Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.201 views

Didampingi Nenyatahu, Trump Luncurkan Rencana Perdamaian Timur Tengah yang Sangat Pro-Israel

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Presiden AS Donald Trump meluncurkan rencana perdamaian Timur Tengah yang telah lama ditunggu pada hari Selasa (28/1/2020), menyerukan pembentukan Negara Palestina dengan ibukotanya di bagian-bagian dari Yerusalem timur, mengklaim itu adalah peluang "sama-sama menang" untuk Israel dan Palestina.

Rencana tersebut menyerukan pembentukan Negara Palestina dengan ibukotanya di bagian-bagian dari Yerusalem timur, mengakhiri spekulasi mengenai apakah pemerintahannya, dalam menyiapkan proposal tanpa masukan dari para pemimpin Palestina, akan meninggalkan "resolusi dua negara" untuk konflik tersebut. .

Trump, merilis rencana itu di hadapan audiensi yang sangat pro-Israel di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di sisinya, mengakui bahwa ia telah melakukan banyak hal untuk Israel, tetapi ia mengatakan ia ingin kesepakatan itu menjadi “banyak hal untuk Palestina. "Trump mengatakan kesepakatan itu adalah" peluang bersejarah "bagi Palestina untuk mencapai negara merdeka sendiri.

Rencana tersebut lebih dari dua kali lipat wilayah yang saat ini berada di bawah kendali Palestina, meskipun itu mengakui kedaulatan Israel atas blok-blok pemukiman ilegal Yahudi besar di Tepi Barat, sesuatu yang hampir pasti akan ditentang oleh Palestina. Sekitar 200.000 orang Yahudi Israel sekarang tinggal di Yerusalem timur di rumah-rumah pemukiman yang dianggap ilegal berdasarkan hukum internasional.

Palestina telah menolak proposal tersebut, menuduh Trump bias dalam mendukung Israel karena ia telah mengadopsi kebijakan yang mendukung Israel dengan biaya mereka.

'Pembekuan' pemukiman

Rencana itu memang menyerukan empat tahun pembekuan pembangunan permukiman baru Israel, di mana rincian waktu perjanjian komprehensif akan dinegosiasikan. Namun, tidak segera jelas apakah pembekuan tersebut dapat diperpanjang jika kesepakatan akhir tidak selesai dalam empat tahun.

Garis besar 50 halaman politik lebih jauh dalam konsesi untuk Palestina daripada yang diyakini banyak analis. Namun, itu akan mengharuskan Palestina untuk menerima kondisi yang sebelumnya tidak ingin mereka pertimbangkan, seperti menerima pemukiman ilegal Yahudi Tepi Barat. Itu dibangun di atas rencana ekonomi 30 halaman untuk Tepi Barat dan Gaza yang diresmikan Juni lalu dan yang juga ditolak oleh Palestina,

Di bawah ketentuan "visi perdamaian" yang menantu sekaligus penasehat senior Trump, Jared Kushner, telah bekerja selama hampir tiga tahun, negara Palestina di masa depan akan terdiri dari Tepi Barat dan Gaza, yang dihubungkan oleh kombinasi di atas- jalan tanah dan terowongan.

Netanyahu dan penantang politik utamanya dalam pemilihan Maret, Benny Gantz, telah menandatangani rencana tersebut.

Pendakwaan

Peristiwa Gedung Putih datang ketika pengadilan impeachment Trump berlanjut di Senat dan parlemen Israel telah merencanakan sidang untuk membahas permintaan Netanyahu untuk kekebalan dari tuduhan korupsi kriminal. Netanyahu menarik permintaan itu beberapa jam sebelum sidang dimulai, tetapi parlemen Israel, Knesset, masih diperkirakan akan bertemu. Badan itu cenderung memilih menentang kekebalan, memberi pukulan keras kepada Netanyahu.

Menjelang pemilihan 2 Maret, Netanyahu telah menyerukan untuk menganeksasi bagian-bagian Tepi Barat dan memaksakan kedaulatan Israel pada semua pemukiman di sana. Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967, dan Lembah Yordan khususnya dianggap sebagai aset keamanan yang vital.

