Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.309 views

Konsiten dalam Kebenaran

 

Oleh:

Fanti Setiawati || Anggota Komunitas Tinta Peradaban Ketapang

 

BULAN Muharram identik dengan momen hijrah. Dalam hal ini, hijrah tidak diartikan sempit dengan berpindahnya kaum muslimin dari Mekkah ke Madinah. Lebih dari itu, peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW menjadi penanda perubahan fase dakwah, dari periode Mekkah menuju periode Madinah.

Tidak hanya itu, para ulama memberikan definisi detil untuk hijrah. Ibnu Hajar al-Asqalani di dalam kitab Fath al-Baari bi Syarh Shahih Albukhari, juga-‘Alqami yang dikutip dalam ‘Awn al –Ma’bud, menjelaskan bahwa hijrah itu ada dua macam : zhahirah (lahir) dan bathinah (batin). Hijrah batin meninggalkan kemaksiatan menuju ketaatan yang merupakan kewajiban bagi setiap Muslim, hijrah secara batin ini semakin meningkat, fenomena artis yang berhijrah mengenakan hijab, mengkaji Islam, komunitas masyarakat tanpa riba. Adapun hijrah secara zhahirah (lahir) yang diterangkan oleh Ibnu Hajar adalah lari menyelamatkan agama dari fitnah (al-firar bi ad-din min al-fitan), sedangkan hijrah secara syar’i keluar dari darul kufr menuju darul Islam (Taqiyuddin an-Nabhani, al-syakhshiyyah al-islamiyyah terjm :440).

Hijrah lahir inilah yang belum terwujud dengan adanya sebuah institusi (Negara) yang menerapkan islam secara kaffah. Untuk mewujudkan hijrah lahir ini, hanya bisa dilakukan dengan jihrah secara syar’i.

Melihat sejarah umat Rasululah SAW, maka ada dua kondisi yang menuntut dilaksanakannya hijrah secara syar’i. Pertama adalah periode dakwah Mekkah yang dilakukan oleh Rasulullah dan para shahabat. Sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab Min Muqawimat Nafsiyah Islamiyah, kaum muslimin saat itu dipaksa oleh kaum kafir Mekkah untuk mengingkari ajaran yang dibawa Muhammad. Mereka juga dituntut meninggalkan aktivitas mengemban dakwah Islam dan tidak menampakkan ibadahnya di khalayak ramai.

Berbagai taktik digunakan untuk menghalang-halangi dakwah Rasulullah dan para shahabat dalam upaya mewujudkan taghyir (perubahan mendasar) saat itu. Diantaranya pembunuhan, penyiksaan, penindasan, penahanan, mengikat, menghalang-halangi hijrah, mengambil harta, mengolok-olok, perang ekonomi, perang ekonomi, pemboikotan, dan membuat stigma negatif dengan mempropagandakan tuduhan-tuduhan dusta. Bentuknya pun bermacam-macam. Seperti pemukulan, dijemur di terik matahari, ditekan oleh ibu, dilempar dengan batu, dilempar kotoran, dilarang tampil dan menyerukan dakwah secara terbuka, dibuat kelaparan, diinjak leherdan ditabrkan tanah di wajahnya, pemutusan hubungan antara pimpinan dan pengikut, bahkan tawar menawar antara ideologi dengan harta, tahta, wanita.

Kedua adalah kondisi kaum Muslimin sejak diruntuhkannya Daulah Islam hingga hari ini. Artinya, sudah 96 tahun kaum muslimin saat ini mengalami kondisi yang menuntut hijrah secara syar’i. Dalam upaya mewujudkan taghyir, kaum muslimin di berbagai negeri juga menjadi korban kezholiman penguasa-penguasa jahat di negeri mereka masing-masing. Taktik yang digunakan oleh penguasa-penguasa zholim tersebut bahkan lebih sadis.

