Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.800 views

Remaja Hijrah, Siapa Takut?

 

Oleh:

Oktavia Nurul Hikmah, S.E

Pengasuh MT Remaja Kedamean, tinggal di Gresik

 

SOBAT, telah berlalu 1441 tahun semenjak hijrah Rasulullah yang pertama kali di bumi Madinah. Perjalanan yang penuh bahaya bersama sahabat Abu Bakar ra. berujung akhir yang indah. Rasulullah disambut penuh sukacita oleh masyarakat Madinah. Bahkan, sekalipun banyak di antara mereka belum pernah berjumpa dengan Rasulullah sebelumnya. Lantunan shalawat mengiringi kesyahduan pertemuan penduduk Madinah dengan Sang Junjungan yang mereka rindukan.

Hijrah, adalah kemenangan atas Islam. Sejak Rasulullah menerima wahyu untuk pertama kali dan mendakwahkannya kepada manusia, Rasulullah mengalami berbagi ujian yang berat. Tak sedikit di antara kerabat beliau yang memberikan penentangan paling keras atas dakwah. Mereka melewati hari dengan melakukan berbagai hal buruk kepada Rasulullah. Mereka melempar kotoran ke depan kediaman beliau, menyakiti secara lisan maupun perbuatan, serta tak henti memberikan cacian dan ancaman. Tak hanya itu, mereka pun melakukan penyiksaan pada pengikut Rasulullah yang lemah, yaitu dari kalangan budak dan nasab yang kurang terhormat. Mereka melakukannya dengan harapan Rasulullah menghentikan aktivitas dakwahnya serta mencegah manusia untuk memeluk Islam.

Namun, semua harapan itu meleset. Pengikut Rasulullah justru semakin bertambah. Bahkan, beberapa di antaranya adalah penduduk kelas pertama, yaitu dari kalangan yang paling terhormat nasabnya. Kaum kafir Quraisy memutar otak memikirkan strategi lainnya. Mereka tawarkan harta, kedudukan dan wanita bagi Rasulullah dengan syarat Rasulullah mau menghentikan dakwah. Namun, Rasulullah tak bergeming.  Jawaban Rasulullah atas tawaran itu mampu membuktikan, bahwa dunia yang ditawarkan oleh mereka sungguh tak ada artinya dibandingkan kemuliaan Islam.

“Wallahi, Demi Allah. Seandainya mereka meletakkan matahari di tangan kananku, dan bulan di tangan kiriku, agar aku menghentikan dakwah ini, niscaya aku tidak akan menghentikan dakwah ini hingga Allah memenangkannya atau aku binasa”.

Penolakan itu menyadarkan kaum kafir bahwa Rasulullah dan kaum muslimin tidak akan pernah berhenti memperjuangkan keyakinannya. Dan bahwa orientasi perjuangan kaum muslimin tidak sedikitpun karena dunia. Keridhoan Rabbnya, itulah tujuan utama.

Sobat, keteguhan Rasulullah dan para sahabatlah yang menjadikan kita dapat mengenal Islam. Peristiwa hijrah menjadi penanda berdirinya daulah Islam yang pertama. Negara yang menjalankan syariat Islam kaaffah di bawah pimpinan Rasulullah SAW. Negara yang menjalankan politik luar negeri berbasis dakwah dan jihad. Tak heran, Islam berkembang pesat. Dua pertiga bagian dunia pernah menjadi bagian dari daulah Khilafah Islamiyah.

Sobat, misi hijrah Rasulullah tak sekedar pindah tempat bermukim. Hijrah Rasulullah adalah dalam rangka menerapkan syariat Islam secara kaaffah. Beliau berpindah dari kota Makkah yang menolak dakwah, menuju Madinah al Munawarah. Madinah yang telah terwarnai dakwah yang dilakukan duta dakwah     Rasulullah yakni Mushab bin Umair, siap menerima Rasulullah berikut kepemimpinannya. Sejak kedatangan Rasulullah, Madinah diatur seluruhnya dengan hukum Allah. Dengan kata lain, makna hijrah sesungguhnya adalah perpindahan dari kehidupan jahiliyah menuju kehidupan Islam.

Karena hal inilah, esensi hijrah sesungguhnya tetap relevan dengan era kekinian. Dunia tengah berada di era jahiliyah modern. Bukan karena pemeluk Islam telah murtad dari agamanya. Namun karena jumlah kaum muslimin yang banyak, tidak diikuti dengan penerapan Islam secara sempurna. Manusia memeluk agama Islam, namun luput dari ketundukan secara total kepada hukum Allah. Nyatanya, tak ada satu negeri Islam pun yang menerapkan Islam secara kaaffah. 

Sobat, kita pun menjadi korban kejahiliyahan sistem kehidupan. Generasi muslim dibesarkan dengan orientasi kehidupan yang menyimpang. Materi menjadi tujuan utama. Standar kebahagiaan tidak lagi keridhoan Allah, melainkan pencapaian atas materi yang fana. Gempuran paham yang merusak menjadi makanan sehari-hari. Liberalisme, hedonisme, sosialisme, dan kapitalisme berebut merasuki benak generasi Islam. Tak ayal, terlahir insan yang bersyahadat namun paling keras menolak syariat.

