Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.577 views

Urgensi Muhasabah Agar Terhidar dari Wabah

 

Oleh:

Ernadaa Rasyidah || Pemerhati Generasi

 

PANDEMI belum juga reda, bahkan semakin mengkhawatirkan. Jumlah yang terpapar Covid-19 mencapai angka diatas 20 ribu kasus perhari. Hal ini juga yang menjadi alasan pemerintah memberlakukan  PPKM darurat dibeberapa tempat. Fasilitas kesehatan kolaps, angka pasien yang butuh perawatan terus meningkat. Sementara tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menangani pasien sangat kewalahan, tidak jarang yang tumbang bahkan berujung kematian.

Sudah setahun lebih pandemi ini kita rasakan, efek domino yang ditimbulkan tak terhitung. Banyak profesi gulung tikar, buruh yang terdampak PHK, anak gagal sekolah, kriminalitas meningkat, ekonomi lesu bahkan rumah tangga yang berujung perceraian semakin tinggi.

Sebagai muslim, kita menyadari bahwa pandemi ini adalah qadarullah, ketetapan Allah zat yang maha mencipta juga mengatur kehidupan manusia dan alam semesta. Sehingga ia bukan pilihan yang bisa kita hindari, sebaliknya kita terima dengan ridha agar berbuah pahala. Rasulullah SAW bersabda :  “Sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Barang siapa yang ridho (terhadap ujian tersebut) maka baginya ridho Allah dan barang siapa yang marah (terhadap ujian tersebut) maka baginya murka-Nya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah). 

Selanjutnya, setelah menerima ini adalah ketetapan Allah. Manusia sebagai mahluk yang sempurna, dikaruniakan akal yang  dengannya ia mendapatkan taklif hukum syara'. Maka  potensi akal ini mampu membedakan baik dan buruk, halal dan haram, memilih dan memaksimalkan ikhtiar dengan ilmu yang dimiliki. Karena itu prokes 5 M, 3 T dan lockdown yang dianjurkan oleh para ahli adalah sebuah ilmu dan kebenaran dalam rangka ikhtiar menghadapi wabah covid 19. Rasulullah sendiri dalam hadistnya pernah bersabda : jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Jika terjadi wabah ditempat kamu berada, maka janganlah tinggalkan tempat itu (HR Al Bukhari). 

Rasulullah juga melarang mencampurkan unta sakit dan yang sehat. Analogi ini juga berlaku bagi manusia, agar yang sakit segera tertangani dan yang sehat tetap bisa produktif beraktvitas.

Maka, untuk menangkal atau menghindari masuknya virus ini di dalam tubuh pertama-tama harus didasarkan oleh ilmu kesehatan, diantaranya disiplin memakai masker, tidak banyak bicara, vaksinasi, memperbanyak nutrisi, menghindari  interaksi dengan orang asing, menghindari kerumunan, cuci tangan secara rutin dan pola pemisahan yang jelas melalui 3T yang dilakukan oleh pemerintah. 

Pandemi Covid-19 yang terjadi sudah seharusnya menyadarkan kita, bahwa manusia hanyalah mahluk yang lemah, terbatas dan penuh dengan kekurangan. Terhadap mahluk Allah yang super kecil berupa virus aja kita tidak berdaya, menimbulkan dampak yang luar biasa bagi kehidupan. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita kembali, mengevaluasi diri adakah yang salah.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman

"Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)." (TQS. Ar-Rum 30: Ayat 41). 

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri.” (TQS. Al-Hasyr: 18-19). 

Muhasabah atau evaluasi merupakan salah satu sarana untuk merefresh tujuan hidup kita di dunia. Bahwa manusia diciptakan tidak lain untuk beribadah. Melakukan ketundukan dan ketaatan selama hidup di dunia yang memiliki korelasi amal dan pertanggung jawaban di akhirat kelak.

“Dari Syadad bin Aus r.a, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, berkata, “Orang yang pandai adalah yang menghisab (menginterospeksi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah”. (HR. Imam Turmudzi).

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan” (TQS.Al Anbiya : 35). 

Karenanya, Islam yang berasal dari zat maha sempurna, telah menurunkan aturan yang komprehensif. Tidak hanya mengatur hubungan manusia dengan tuhannya, tapi juga mengatur hubungan manusia dengan dirinya juga dengan sesama manusia. Muhasabah tentu tidak cukup dilakukan secara individu, tetapi masyarakat juga negara harus melakukan muhasabah agar keluar dari wabah. Kembali merujuk pada kitab suci dan sunnah nabi sebagai solusi. Menerapkan aturan Allah secara totalitas sebagai jalan meraih ridha Ilahi.

Sudah saatnya kita memandang pandemi ini dalam kacamata iman sebagai sebuah qadarullah, dan memaksimalkan ikhtiar dengan ilmu dan sains yang telah teruji kebenarannya. Juga  harus dilakukan ikhtiar secara non-fisik, baik secara psikis maupun spiritual. Itulah mengapa, Islam mengajurkan umatnya untuk senantiasa berdoa kepada Allah agar selalu diberikan kesehatan dan terhindar dari berbagai musibah. 

Jika pendekatan iman dan sains telah dilakukan dengan baik, maka akan melahirkan sikap yang benar yakni tidak boleh membahayakan diri dan membahayakan orang lain, menghilangkan kerusakan didahulukan dari pada meraih kemaslahatan, bahaya harus dihindari, dan kaidah tidak ada yang memudharatkan dan dimudaharatkan.

