Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.286 views

Menahan Pipis Sampai Detik Terakhir, Apa Dampaknya Bagi Kandung Kemih?

JAKARTA (voa-islam.com) - Sebagian orang mungkin pernah menghadapi situasi ingin buang air kecil tetapi harus menundanya selama beberapa waktu. Apakah hal tersebut akan menyebabkan masalah pada kandung kemih?

Ada ketakutan bahwa kandung kemih bakal sobek jika menahan buang air kecil terlalu lama. Para ahli dari Harvard Health menjelaskan bahwa kandung kemih adalah organ yang sangat kuat sehingga tidak mungkin sobek hanya karena kebiasaan itu.

Sebaliknya, kemungkinan besar seseorang akan menjadi semakin tidak nyaman sampai akhirnya menyerah dan buang air kecil. Pecahnya kandung kemih bukanlah kekhawatiran lantaran merupakan kejadian langka.

Editor eksekutif Harvard Men's Health Watch, Matthew Solan, menjelaskan beberapa kondisi yang bisa memicu pecahnya kandung kemih. Hal itu lebih mungkin terjadi dalam keadaan yang tidak berkaitan dengan kamar mandi.

"Trauma besar seperti patah tulang panggul, komplikasi pembedahan, tumor kandung kemih yang melemahkan sebagian dinding otot kandung kemih, dan kerusakan kandung kemih akibat radiasi," ujar Solan seperti dikutip dari republika.co.id.

Akan tetapi, bukan berarti seseorang boleh terus menahan kencing. Menurut Harvard Health, terus-menerus melakukan itu dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, terutama jika seseorang belum pernah mengidapnya.

Seiring waktu, menahan buang air kecil terus-menerus hingga detik terakhir dapat menyebabkan kandung kemih meregang. Kondisi tersebut membuatnya sulit untuk berkontraksi dan mengeluarkan urine.

Dampak lainnya ialah meningkatkan pembentukan batu ginjal pada orang yang rentan. Bisa juga membuat seseorang mengidap inkontinensia urine, yakni pengeluaran urine tanpa disadari karena dinding kandung kemih yang melemah.

Menurut Harvard Health, menjadwalkan waktu buang air kecil dapat membantu melatih kandung kemih yang terlalu aktif. Melakukannya bersamaan dengan terapi fisik dasar panggul cenderung lebih berhasil.

Pedoman umumnya adalah mengenali sinyal tubuh agar bisa buang air kecil tepat waktu. Jika ragu apakah akan ada kesempatan atau fasilitas buang air kecil saat bepergian, segera buang air kecil sebelumnya.

Dengan begitu, kandung kemih tidak perlu menahan untuk mengeluarkan urine ketika sudah waktunya tiba. Seseorang juga bisa fokus pada pekerjaan dengan lebih baik dan menghindari kemungkinan rasa malu atau ketidaknyamanan.

Jika merasa tidak akan ada akses ke kamar kecil di malam hari, batasi asupan minuman yang mengiritasi kandung kemih seperti minuman berkafein atau asam. Beberapa contohnya ialah alkohol, kopi, teh hitam, teh hijau, dan soda, dikutip dari laman Times Now News, Senin (28/02).

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X