Di beberapa tempat, penguasa tersebut menggunakan berbagai bentuk siksaan, seperti menggunakan sengatan listrik. Padahal seharusnya alat itu digunakan dalam revolusi industri. Kadang kala penguasa tersebut juga meminta para pengemban dakwah untuk bekerjasama dengan mereka. Dengan menjadi intel(mata-mata) atau menjadi agen pemikiran yang mempropagandakan untuk melayani kepentingan penguasa bodoh. (Min Muqawimat Nafsiyah Islamiyah)

Tidak terkecuali di negeri ini. Beberapa tahun terakhir, di negri ini sering terjadi persekusi terhadap ulama, pembubaran pengajian, persekusi ajaran Islam, bahkan kriminalisasi terhadap ulama. Dengan berbagai fasilitas, dana, dan kewenangan yang mereka miliki, penguasa negeri ini berupaya memberangus aktivitas para pengemban dakwah Islam. Minimal mereka membiarkan persekusi yang dilakukan oleh berbagai kelompok terhadap para pengemban dakwah Islam yang lurus.

Namun, berbagai rintangan tersebut tak mampu membendung ghirah para pengemban dakwah untuk terus menyampaikan risalah Nabi Muhammad SAW. Para pengemban dakwah tetap konsisten dalam menyampaikan Islam, sebab dakwah merupakan perintah dari Allah SWT. Sekalipun seluruh dunia menghalangi, dakwah harus tetap berlanjut.

Walau demikian, para pengemban dakwah juga memiliki sisi lemah. Hal ini terjadi pula pada masa shahabat Rasulullah SAW. Sebagimana hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dari Khubab bin al-Arats, ia berkata.

Kami telah mengadu kepada Rasulullah SAW ketika beliau sedang merebahkan badan dengan berbantal bajunya di bawah atap Ka’bah. Kami berkata kepadanya,”Kenapa engkau tidak meminta pertolongan Allah untuk kami. Memohonlah kepada Allah untuk kami?” Rasulullah SAW bersabda, “Dahulu ada lelaki sebelum kalian yang dikubur hidup-hidup, dan digergaji dari kepalanya hingga membelah badannya menjadi dua. Tapi hal itu tidak menghalanginya dari agama Allah. Ada pula yang tulang dan urat di bawah dagingnya disisir dengan sisir besi, tapi hal itu tidak menghalanginya dari agama Allah. Demi Allah! Urusan (agama) ini akan sempurna hingga penunggang kuda dari Shan’a sampai Hadra Maut tidak merasa takut, kecuali kepada Allah, atau Srigala yang akan memangsa kambing. Tetapi kelian tergesa-gesa”

Maka pengemban dakwah diwajibkan senantiasa bersabar dan bertawakkal kepada Allah. Sebab pertolongan amat dekat bagi orang-orang yang menolong agama-Nya. Sebagaimana firman Allah dalamQS Muhammad ayat 7,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

 

“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

Upaya mewujudkan taghir harus selalu dilakukan. Agar nanti ketika sampai pada waktunya, umat Islam siap melaksanakan hijrah secara syar’i. Sehingga seluruh perintah Allah dapat dilaksanakan. Dan dunia dinaungi keberkahan dari Allah, sebab penegakan aturan Allah yang syamil, kamil mutakamil.

Wallahu’alam bi shawab.                                                                      

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla Reyot di Pelosok Garut Terancam Roboh, Ayo Bantu.!!!

Mushalla kayu di pelosok Garut ini menyedihkan. Dindingnya reyot, rapuh, dan keropos bisa roboh setiap saat. Dibutuhkan dana 50 juta rupiah untuk renovasi total bangunan permanen dan diperluas....

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Wakaf Air: IDC Salurkan 11 Juta untuk Tandon Air & Perlengkapan Sumur PTQ Az Zuman Klaten

Program Wakaf Sumur IDC telah menyalurkan dana 11 Juta rupiah untuk kebutuhan tandon air, pompa air dan perlengkapan sumur di Pesantren Tahfidz Quran (PTQ) Az Zuman, Jambu Kulon, Ceper, Klaten....

Latest News
Hamas Umumkan Kesepakatan Pertukaran Tahanan Dengan Israel Akan Segera Terjadi

Hamas Umumkan Kesepakatan Pertukaran Tahanan Dengan Israel Akan Segera Terjadi

Selasa, 19 Oct 2021 18:15

Rabu – Jum’at Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Rabi’ul Awal 1443 H.

Rabu – Jum’at Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Rabi’ul Awal 1443 H.

