Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.150 views

Menlu Qatar Sebut Ada Kemajuan Untuk Menyelesaikan Krisis Teluk

DOHA, QATAR (voa-islam.com) - Menteri luar negeri Qatar mengatakan pada hari Jum'at (4/12/2020) bahwa telah ada beberapa kemajuan untuk menyelesaikan krisis Teluk yang telah membuat kelompok negara regional melawan negaranya.

Saudi memimpin sekutunya - Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir - untuk memutuskan hubungan dengan Qatar pada 2017, menuduhnya mendukung gerakan Islam radikal dan Iran, tuduhan yang dibantah oleh Doha.

Mereka kemudian memaksa keluar warga Qatar yang tinggal di negara mereka, menutup wilayah udara mereka untuk pesawat Qatar dan menutup perbatasan dan pelabuhan mereka, memisahkan beberapa keluarga kebangsaan campuran.

"Kami telah mencapai kemajuan tertentu pada titik waktu tertentu lebih dari setahun lalu, dan kemudian segalanya melambat," kata Menteri Luar Negeri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani pada forum Dialog Mediterania di Roma.

"Saat ini, ada beberapa langkah yang kami harap bisa mengakhiri krisis ini," ujarnya tanpa menjelaskan secara rinci.

"Kami percaya bahwa persatuan Teluk sangat penting bagi keamanan kawasan. Krisis yang tidak perlu ini perlu diakhiri berdasarkan rasa saling menghormati."

Menantu dan penasihat senior Presiden AS Donald Trump Jared Kushner dilaporkan telah mengangkat krisis Teluk dan mendorong kemajuan untuk mengakhiri pertengkaran tersebut selama kunjungan ke Qatar hari Rabu.

Beberapa detail telah dipublikasikan tentang perjalanan Kushner, yang bisa menjadi kesempatan terakhirnya untuk menekan masalah diplomatik di kawasan yang telah menjadi titik fokus bagi pemerintahan Trump yang akan keluar.

Penutupan wilayah udaranya oleh Arab Saudi telah memaksa pesawat Qatar Airways untuk terbang di atas Iran, musuh bebuyutan Riyadh dan musuh lama Washington, membayar biaya penerbangan yang signifikan ke Teheran dalam prosesnya.

The New York Times telah melaporkan bahwa Qatar membayar $ 100 juta setiap tahun untuk terbang di atas republik Islam itu, mengutip sumber diplomatik.

Penasihat keamanan nasional AS Robert O'Brien mengatakan pada November bahwa mengizinkan pesawat Qatar terbang di atas Arab Saudi melalui "jembatan udara" adalah prioritas bagi pemerintahan Trump yang akan keluar.

Qatar telah berulang kali mengatakan terbuka untuk pembicaraan tanpa prasyarat, meskipun belum mengisyaratkan secara terbuka akan berkompromi dengan 13 tuntutan negara yang memboikot itu.

Upaya mediasi sebelumnya yang dipimpin oleh Kuwait tidak membuahkan hasil. (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X