Dengan sisnergi individu, masyarakat dan negara dalam mengambil peran dengan pendekatan iman dan ilmu, semoga wabah ini segera berakhir. Wallahu'alam bi shawwab.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Latest News
Hamas Umumkan Kesepakatan Pertukaran Tahanan Dengan Israel Akan Segera Terjadi

Hamas Umumkan Kesepakatan Pertukaran Tahanan Dengan Israel Akan Segera Terjadi

Selasa, 19 Oct 2021 18:15

Rabu – Jum’at Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Rabi’ul Awal 1443 H.

Rabu – Jum’at Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Rabi’ul Awal 1443 H.

Selasa, 19 Oct 2021 17:14

Kepala Industri Pertahanan Turki Sebut Ankara Akan Beli Jet Tempur Rusia Jika AS Gagal Kirimkan F-16

Kepala Industri Pertahanan Turki Sebut Ankara Akan Beli Jet Tempur Rusia Jika AS Gagal Kirimkan F-16

Selasa, 19 Oct 2021 17:00

Inilah Ucapan yang Paling Dicintai Allah setelah Al-Qur'an

Inilah Ucapan yang Paling Dicintai Allah setelah Al-Qur'an

Selasa, 19 Oct 2021 17:00

Wakaf Produktif Sudah Dipraktikkan Sejak Masa Rasulullah dan Sahabat

Wakaf Produktif Sudah Dipraktikkan Sejak Masa Rasulullah dan Sahabat

Selasa, 19 Oct 2021 16:48

Utusan Utama AS Untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad Mengundurkan Diri

Utusan Utama AS Untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad Mengundurkan Diri

Selasa, 19 Oct 2021 14:00

Taliban Pakistan Dikuatkan Dengan Kemenangan Taliban Di Afghanistan

Taliban Pakistan Dikuatkan Dengan Kemenangan Taliban Di Afghanistan

Selasa, 19 Oct 2021 10:36

Senin 12 Rabi'ul Awal 11 H, Rasulullah Wafat. Mari Teladani Akhir Hayat Mulia!

Senin 12 Rabi'ul Awal 11 H, Rasulullah Wafat. Mari Teladani Akhir Hayat Mulia!

Selasa, 19 Oct 2021 06:50

PBB: Kampanye Anti-Polio Akan Dimulai Di Afghanistan Dengan Dukungan Penuh Taliban

PBB: Kampanye Anti-Polio Akan Dimulai Di Afghanistan Dengan Dukungan Penuh Taliban

Senin, 18 Oct 2021 22:15

Muhammad Kembali Jadi Nama Paling Populer Di Antara Nama-nama Bayi Laki-laki  Di Inggris

Muhammad Kembali Jadi Nama Paling Populer Di Antara Nama-nama Bayi Laki-laki Di Inggris

Senin, 18 Oct 2021 21:50

Empat Tahun Anies, Fahira Idris: Persoalan Ruwet Jakarta Berhasil Diurai

Empat Tahun Anies, Fahira Idris: Persoalan Ruwet Jakarta Berhasil Diurai

Senin, 18 Oct 2021 21:36

Hamas dan Otoritas Palestina Kecam Pembangunan Stasiun Bus Besar Israel di Tepi Barat

Hamas dan Otoritas Palestina Kecam Pembangunan Stasiun Bus Besar Israel di Tepi Barat

Senin, 18 Oct 2021 18:00

Media Pro-Syi'ah Hizbulata Tuntut Penyelidikan Ledakan Pelabuhan Beirut Ditutup Sepenuhnya

Media Pro-Syi'ah Hizbulata Tuntut Penyelidikan Ledakan Pelabuhan Beirut Ditutup Sepenuhnya

Senin, 18 Oct 2021 17:15

Quantum I.S.L.A.H = Cara Lunasi Hutang atau Luluhkan Hati Penghutang

Quantum I.S.L.A.H = Cara Lunasi Hutang atau Luluhkan Hati Penghutang

Senin, 18 Oct 2021 12:57

Gelar Pesantren Virtual, Yayasan Amaliah Astra Ajak Anak-anak Menjaga Lingkungan

Gelar Pesantren Virtual, Yayasan Amaliah Astra Ajak Anak-anak Menjaga Lingkungan

Senin, 18 Oct 2021 11:57

Legislator Sebut Ibukota Baru Berpotensi Miliki Masalah Tanah

Legislator Sebut Ibukota Baru Berpotensi Miliki Masalah Tanah

Senin, 18 Oct 2021 11:41

SWF: Jalan Baru Asing Menguasai Indonesia

SWF: Jalan Baru Asing Menguasai Indonesia

Senin, 18 Oct 2021 11:17

Asuransi Pemberi Madharat, Mencelakai di Dunia dan di Akhirat

Asuransi Pemberi Madharat, Mencelakai di Dunia dan di Akhirat

Senin, 18 Oct 2021 10:53

Asosiasi Gabungan Perusahaan Haji Umrah Nusantara Resmikan Koperasi GAPHURA

Asosiasi Gabungan Perusahaan Haji Umrah Nusantara Resmikan Koperasi GAPHURA

Senin, 18 Oct 2021 10:46

Belajar dari Squid Game

Belajar dari Squid Game

Senin, 18 Oct 2021 10:32


MUI

Must Read!
X