Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.426 views

Arab Saudi Serukan Boikot Turki Terkait Kasus Khashoggi

RIYADH (voa-islam.com) - Warga Arab Saudi di Turki telah diberi peringatan keamanan kedua tentang bepergian ke negara itu dalam waktu kurang dari sepekan, mendorong spekulasi bahwa Arab Saudi mendorong boikot terhadap Ankara di tengah ketegangan yang disebabkan oleh pembunuhan mengerikan jurnalis Jamal Khashoggi.

Kedutaan Saudi di Ankara memperingatkan warga Saudi yang berkunjung ke Turki untuk melindungi barang-barang mereka, mengklaim peningkatan jumlah kasus pencurian paspor Saudi di Istanbul.

Pekan lalu, kedutaan mengeluarkan peringatan yang sama, mengklaim bahwa geng Turki yang menargetkan turis Saudi telah mencuri paspor 165 warga Saudi di lingkungan Istanbul yang populer di kalangan turis.

"Pencurian dan pencopetan tidak terbatas pada wisatawan Saudi, tetapi kami telah mendengar kasus serupa di antara wisatawan Arab," ujar D'Affaires di Konsulat Saudi di Istanbul Meshary Al-Thyaby seperti dikutip oleh Asharq al-Awsat .

Peringatan itu datang ketika pembunuhan Khashoggi tampaknya memiliki efek negatif pada perjalanan Saudi ke Turki, ketika seruan tumbuh di Riyadh untuk memboikot Ankara.

Hubungan antara Turki dan Arab Saudi merosot ke posisi terendah baru setelah Khashoggi dibunuh oleh regu pembunuh di dalam konsulat Saudi di Istanbul Oktober lalu.

Pemerintah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan adalah yang pertama melaporkan pembunuhan Khashoggi dan sejak itu terus menekan Riyadh untuk mendapatkan informasi tentang keberadaan badannya yang terpotong-potong, yang masih hilang.

CIA telah menyimpulkan dalam penilaiannya bahwa pembunuhan itu diperintahkan oleh Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

Dalam apa yang tampaknya merupakan serangan terselubung terhadap Erdogan, bin Salman memperingatkan agar tidak "mengeksploitasi" pembunuhan itu untuk kepentingan politik bulan lalu.

Setiap tahun ratusan ribu wisatawan Saudi mengunjungi Turki, di mana mereka menghabiskan rata-rata $ 500 (450 euro) sehari, menurut sebuah studi tahun 2018 oleh Pusat Penelitian dan Studi Islam King Faisal di Riyadh.

Namun angka itu sedang menurun dan Saudi, yang juga di antara pembeli dan investor properti top di Turki, secara aktif didorong oleh media dan pengguna media sosial untuk menghindari negara itu sebagai tujuan wisata.

Selama beberapa bulan terakhir, beberapa outlet Saudi telah menerbitkan artikel dengan judul seperti "Jangan pergi ke Turki" dan "Turki tidak aman."

Peringatan resmi dari kedutaan Saudi di Ankara juga telah menerima liputan luas di berbagai jaringan, termasuk Al Arabiya.

Kementerian pariwisata Turki mengatakan kedatangan pengunjung Saudi telah turun lebih dari 30 persen dalam lima bulan pertama tahun 2019 tahun.

Beberapa nasionalis Saudi bahkan menyerukan boikot produk-produk Turki setelah sebuah video mendahului pembunuhan Khashoggi muncul kembali baru-baru ini, memperlihatkan gubernur Riyadh Faisal bin Bandar menolak tawaran kopi Turki.[fq/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X