Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.627 views

Hidup Bahagia Bersama Dakwah

 

Oleh:

Eli Ermawati

 

DULU berdakwah hanya diembankan kepada para nabi dan rasul-Nya, sekarang menjadi amanah dan kehormatan bagi umat muslim untuk melanjutkannya.

Berdakwah menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Berdakwah tak harus menunggu menjadi ustdz atau ustdzah. Apa yang kita tahu tentang kebaikan maka kita sampaikan. Menyeru pada kebaikan mencegah pada kemungkaran.

Allah SWT menyebutnya langsung dalam QS. Ali Imran Ayat 110 :

 

كُنۡتُمۡ خَيۡرَ اُمَّةٍ اُخۡرِجَتۡ لِلنَّاسِ تَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَتَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمُنۡكَرِ وَتُؤۡمِنُوۡنَ بِاللّٰهِ‌ؕ وَلَوۡ اٰمَنَ اَهۡلُ الۡكِتٰبِ لَڪَانَ خَيۡرًا لَّهُمۡ‌ؕ مِنۡهُمُ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ وَاَكۡثَرُهُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ

"Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik". 

Dakwah tidak harus menyampaikan ceramah seperti di podium. Ada yang bisa berkontribusi dakwah melalui ketegasan lisannya, melalui tulisannya ada juga yang melalui analisa-analisa tajamnya. Semua bisa berkontribusi di jalan dakwah. 

Dakwah adalah sebaik-baiknya amal. Jika kita mendakwahkan kebaikan pada sekelompok orang, kemudian orang tersebut berbuat baik, maka kita akan mendapatkan pahala orang yang kita dakwahi tersebut, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. MasyaAllah  bahagia sekali, bahagia yang hakiki.

Akan tetapi sudahkah kita memantaskan diri menjadi umat terbaik? Sudahkah kita melakukan berdakwah dengan bahagia? 

Duhai pengemban dakwah, berbahagialah. Janganlah kau ragu, jangan takut, jangan menyerah lakukan dakwah itu dengan bahagia dengan cinta yang tulus dan ridho semata karena Allah SWT, sebab betapa mulianya berada dijalan dakwah ini.

Memang hambatan dalam berdakwah itu sudah pasti ada. Namun kita bisa melaluinya dengan cara yang baik.

Semisal kita seringkali merasa "aku tidak bisa, atau mengatakan "aku sedang sibuk", dan "aku lagi banyak masalah keluarga", dan lain-lain, jangan biarkan hal itu terus terjadi coba lakukan hal berikut :

 

Terampil Mengontrol Emosi

Keutamaan mengendalikan emosi merupakan wujud kematangan jiwa. Orang kuat adalah orang yang mampu mengendalikan diri saat marah. Mengendalikan emosi merupakan salah satu sifat terpuji yang dicintai Allah SWT. Dan belajar mengendalikan emosi wujud kecintaan kita pada Allah SWT. Tuliskan agar tidak jadi ledakan, tuliskan perasaan kita. Tulis sampai emosi reda. Setelah selesai bisa dijadikan bahan introspeksi. Simpan tulisannya sampai marah reda baru baca lagi.

 Terampil dalam mengontrol emosi dengan memahami level masalah, kita sortir dan selesaikan terlebih dahulu masalah apa yang menimpa diri kita yang levelnya paling bahaya, sehingga menghalangi aktivitas dakwah. Memahami masalah ada di wilayah mana, apakah di wilayah yang bisa kita kuasai ataukah wilayah yang tidak bisa kita kuasai. Kemudian memahami adab dalam mengendalikan emosi dengan banyak berdoa memohon kepada Allah SWT, menjaga lisan, beristigfar, memaafkan, introspeksi diri dan berpikir positif.

 

Terampil Aulawiyat

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata: “Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,‘Apa saja yang aku larang terhadap kalian, maka jauhilah. Dan apa saja yang aku perintahkan kepada kalian, maka kerjakanlah semampu kalian. Sesungguhnya apa yang membinasakan umat sebelum kalian hanyalah karena mereka banyak bertanya dan menyelisihi Nabi-nabi mereka’.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Maka prioritaskan amalan yang wajib terlebih dahulu, kemudian sunnah dan yang mubah. Cek kembali aktivitas mana yang paling urgent dengan membuat to do list misalnya insyaallah itu akan sangat membantu, sehingga aktivitas dalam keseharian tidaklah percuma.

Ingat urusan ummat juga harus diperhatikan, sabda Rasulullah Saw. "Barang siapa bangun di pagi hari, tapi dia tidak memikirkan kepentingan umat Islam, maka dia bukan termasuk umatku". (HR. Muslim).

 

Tangguh Menghadapi Masalah

Pengemban dakwah mesti tangguh dalam menghadapi setiap permasalahan hidup, dengan berserah diri kepada Allah SWT, yakin Allah memberi ujian sesuai kemampuan kita, sebagaimana firman-Nya :

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَـــــــا

Allah tak membebani hamba kecuali menurut kemampuannya. (QS Al-Baqarah: 286). 

Salah satu kunci agar kita bisa menghadapi persoalan hidup adalah siap menghadapi yang cocok dan yang tidak cocok dengan keinginan kita. Karena yang kita inginkan belum tentu yang terbaik menurut Allah Swt, sebagaimana firman-Nya “Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah [2] : 216).

Karenanya kita mesti pandai meluruskan niat, menyempurnakan ikhtiar sesuai dengan kemampuan pikiran dan hati kita, kemudian pasrahkan hasilnya kepada Allah Swt.

Jangan khawatir kita punya Allah swt, yakin bahwa disetiap ada kesulitan pasti ada kemudahan ( Lihat QS. Al-Insyirah Ayat 5-6 ). Mengoptimalkan amal sholeh, berhenti berkata "saya tidak bisa" ganti dengan "saya belum bisa, saya pasti bisa" dan mengerjakan sesuatu sampai tuntas.

Ketika kita tahu dakwah menjadi sebuah kewajiban dari-Nya maka segala sesuatu yang dibutuhkan untuk berdakwah wajib pula kita penuhi. Sebenarnya dakwah itu bukan hanya kewajiban, namun keperluan bagi kita sendiri. Tanpa dakwah, kerusakan dalam kehidupan akan merajalela.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Wakaf Sumur: IDC Salurkan Tandon Air 2200 Liter dan Pipanisasi ke Masjid Al-Huda Plupuh Sragen

Mari berlomba-lomba dalam kebaikan dan wakaf. Semoga menjadi pahala yang berlipat-lipat dan terus mengalir tak terbatas umur, seiring banyaknya warga yang memanfaatkan wakaf tersebut untuk kemaslahatan...

Latest News
Mayoritas Orang Eropa Percaya AS Telah Terlibat Perang Dingin Dengan Cina Dan Rusia

Mayoritas Orang Eropa Percaya AS Telah Terlibat Perang Dingin Dengan Cina Dan Rusia

Kamis, 23 Sep 2021 12:05

Hukum Tak Tegas Dinilai Jadi Penyebab Kasus Teror kepada Tokoh Agama Kembali Terulang

Hukum Tak Tegas Dinilai Jadi Penyebab Kasus Teror kepada Tokoh Agama Kembali Terulang

Kamis, 23 Sep 2021 09:18

Jalan Terjal Penghapusan Kekerasan Seksual di Indonesia

Jalan Terjal Penghapusan Kekerasan Seksual di Indonesia

Kamis, 23 Sep 2021 08:47

Brigjen Tumilaar “Mempertahankan Bangsa”, di Mana Salahnya?

Brigjen Tumilaar “Mempertahankan Bangsa”, di Mana Salahnya?

Kamis, 23 Sep 2021 08:39

Dihapusnya BOS, Dilema Pendidikan Indonesia

Dihapusnya BOS, Dilema Pendidikan Indonesia

Kamis, 23 Sep 2021 08:37

Media Sosial, Wadah Propaganda Halal Lifestyle

Media Sosial, Wadah Propaganda Halal Lifestyle

Kamis, 23 Sep 2021 08:21

Ketika Makanan Menjauhkan dari SurgaNya

Ketika Makanan Menjauhkan dari SurgaNya

Kamis, 23 Sep 2021 07:59

Wahdah Islamiyah Gelar Webinar Ketahanan Keluarga

Wahdah Islamiyah Gelar Webinar Ketahanan Keluarga

Kamis, 23 Sep 2021 07:51

Imaam Yakhsyallah Tulis Buku ke-16  tentang Tha’un, Covid, dan Yahudi

Imaam Yakhsyallah Tulis Buku ke-16 tentang Tha’un, Covid, dan Yahudi

Kamis, 23 Sep 2021 07:45

ISYEFPreneur Kembali Hadir, ISYEF dan BI Perkuat Komitmen Dorong Wirausaha Berbasis Masjid

ISYEFPreneur Kembali Hadir, ISYEF dan BI Perkuat Komitmen Dorong Wirausaha Berbasis Masjid

Rabu, 22 Sep 2021 22:30

Ilmuwan Ubah Limbah Durian Jadi Perban Antibakteri

Ilmuwan Ubah Limbah Durian Jadi Perban Antibakteri

Rabu, 22 Sep 2021 22:21

Bersiap Menjadi Ibu Tangguh Masa Kini

Bersiap Menjadi Ibu Tangguh Masa Kini

Rabu, 22 Sep 2021 21:56

PPHN Harus Dibatalkan dan Digagalkan

PPHN Harus Dibatalkan dan Digagalkan

Rabu, 22 Sep 2021 21:03

Adara Gelar Kompetisi Film Pendek Bertema Ibu, Anak, dan Palestina

Adara Gelar Kompetisi Film Pendek Bertema Ibu, Anak, dan Palestina

Rabu, 22 Sep 2021 20:40

Lithuania Desak Warganya Buang Ponsel Cina Secepat Mungkin Dan Tidak Membeli Yang Baru

Lithuania Desak Warganya Buang Ponsel Cina Secepat Mungkin Dan Tidak Membeli Yang Baru

Rabu, 22 Sep 2021 20:35

Bukhori Yusuf: Pemerintah Seolah Tidak Berdaya Memutus Teror pada Ulama

Bukhori Yusuf: Pemerintah Seolah Tidak Berdaya Memutus Teror pada Ulama

Rabu, 22 Sep 2021 19:44

Apresiasi Krisdayanti yang Berani Blak-Blakan

Apresiasi Krisdayanti yang Berani Blak-Blakan

Rabu, 22 Sep 2021 19:02

Ahmad Massoud Dan Amrullah Saleh Sudah Kabur Dari Afghanistan Setelah Pengambilalihan Taliban

Ahmad Massoud Dan Amrullah Saleh Sudah Kabur Dari Afghanistan Setelah Pengambilalihan Taliban

Rabu, 22 Sep 2021 18:15

Jangan Bernyanyi di Panggung yang Salah

Jangan Bernyanyi di Panggung yang Salah

Rabu, 22 Sep 2021 17:56

Studi: Makan Berlebih Bukan Penyebab Utama Obesitas Tapi...

Studi: Makan Berlebih Bukan Penyebab Utama Obesitas Tapi...

Rabu, 22 Sep 2021 17:30


MUI

Must Read!
X