Selasa, 19 Oct 2021 17:14

Kepala Industri Pertahanan Turki Sebut Ankara Akan Beli Jet Tempur Rusia Jika AS Gagal Kirimkan F-16

Kepala Industri Pertahanan Turki Sebut Ankara Akan Beli Jet Tempur Rusia Jika AS Gagal Kirimkan F-16

Selasa, 19 Oct 2021 17:00

Inilah Ucapan yang Paling Dicintai Allah setelah Al-Qur'an

Inilah Ucapan yang Paling Dicintai Allah setelah Al-Qur'an

Selasa, 19 Oct 2021 17:00

Wakaf Produktif Sudah Dipraktikkan Sejak Masa Rasulullah dan Sahabat

Wakaf Produktif Sudah Dipraktikkan Sejak Masa Rasulullah dan Sahabat

Selasa, 19 Oct 2021 16:48

Utusan Utama AS Untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad Mengundurkan Diri

Utusan Utama AS Untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad Mengundurkan Diri

Selasa, 19 Oct 2021 14:00

Taliban Pakistan Dikuatkan Dengan Kemenangan Taliban Di Afghanistan

Taliban Pakistan Dikuatkan Dengan Kemenangan Taliban Di Afghanistan

Selasa, 19 Oct 2021 10:36

Senin 12 Rabi'ul Awal 11 H, Rasulullah Wafat. Mari Teladani Akhir Hayat Mulia!

Senin 12 Rabi'ul Awal 11 H, Rasulullah Wafat. Mari Teladani Akhir Hayat Mulia!

Selasa, 19 Oct 2021 06:50

PBB: Kampanye Anti-Polio Akan Dimulai Di Afghanistan Dengan Dukungan Penuh Taliban

PBB: Kampanye Anti-Polio Akan Dimulai Di Afghanistan Dengan Dukungan Penuh Taliban

Senin, 18 Oct 2021 22:15

Muhammad Kembali Jadi Nama Paling Populer Di Antara Nama-nama Bayi Laki-laki  Di Inggris

Muhammad Kembali Jadi Nama Paling Populer Di Antara Nama-nama Bayi Laki-laki Di Inggris

Senin, 18 Oct 2021 21:50

Empat Tahun Anies, Fahira Idris: Persoalan Ruwet Jakarta Berhasil Diurai

Empat Tahun Anies, Fahira Idris: Persoalan Ruwet Jakarta Berhasil Diurai

Senin, 18 Oct 2021 21:36

Hamas dan Otoritas Palestina Kecam Pembangunan Stasiun Bus Besar Israel di Tepi Barat

Hamas dan Otoritas Palestina Kecam Pembangunan Stasiun Bus Besar Israel di Tepi Barat

Senin, 18 Oct 2021 18:00

Media Pro-Syi'ah Hizbulata Tuntut Penyelidikan Ledakan Pelabuhan Beirut Ditutup Sepenuhnya

Media Pro-Syi'ah Hizbulata Tuntut Penyelidikan Ledakan Pelabuhan Beirut Ditutup Sepenuhnya

Senin, 18 Oct 2021 17:15

Quantum I.S.L.A.H = Cara Lunasi Hutang atau Luluhkan Hati Penghutang

Quantum I.S.L.A.H = Cara Lunasi Hutang atau Luluhkan Hati Penghutang

Senin, 18 Oct 2021 12:57

Gelar Pesantren Virtual, Yayasan Amaliah Astra Ajak Anak-anak Menjaga Lingkungan

Gelar Pesantren Virtual, Yayasan Amaliah Astra Ajak Anak-anak Menjaga Lingkungan

Senin, 18 Oct 2021 11:57

Legislator Sebut Ibukota Baru Berpotensi Miliki Masalah Tanah

Legislator Sebut Ibukota Baru Berpotensi Miliki Masalah Tanah

Senin, 18 Oct 2021 11:41

SWF: Jalan Baru Asing Menguasai Indonesia

SWF: Jalan Baru Asing Menguasai Indonesia

Senin, 18 Oct 2021 11:17

Asuransi Pemberi Madharat, Mencelakai di Dunia dan di Akhirat

Asuransi Pemberi Madharat, Mencelakai di Dunia dan di Akhirat

Senin, 18 Oct 2021 10:53

Asosiasi Gabungan Perusahaan Haji Umrah Nusantara Resmikan Koperasi GAPHURA

Asosiasi Gabungan Perusahaan Haji Umrah Nusantara Resmikan Koperasi GAPHURA

Senin, 18 Oct 2021 10:46

Belajar dari Squid Game

Belajar dari Squid Game

Senin, 18 Oct 2021 10:32


MUI

Must Read!
X