis ketiga atau penguat. 

"Vaksinasi akan melindungi para ibu hamil, mengingat ibu hamil merupakan salah satu kelompok rentan, yang menjadi prioritas perhatian di tengah program percepatan penanganan pandemi COVID-19," kata Edy, dikutip Rabu (30/03).

Ketua Program Studi Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto itu menambahkan, bagi ibu hamil yang usia kandungannya sudah memasuki 13 minggu maka sangat disarankan untuk segera mendapatkan vaksinasi COVID-19.

Untuk meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil, maka sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat harus terus ditingkatkan. Hal itu, guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai pentingnya vaksinasi, terutama bagi kelompok rentan.

Menurut dia, edukasi yang gencar baik melalui posyandu, puskesmas, atau fasilitas kesehatan lainnya serta dilengkapi dengan sosialisasi melalui media-media sosial akan makin efektif meningkatkan cakupan vaksinasi pada ibu hamil.

Dokter yang praktik di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto itu, juga mengingatkan ibu hamil agar terus menjaga pola hidup bersih dan sehat selama menjalani masa kehamilan di tengah kondisi pandemi sekarang ini.

Dia juga menyarankan ibu hamil tetap memeriksakan kehamilan dan kondisi kesehatannya secara berkala ke fasilitas-fasilitas kesehatan terdekat, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna menghindari kemungkinan paparan COVID-19.

"Kontrol rutin bisa dilakukan setidaknya enam hingga delapan kali selama masa kehamilan, namun untuk kondisi kegawatdaruratan maka ibu hamil perlu segera mendatangi fasilitas kesehatan agar dapat langsung mendapatkan penanganan cepat," tambah Edy dikutip dari republika.co.id.

Dia mencontohkan, keluhan yang mengarah pada kegawatdaruratan tersebut, antara lain ketika terjadinya perdarahan dari jalan lahir, keluar air dari jalan lahir, dan gerak janin berkurang. Pada intinya, ibu hamil harus memahami kondisi kehamilannya, sehingga ketika terjadi kondisi kegawatdaruratan dapat langsung bertindak cepat menuju ke fasilitas kesehatan dan mendapatkan penanganan.

Upaya menjaga kehamilan memang sangat diperlukan bukan hanya selama mengandung namun juga pascapersalinan. Hal ini sangat esensial terlebih lagi pada masa pandemi seperti ini. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X