Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.309 views

Saudara Pemimpin Syi'ah Nigeria Sebut Iran Bujuk Ibrahim Zakzaky untuk 'Murtad'

ABUJA, NIGERIA (voa-islam.com) - Saudara laki-laki Ibrahim Zakzaky, pemimpin Gerakan Islam (baca;Syi'ah) Nigeria (IMN) yang didanai dan terinspirasi oleh Iran, mengatakan bahwa Iran memurtadkan Zakzaky dan mengatakan IMN harus dilarang karena menyebabkan teror, menurut sebuah wawancara dengan Koran Punch Nigeria.

“Iran mengundangnya ke negara mereka untuk bergabung dengan mereka (menjadi seorang Syi'ah), dan mereka membiayainya. Awalnya, El-Zakzaky adalah Sunni tetapi Iran membujuknya untuk menjadi seorang Syi'ah," kata saudara laki-laki Zakzaky, Sheikh Mohammed Yakoob kepada Punch's Ted Odogwu pada hari Sabtu dan dikutip Al Arabiya hari Senin (12/8/2019).

Menurut wawancara Punch, Sheikh Yakoob, seorang ulama Sunni, juga mengatakan bahwa Iran berjanji untuk menjadikan Zakzaky "duta besar Syi'ah mereka di Nigeria."

Zakzaky, seorang ulama Syiah Nigeria, mendirikan IMN pada awal 1980-an setelah ia mengunjungi Iran pasca-revolusi. Kelompok ini mendapat inspirasi dari mantan Pemimpin Tertinggi Syi'ah Iran Ayatula Ruhola Komeni dan telah menerima dukungan keuangan dan politik dari Iran sejak awal.

IMN, yang mengadvokasi republik bergaya Iran di Nigeria, telah dilarang dan ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh pemerintah Nigeria. Larangan kelompok itu telah menarik perhatian pada pengaruh Iran di antara penganut Syi'ah di Nigeria, yang membentuk sekitar lima hingga 17 persen dari 100 juta Muslim Nigeria, di tengah kekhawatiran konflik sektarian meletus ketika IMN menolak otoritas Presiden Sunni Nigeria, Muhammadu. Buhari.

Seorang ahli Nigeria tentang IMN yang ingin tetap anonim menekankan dukungan Iran untuk organisasi tersebut.

“Mereka menggunakan fatwa yang dikeluarkan oleh ulama (Syi'ah) Iran. Mereka selalu memandang para ulama ini sebagai sumber bimbingan dan cahaya spiritual. Anggota IMN menikmati beasiswa Iran dan belajar di universitas / institusi Iran, terutama di [kota Iran] Qom, ”kata sumber itu kepada Al Arabiya English.

Sumber itu juga mengatakan bahwa keuangan Iran memfasilitasi taktik rekrutmen IMN, menunjukkan bahwa dukungan keuangan dari Iran "digunakan untuk memberdayakan orang-orang yang baru pindah agama ke Syi'ah secara ekonomi. Pemberdayaan ekonomi adalah salah satu senjata ampuh dan strategi yang diadopsi oleh IMN untuk memenangkan kesetiaan anggota yang tertekan. "

Yakoob juga mengkritik IMN, mengatakan bahwa anggotanya membawa senjata dan dia setuju dengan pemerintah Nigeria bahwa mereka menyebabkan teror, seperti yang dilaporkan oleh Punch.

Mengenai insiden 2015 di mana saudaranya ditangkap, Yakoob menyalahkan anggota IMN karena "menyerang" Kepala Staf Angkatan Darat, Letnan Jenderal Tukur Buratai, dan menyarankan mereka harus "belajar menghadapi konsekuensinya."

Zakzaky ditangkap pada Desember 2015 setelah pemerintah Nigeria menyerbu kantor IMN, mengakibatkan sekitar 350 kematian. IMN sejak itu berkampanye untuk pembebasannya, dengan protes sering berubah menjadi kekerasan.

Ketika ditanya oleh Punch apakah IMN memiliki senjata, Yakoob menjawab, “Jika Anda bertanya kepada agen keamanan di Nigeria, mereka akan memberi tahu Anda bahwa Syi'ah memiliki senjata, tetapi tidak cukup untuk bertempur. Mereka memiliki senjata buatan lokal dan asing tetapi tidak cukup untuk bertempur. Mereka membunuh prajurit dan petugas polisi. ”

Zakzaky diberikan jaminan untuk terbang ke India untuk perawatan medis, Senin pekan lalu. (st/MeMo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X