Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.776 views

Salam Yang Tertukar

Oleh: Leli Novitasari

(Guru Tahfizh, Aktivis Muslimah Peduli Generasi)

Kian sering diucapkan dalam sebuah pertemuan juga pidato menggunakan salam lintas agama, yang diyakini oleh sebagian kalangan masyarakat sebagai bentuk sikap toleransi terhadap berbagai keyakinan.

Hal ini pun menuai kontra. Diantaranya dari MUI Jawa Timur yang menghimbau umat Islam dan para pemangku kebijakan atau pejabat untuk menghindari pengucapan salam dari agama lain saat membuka acara resmi.

Imbauan tersebut termaktub dalam surat edaran bernomor 110/MUI/JTM/2019 yang ditandatangani oleh Ketua MUI Jatim KH. Abdusshomad Buchori dan Sekretaris Umum Ainul Yaqin. Dalam surat itu, MUI Jatim menyatakan bahwa mengucapkan salam semua agama merupakan sesuatu yang bidah, mengandung nilai syuhbat, dan patut dihindari oleh umat Islam. Dilansir dari CNNIndonesia.com, Minggu (10/11).

Patut diapresiasi dengan  adanya reaksi atas pengucapan salam berbagai agama yang dilakukan oleh para pemangku jabatan. Karena mereka adalah tokoh publik yang segala tingkah laku juga ucapannya dilihat oleh masyarakat banyak.

Namun perlu dicermati, kekeliruan pengucapan salam yang tertukar ini ada sebabnya dan tidak boleh dipandang remeh. Sebagian besar disebabkan gagal pahamnya umat Islam memaknai salam plural juga terdapat faktor-faktor lain, diantaranya :

Pertama  kurangnya umat ini memahami bahasa Arab yang menjadi bahasa Universal dalam ajaran agama Islam. Akibatnya menjadikan umat ini kurang memaknai arti salam.

Bila sapa menyapa menggunakan bahasa Indonesian biasa digunakan dengan mengaitkan waktu kapan salam itu diucapkan. Semisal selamat pagi, selamat siang atau selamat malam.

Namun pengertian salam dalam ajaran agama Islam yang menggunakan bahasa Arab, mengandung makna yang mendalam serta tidak terkait oleh waktu kapan diucapkan. Dalam hal ini pengertiannya pun tak sebatas basa-basi saat menyapa. Melainkan sapaan yang berisikan doa.

Korelasi salam sebagai doa ditegaskan dalam hadist, dari Abu Hurairah radiallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar salam antar sesama muslim.” (H.R Muslim no. 54.)

Salam adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW, yang dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat Muslim di seluruh dunia. Walau berbeda wilayah, salam terhadap sesama muslim antar benua tetaplah sama.

Mengucapkan salam hukumnya adalah Sunnah. Sedangkan bagi yang mendengarnya, wajib untuk menjawabnya.

Al-Quran menegaskan, selain doa, salam adalah bentuk penghormatan.

"Apabila kamu diberi penghormatan dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik daripadanya. Atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah selalu membuat perhitungan atas segala sesuatu" ( QS An-Nisaa' : 86)

Kedua, masuknya pemikiran-pemikiran asing yang membuat kaum Muslim mengkompromikan ajaran Islam. Seperti mentolerir pemikiran pluralisme di negeri yang plural ini. Faktanya ternyata pemikiran asing tersebut bertentangan dengan ajaran Islam.

Contohnya, pandangan bahwa sebagai bentuk toleransi antar umat beragama harus menggunakan salam berbagai lintas keyakinan. Agar semua masyarakat hidup damai tentram sejahtera.

Tapi apakah pengucapan tersebut sudah benar adanya? Bagaimana cara menjawab salam yang beragam tersebut? Lalu apakah dalam ajaran Islam membolehkan penggunaan salam dalam keyakinan lain? Padahal belum tahu pasti apakah pengucapan salam tersebut mengandung makna dari tiap masing-masing keyakinan.

