Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.967 views

Haftar Umumkan Dimulainya 'Pertempuran Terakhir' untuk Merebut Ibukota Libya

TOBRUK, LIBYA (voa-islam.com) - Panglima pemberontak yang bermarkas di timur Libya Khalifa Haftar hari Kamis (12/12/2019) mengumumkan operasi melawan pasukan pemerintah Libya yang berbasis di Tripoli, dalam apa yang dia katakan akan menjadi "pertempuran terakhir" untuk ibukota.

Haftar yang didukung Uni Emirat Arab (UEA) dan Mesir melakukan perang melawan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui PBB yang berbasis di bagian barat Libya.

"Pertempuran yang menentukan," di mana pasukannya akan mendorong ke jantung Tripoli, dimulai, kata Haftar dalam siaran pidato yang disiarkan televisi, menambahkan bahwa orang-orang bersenjata di kota itu akan diberikan kekebalan hukum sebagai imbalan untuk meletakkan senjata mereka.

"Pasukan kami siap untuk melawan setiap upaya gila baru," oleh Haftar untuk menyerang kota itu, saluran al-Ahrar Libya mengutip menteri dalam negeri Tripoli Fathi Bashagha mengatakan.

Pengumuman itu muncul setelah bandara Tripoli, yang ditutup tiga bulan lalu karena serangan udara oleh pasukan Haftar, dibuka kembali pada dini hari.

Seorang milisi pemberontak berpangkat tinggi yang loyal kepada Haftar mengatakan kepada Bloomberg bahwa mereka berada pada tahap akhir pertempuran untuk merebut ibukota pemerintah yang didukung oleh PBB.

Awal pekan ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki siap mengirim pasukan ke Libya untuk membantu GNA jika ada permintaan.

"Jika mereka meminta bantuan, kami akan menanggapi permintaan itu [dengan pasukan]," kata Erdogan saat acara Hari HAM Sedunia di Ankara.

Sebagai tanggapan, Abdurrahman Shater, anggota Dewan Tinggi Negara Libya, mendesak kepala GNA Fayez al-Sarraj untuk menerima tawaran Turki "untuk menyelamatkan bangsa dan kehidupan manusia," lapor media Libya melaporkan Selasa.

Libya telah meluncur ke dalam kekacauan sejak 2011 ketika pemberontakan yang didukung NATO menyebabkan penggulingan dan kematian mantan Presiden Muammar Khadafi setelah lebih dari empat dekade berkuasa.

Sejak itu, perpecahan politik Libya telah menghasilkan dua kursi kekuasaan saingan, satu di Tobruk dan satu lagi di Tripoli, serta dalam pertempuran oleh sejumlah kelompok milisi yang bersenjata lengkap.

Militer, didorong oleh tentara Haftar, telah bersekutu dengan pemerintahan timur paralel yang berbasis di Benghazi, menandai peningkatan eskalasi yang berbahaya dalam perebutan kekuasaan yang telah berlangsung sejak kekosongan setelah kematian Khadafi muncul. Haftar tidak diakui oleh komunitas internasional, karena parlemen terpilih negara itu berbasis di Tripoli. (TDS)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa