Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.515 views

Turki Dapat Gunakan Cara Militer Untuk Bekukan Pengeboran Gas Ilegal di Perairan Siprus

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki dapat menggunakan pasukan militernya untuk membekukan pengeboran gas eksplorasi di perairan Siprus yang diklaimnya sebagai miliknya, menteri luar negeri Turki telah memperingatkan.

Berbicara kepada saluran berita pro-pemerintah A Haber, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan Turki "memiliki hak untuk mencegah" setiap pengeboran tidak sah di perairan yang katanya jatuh di dalam landas kontinennya sendiri.

Ditanya secara khusus apakah Turki dapat menggunakan cara militer untuk menghentikan pengeboran tersebut, Cavusoglu mengatakan "tentu saja".

Bagian dari wilayah yang diklaim Turki adalah perairan di mana Siprus memiliki hak ekonomi eksklusif dan tempat perusahaan termasuk Total Prancis dan Eni Italia dilisensikan oleh negara pulau Mediterania timur itu untuk bersama-sama melakukan pengeboran.

Sebuah konsorsium yang terdiri dari dua perusahaan tersebut diberi lisensi untuk melakukan pengeboran eksplorasi di tujuh '13' blok Siprus yang membentuk zona ekonomi eksklusif Siprus.

Konsorsium telah mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan dengan babak baru pengeboran eksplorasi di Tahun Baru.

Perusahaan berlisensi lain yang mencari hidrokarbon di dalam zona Siprus termasuk ExxonMobil dengan mitra Qatar Petroleum serta konsorsium yang terdiri dari Nobel energi yang berbasis di Texas, Dutch Shell, dan Delek Israel.

Turki mengatakan klaimnya atas petak besar Mediterania didukung oleh perjanjian yang ditandatangani dengan pemerintah Libya yang diakui PBB yang menggambarkan batas-batas laut kedua negara.

Yunani, Mesir, dan Siprus, yang terletak di antara keduanya secara geografis, telah mengecam kesepakatan itu sebagai bertentangan dengan hukum internasional, dan Yunani mengusir duta besar Libya pekan lalu karena masalah ini.

Siprus mengatakan sedang melancarkan tindakan hukum di Pengadilan Internasional di Den Haag terhadap pelanggaran hak-hak kedaulatan Turki.

Pada bulan Juli, Turki mengirim kapal bor yang dikawal kapal perang untuk melakukan pengeboran eksplorasi di dalam zona ekonomi Siprus, termasuk daerah di mana konsorsium Eni-Total memiliki hak pengeboran.

Turki tidak mengakui Siprus yang terpecah secara etnis sebagai negara dan mengklaim 44 persen zona ekonominya sebagai miliknya.

Dikatakan mereka bertindak untuk melindungi kepentingannya dan kepentingan Siprus Turki di utara Siprus yang memisahkan diri.

Tahun lalu, kapal perang Turki secara fisik memblokir sebuah kapal bor yang disewa oleh Eni untuk mengebor sebuah sumur eksplorasi di daerah lain di mana perusahaan Italia itu memiliki izin untuk melakukan pencarian gas di tenggara Siprus.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Siprus mengumumkan bahwa mereka akan melakukan manuver bersama dengan angkatan laut Prancis dan Italia pada hari Kamis di lepas pantai selatan negara pulau itu. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 18/03/2024 16:00

Doa Saat Berbuka Puasa