Perlu dibedakan antara pengertian plural dan plurailsme. Dalam Islam tidak menafikkan adanya masyarakat yang plural. Tapi dalam ajaran Islam sangat bertentangan dengan pemahaman pluralisme, dimana di dalamnya menganggap semua agama itu benar.

Allah ta’ala berfirman,

“Sesungguhnya agama yang benar di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19)

Maka salam selain daripada Islam pasti tertolak. Tak bernilai apapun dihadapan Nya. Dari penjelasan di atas diketahui jelas bahwa kaum Muslim mempunyai keyakinan yang berbeda (menolak pluralisme). Walau keberadaan masyarakat yang plural di negeri ini memiliki budaya, kultur dan keyakinan yang beragam. Hakikatnya umat Islam harus memiliki akidah Islamiyah, keyakinan yang memancarkan pemikiran juga aturan di dalamnya. Bentuk toleransi pun sudah ada ketetapannya dalam Al Qur'an.

Tertuang dalam QS. Al-Kafirun ayat 5 , "lakum dinnukum waliyyadiin" (untukmu agamamu, dan untukku agamaku).

Bentuk toleransi dalam Islam ialah toleransi yang tetap dibatasi oleh akidah.

Tuntunan yang dijelaskan dalam dalil di atas menjelaskan bahwa salam juga merupakan bagian dari ajaran Islam. Satu kesatuan dengan akidah. Yang di dalamnya harus kita yakini bahwa salam juga terkait kita meminta doa keselamatan hanya pada Allah semata.

Kesadaran umat Islam harus dibangun sejak dini. Dimana akidah ini mampu memberikan rem pakem saat bersosialisasi di masyarakat umum yang plural.

Akidah yang benar haruslah berasal dari Al Qur'an dan As Sunnah. Percaya pada Allah sampai percaya adanya hari akhir, maka di dalamnya terdapat konsekuensi keimanan. Yang berarti segala perbuatan maupun ucapan haruslah bisa dipertanggungjawabkan dihadapan Sang Khaliq kelak.

Peran para ulama juga tokoh cendikiawan muslim sangat dibutuhkan oleh umat Islam saat ini. Penting dan harus digaris bawahi bahwa mengedukasi umat Islam dalam proses pentransferan ilmu hendaknya bukan sekedar taklim semata atau sebatas nasihat-nasihat. Tapi juga perlu disampaikan adalah wajibnya menerapkan seluruh ajaran Islam dalam kehidupan yang mencakup konsekuensi di dalamnya. Agar pemahaman akidah Islam tak sebatas teori namun diterapkan atas dasar kesadaran.

Wallahu'alam.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

Alhamdulillah, kini Maria muallaf mahasiswi Universitas Brawijaya bisa bernafas lega. Yayasan IDC menyalurkan amanah dari para donatur, sebesar Rp 66.648.300 untuk membantu beasiswa pendidikan...

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Sudah 13 tahun mushalla ini menjadi sentral dakwah di kampung Gunung Sri, Tasikmalaya. Namun mushalla ini belum memiliki alat pengeras suara. Diperlukan dana 5 juta rupiah. Ayo Bantu....

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Latest News
Lockdown: Simalakama antara Penyakit dan Kelaparan

Lockdown: Simalakama antara Penyakit dan Kelaparan

Ahad, 29 Mar 2020 02:51

Ulama Syi'ah Irak Muqtada Al-Sadr Salahkan Pernikahan Sejenis Sebagai Penyebab Pandemi Corona

Ulama Syi'ah Irak Muqtada Al-Sadr Salahkan Pernikahan Sejenis Sebagai Penyebab Pandemi Corona

