Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.460 views

Ramadan, Bulan Perubahan dan Perjuangan

 

Oleh: Emil Apriani, S.Kom

Alhamdulillah kaum Muslimin di seluruh dunia kedatangan bulan Ramadan, bulan penuh kemuliaan dan perjuangan. Bulan yang di dalamnya Allah SWT melipatgandakan pahala, membuka pintu-pintu kebaikan, menurunkan rahmat dan ampunan-Nya bagi para hamba-Nya yang berpuasa dengan penuh keimanan dan hanya mengharap ridha-Nya.

Banyak keutamaan pada bulan Ramadan melebihi bulan-bulan yang lainnya. Di antara keutamaan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an. Bulan ‘pembakaran’ atau penghapusan dosa-dosa, setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka ketika Ramadan tiba. Juga terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan, yaitu Lailatul Qadar.

Di bulan Ramadan yang mulia adalah kesempatan kita untuk melakukan dan memperbanyak amalan kebaikan. Begitu banyak amalan kebaikan yang bisa kita lakukan, yang tentunya akan menambah pundi-pundi pahala. Maka, orang-orang yang beriman (Mukmin) seharusnya bergembira dan bersemangat menyambut Ramadan. Karena setiap Mukmin sejatinya paham betapa besar kemuliaan dan balasan kebaikan yang Allah limpahkan pada orang-orang yang beramal salih selama bulan Ramadan.

Karenanya, kaum Muslim haruslah bersemangat mendekatkan diri kepada Allah dan tidak menjadi lemah karena puasa. Justru semangat perjuangan dan pengorbanan akan semakin bergelora pada bulan Ramadan.

Ramadan kali ini, kita melihat nasib tragis masih menimpa saudara seiman di sejumlah negeri. Muslim Palestina telah lama kehilangan sebagian besar tanah airnya akibat penjajahan Israel yang didukung Barat. Akibatnya, sudah tak tehitung darah kaum Muslim Palestina ditumpahkan, bangunan dan rumah-rumah dihancurkan. Sebagian lainnya masih mencari tempat perlindungan dan terus mengalami kekerasan dari militer Israel hingga saat ini. Begitu pula nasib Muslim Rohingya yang tertindas dan terusir dari negerinya.

Penderitaan umat ini telah berjalan selama puluhan tahun. Mereka nyaris berjuang sendirian hingga hari ini dan hanya mendapat bantuan logistik ala kadarnya yang jauh dari pemenuhan kebutuhan hidup.

Karenanya, dengan segala nikmat yang Allah titipkan sampai saat ini, akankah kita menyia-nyiakan Ramadan? Nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala ini hendaknya kita syukuri. Ramadan, bulan perjuangan dengan kesiapan iman dan takwa. Perjuangan dan pengorbanan harus dilipatgandakan. Berusaha secara sungguh-sungguh untuk mewujudkan perintah Allah, yaitu keterikatan akan aturan Allah secara menyeluruh di tengah kehidupan dalam seluruh aspek kehidupan.

Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan Rasul-Nya apabila dia (Rasul) menyeru kalian pada sesuatu yang memberikan kehidupan kepada kalian”. (TQS al-Anfal [8]: 24)

Jadikan Ramadan sebagai kesempatan melakukan perubahan yang hakiki pada diri kita, berjuang menjadi insan yang lebih baik di hadapan Allah SWT. Totalitas dalam ketaatan akan perintah dan larangan-Nya bukan hanya sesaat selama Ramadan saja tapi di bulan-bulan lainnya tetap harus dalam ketaatan. Agar diri  layak mendapatkan rahmat dan ampunan Allah SWT yang telah disiapkan bagi orang-orang yang berpuasa dengan penuh ketaatan. Wallahu a’lam bi ash-shawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X