Tanggung jawab keamanan untuk Lembah Yordan akan tetap berada di tangan Israel untuk masa yang akan datang tetapi dapat ditingkatkan kembali ketika negara Palestina yang baru lahir membangun kapasitasnya, berdasarkan ketentuan rencana, yang mengatakan bahwa kenegaraan akan bergantung pada Palestina yang memenuhi kriteria tata kelola internasional .

Para pejabat AS, berbicara dengan syarat anonim sebelum rilis rencana itu, mengatakan mereka memperikarakan tanggapan negatif dari Palestina, serta Turki dan Iran, tetapi berharap bahwa Yordania dan Mesir, satu-satunya dua negara Arab yang memiliki perjanjian damai dengan Israel, tidak akan langsung menolaknya. Para pejabat mengatakan mereka memperkirakan negara-negara Teluk Arab seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan yang lainnya akan menyambut rencana itu dengan hati-hati.

Reaksi Yordania, yang akan mempertahankan tanggung jawabnya atas Masjid al-Aqsa Yerusalem di bawah rencana itu, akan sangat signifikan, menurut para pejabat, yang mengatakan Kushner dan yang lainnya menjangkau para pemimpin Arab sebelum peluncuran.

Orang-orang Palestina melihat Tepi Barat sebagai pusat dari negara merdeka di masa depan dan Yerusalem timur sebagai ibukota mereka. Sebagian besar komunitas internasional mendukung posisi mereka, tetapi Trump telah membalikkan dekade kebijakan luar negeri AS dengan memihak Israel secara lebih terang-terangan. Inti dari strateginya adalah mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar Amerika di sana. Dia juga menutup kantor diplomatik Palestina di Washington dan memotong dana untuk program bantuan Palestina.

Kebijakan-kebijakan itu telah terbukti populer di kalangan pendukung evangelis dan pro-Israel Trump dan dapat memberinya dorongan yang sangat dibutuhkan dari pangkalannya ketika ia bersiap untuk pertempuran pemilihan ulang tahun ini.

Tetapi orang Palestina menolak untuk bahkan berbicara dengan Trump dan mereka meminta dukungan dari para pemimpin Arab. Kepemimpinan Palestina juga telah mendorong protes di Tepi Barat, menimbulkan kekhawatiran bahwa pengumuman di Washington dapat memicu putaran baru kekerasan. Menjelang pengumuman itu, militer Israel mengatakan pihaknya memperkuat pasukan infanteri di sepanjang Lembah Jordan. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Lengkap sudah ujian hidup remaja yatim asal Indramayu ini. Terlahir yatim sejak balita, ia dibesarkan tanpa belaian kasih ayah dan ibu. Kini di usia remaja, ia diuji dengan penyakit tumor ganas...

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Hidup Sebatang Kara, Rumah Nenek Halimah Ludes Kebakaran. Ayo Bantu..!!

Di usia uzurnya Nenek Halimah makin rajin beribadah dan banyak ujian iman. Rumah gubuknya ludes terbakar. Dibutuhkan dana Rp 13 juta, untuk membangun rumah sederhana agar bisa istirahat dan khusyuk...

Latest News
Ahok Rebranding

Ahok Rebranding

Selasa, 18 Feb 2020 01:57

Inilah Isu-isu Penting yang Akan Dibahas di Munas Tarjih ke-31

Inilah Isu-isu Penting yang Akan Dibahas di Munas Tarjih ke-31

Selasa, 18 Feb 2020 00:56

Mantap! Kampus Muhammadiyah Luncurkan Digital Forensik Pertama di Indonesia

Mantap! Kampus Muhammadiyah Luncurkan Digital Forensik Pertama di Indonesia

Senin, 17 Feb 2020 23:49

Hape-krasi

Hape-krasi

Senin, 17 Feb 2020 22:27

MAN 2 Kota Malang Juara Olimpiade Fisika Eureka ITB tingkat Nasio

MAN 2 Kota Malang Juara Olimpiade Fisika Eureka ITB tingkat Nasio

Senin, 17 Feb 2020 22:23

Saat Syaikh Reda dari Gaza Palestina Ungkap Kekejaman Zionis Israel

Saat Syaikh Reda dari Gaza Palestina Ungkap Kekejaman Zionis Israel

Senin, 17 Feb 2020 22:08

IPPi Masa Jihad 2020-2022 Ingin Wujudkan Kader Militan yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah

IPPi Masa Jihad 2020-2022 Ingin Wujudkan Kader Militan yang Cerdas dan Berakhlakul Karimah

Senin, 17 Feb 2020 22:03

Realisasi Kerukunan Beragama dalam Sistem Demokrasi, Berhasilkah?

Realisasi Kerukunan Beragama dalam Sistem Demokrasi, Berhasilkah?

Senin, 17 Feb 2020 21:15

Legislator PKS: Ekonomi Stagnan 5,02 Persen, Waspadai Ketergantungan dengan China

Legislator PKS: Ekonomi Stagnan 5,02 Persen, Waspadai Ketergantungan dengan China

Senin, 17 Feb 2020 21:01

Februari Bulan Cinta, atau Kebebasan Seks atas Nama Kasih Sayang?

Februari Bulan Cinta, atau Kebebasan Seks atas Nama Kasih Sayang?

Senin, 17 Feb 2020 20:58

Perdana Menteri Imran Khan Sebut Pakistan Tidak Lagi Jadi Surga Aman Bagi Jihadis

Perdana Menteri Imran Khan Sebut Pakistan Tidak Lagi Jadi Surga Aman Bagi Jihadis

Senin, 17 Feb 2020 20:15

Gerakan Menutup Aurat 2020 Diselenggarakan di Jakarta

Gerakan Menutup Aurat 2020 Diselenggarakan di Jakarta

Senin, 17 Feb 2020 20:06

AS Ancam Putus Pembagian Data Intelijen Pada Negara yang Menggunakan Teknologi Huawei Cina

AS Ancam Putus Pembagian Data Intelijen Pada Negara yang Menggunakan Teknologi Huawei Cina

Senin, 17 Feb 2020 20:00

Taliban Tewaskan 5 Tentara Afghanistan dalam Serangan di Pangkalan Militer Shora Khak Kunduz

Taliban Tewaskan 5 Tentara Afghanistan dalam Serangan di Pangkalan Militer Shora Khak Kunduz

Senin, 17 Feb 2020 19:45

Rezim Teroris Assad Rebut Kembali Sebagian Besar Aleppo Menjelang Pembicaraan Rusia-Turki

Rezim Teroris Assad Rebut Kembali Sebagian Besar Aleppo Menjelang Pembicaraan Rusia-Turki

Senin, 17 Feb 2020 19:30

Cina Laporkan Meningkatnya Kasus Virus Baru Saat Jumlah Kematian Mendekati 1.800

Cina Laporkan Meningkatnya Kasus Virus Baru Saat Jumlah Kematian Mendekati 1.800

Senin, 17 Feb 2020 19:15

KH Tengku Zulkarnain: Masak Zaman Teknologi 5.0, Masih Ada Orang Besar Percaya Klenik

KH Tengku Zulkarnain: Masak Zaman Teknologi 5.0, Masih Ada Orang Besar Percaya Klenik

Senin, 17 Feb 2020 18:26

Jokowi Dilarang ke Kediri Karena Mitos Akan Lengser, Demokrat Bandingkan dengan SBY

Jokowi Dilarang ke Kediri Karena Mitos Akan Lengser, Demokrat Bandingkan dengan SBY

Senin, 17 Feb 2020 17:54

Elemen Pers Tolak Campur Tangan Pemerintah Lewat Omnibus Law

Elemen Pers Tolak Campur Tangan Pemerintah Lewat Omnibus Law

Senin, 17 Feb 2020 17:15

Harga Gula Menggila, Komisi IV DPR: Ini Permainan Mafia

Harga Gula Menggila, Komisi IV DPR: Ini Permainan Mafia

Senin, 17 Feb 2020 16:19


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X