Sabtu, 28 Mar 2020 22:00

Turki Evakuasi 5.800 Pencari Suaka dari Perbatasan Yunani

Turki Evakuasi 5.800 Pencari Suaka dari Perbatasan Yunani

Sabtu, 28 Mar 2020 21:50

Corona dan Problematika Mudik

Corona dan Problematika Mudik

Sabtu, 28 Mar 2020 21:09

Fraksi PKS Tagih Janji Jokowi Tangguhkan Cicilan Rakyat Kecil

Fraksi PKS Tagih Janji Jokowi Tangguhkan Cicilan Rakyat Kecil

Sabtu, 28 Mar 2020 20:51

Pertempuran Kembali Berkobar di Libya Meski Ancaman Virus Mematikan Cina

Pertempuran Kembali Berkobar di Libya Meski Ancaman Virus Mematikan Cina

Sabtu, 28 Mar 2020 19:45

Turki Karantina Selusin Wilayah Dalam Rangka Memerangi Virus Corona

Turki Karantina Selusin Wilayah Dalam Rangka Memerangi Virus Corona

Sabtu, 28 Mar 2020 19:25

Pasukan Tempur Mulai Melawan Jokowi

Pasukan Tempur Mulai Melawan Jokowi

Sabtu, 28 Mar 2020 18:43

Ombudsman: Pejabat Negara yang Undang Liputan Media Saat Darurat Corona Maladministrasi

Ombudsman: Pejabat Negara yang Undang Liputan Media Saat Darurat Corona Maladministrasi

Sabtu, 28 Mar 2020 17:50

Update 28 Maret 2020 Infografik Covid-19: 1155 Positif, 59 Sembuh, 102 Meninggal

Update 28 Maret 2020 Infografik Covid-19: 1155 Positif, 59 Sembuh, 102 Meninggal

Sabtu, 28 Mar 2020 16:48

Kematian Corona di Indonesia Tertinggi di Dunia, Komisi XI: Awalnya Ada yang Jumawa dan Remehkan

Kematian Corona di Indonesia Tertinggi di Dunia, Komisi XI: Awalnya Ada yang Jumawa dan Remehkan

Sabtu, 28 Mar 2020 15:42

PKS Minta PLN Siaga Selama Darurat Corona

PKS Minta PLN Siaga Selama Darurat Corona

Sabtu, 28 Mar 2020 14:50

Lebih 375 Masjid dan Fasilitas Shalat di Inggris Ditutup Menyusul Penyebaran Wabah Virus Corona

Lebih 375 Masjid dan Fasilitas Shalat di Inggris Ditutup Menyusul Penyebaran Wabah Virus Corona

Sabtu, 28 Mar 2020 13:30

Presiden Lempar Handuk?

Presiden Lempar Handuk?

Sabtu, 28 Mar 2020 13:19

Kebijakan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Kebijakan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Sabtu, 28 Mar 2020 12:40

Tuhan itu Peduli dan Tidak Tidur

Tuhan itu Peduli dan Tidak Tidur

Sabtu, 28 Mar 2020 11:41

Pemerintah Buka Rekening Donasi untuk Corona, Legislator: Lucu, Jadi Terbalik-balik

Pemerintah Buka Rekening Donasi untuk Corona, Legislator: Lucu, Jadi Terbalik-balik

Sabtu, 28 Mar 2020 10:21

Fatwa Lengkap MUI Tentang Pengurusan Jenazah Muslim yang Terinfeksi Corona

Fatwa Lengkap MUI Tentang Pengurusan Jenazah Muslim yang Terinfeksi Corona

Sabtu, 28 Mar 2020 09:59

Corona Kembalikan Perempuan pada Fitrahnya sebagai Ibu

Corona Kembalikan Perempuan pada Fitrahnya sebagai Ibu

Sabtu, 28 Mar 2020 08:42

Ikuti Jejak Anies, Pengusaha Pemuda Muhammadiyah Banyumas Hibahkan Hotel untuk Tenaga Kesehatan

Ikuti Jejak Anies, Pengusaha Pemuda Muhammadiyah Banyumas Hibahkan Hotel untuk Tenaga Kesehatan

Sabtu, 28 Mar 2020 07:27


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X