Dua fenomena teranyar menjadi bukti paling konkret. Pertama, pemecatan mahasiswa berprestasi di sebuah kampus Islam dengan tuduhan berafiliasi dengan ormas radikal. Pemecatan berdasar asumsi hanya karena sang mahasiswa getol menyampaikan amar makruf nahi munkar. Kampus Islam namun anti dengan dakwah Islam. Bahkan sebelumnya, kampus ini pun mengeluarkan larangan penggunaan cadar.

Kedua, pelolosan disertasi yang menghantam hukum Islam. Sekali lagi, terjadi di sebuah kampus Islam. Si calon doktor mempresentasikan disertasi terkait penghalalan zina di ruang privat. Kejahiliyahan tersebut diluluskan, bahkan dengan nilai memuaskan.

Sobat, bangun kesadaran dirimu. Adalah qadha Allah, engkau terlahir di masa penuh fitnah. Namun, kewarasan harus dipertahankan. Jangan diam. Berbuatlah untuk keselamatan imanmu. Langkahkan kaki menuju forum ilmu yang diberkahi. Jadikan Al Quran dan As Sunah sebagai pedoman. Bentengi diri dengan pemahaman Islam agar tak tergerus paham yang menyesatkan.

Jagalah keistiqamahan dengan aktif mendakwahkan Islam. Bukanlah Allah telah menjamin, barang siapa menolong agama Allah maka Allah akan menolong urusannya. Jadikan Allah sebagai penolong yang utama. Karena hanya dengan kekuasaan Allah lah kita mampu selamat dari fitnah akhir dunia. Bergegaslah menyerukan Islam kaaffah kepada manusia. Karena penerapan Islam kaaffah adalah esensi hijrah yang sesungguhnya. Katakan dengan lantang, “Saya siap berhijrah menuju penerapan Islam kaaffah”.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Ayo Berbagi untuk Yatim, Jompo dan Lansia. Raih Peluang Surga dan Amalan Jihad.!!

Ayo Berbagi untuk Yatim, Jompo dan Lansia. Raih Peluang Surga dan Amalan Jihad.!!

IDC akan menggelar santunan yatim, jompo dan lansia bertepatan dengan peresmian Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya. Mari berjihad bersama Yatim dan dhuafa, peluang masuk surga bersama Nabi sedekat...

[Sakit Langka] Sekujur Kulit Luka Mengelupas, Ustadzah Maula Tak Bisa Berdakwah, Ayo Bantu.!!

[Sakit Langka] Sekujur Kulit Luka Mengelupas, Ustadzah Maula Tak Bisa Berdakwah, Ayo Bantu.!!

Pengasuh Madrasah Diniyah Tarbiyatut Tholabah Purbalingga ini diuji Allah dengan penyakit langka. Kulit di sekujur tubuhnya mengelupas, bersisik, luka bernanah, gatal dan nyeri cekot-cekot....

Pekan Ketiga IDC Serahkan Bantuan 29 Juta, Khaulah Bayi Prematur Masih Kristis. Ayo Bantu..!!

Pekan Ketiga IDC Serahkan Bantuan 29 Juta, Khaulah Bayi Prematur Masih Kristis. Ayo Bantu..!!

Di pekan ketiga IDC sudah serahkan donasi 29 juta rupiah untuk biaya perawatan Khaulah Kamilah. Bayi prematur anak ustadz aktivis dakwah ini masih dirawat intensif inkubator di rumah sakit Anna...

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Sudah 6 hari Kamilah tergolek kritis di rumah sakit. Terlahir prematur nafasnya terganggu, paru-paru belum sempurna, dan infeksi darah. Ustadz Fadhil, sang ayah adalah guru pesantren dan aktivis...

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

IDC Tuntas Bangun Mushalla Korban Gempa Banjarnegara, Donasi 74 Juta Rupiah Sudah Disalurkan

Alhamdulillah... Mushalla Al-Muhaimin Kasinoman korban gempa Banjarnegara, kembali berdiri dengan gagah setelah dibangun dari program Wakaf IDC sebesar 74 juta rupiah...

Latest News
Bahas RUU KUHP dan RUU P-KS, MUI Undang DPR

Bahas RUU KUHP dan RUU P-KS, MUI Undang DPR

Rabu, 18 Sep 2019 23:46

Malaysia Tangkap Lebih dari 20 Migran Ilegal

Malaysia Tangkap Lebih dari 20 Migran Ilegal

Rabu, 18 Sep 2019 23:23

Makanan Kaya Zat Besi dapat Membatalkan Manfaat Antikanker Tomat

Makanan Kaya Zat Besi dapat Membatalkan Manfaat Antikanker Tomat

Rabu, 18 Sep 2019 23:00

Prancis Kirim Ahli untuk Penyelidikan Serangan Minyak Saudi

Prancis Kirim Ahli untuk Penyelidikan Serangan Minyak Saudi

Rabu, 18 Sep 2019 22:15

Terkait Sertifikasi Produk Halal, Ombudsman Jangan Lampaui Kewenangan

Terkait Sertifikasi Produk Halal, Ombudsman Jangan Lampaui Kewenangan

Rabu, 18 Sep 2019 21:53

Aktor dan Musisi Rusia Lakukan Protes untuk Mendukung Demonstran yang Dipenjara

Aktor dan Musisi Rusia Lakukan Protes untuk Mendukung Demonstran yang Dipenjara

Rabu, 18 Sep 2019 21:30

Trump Tolak Bertemu dengan Presiden Iran

Trump Tolak Bertemu dengan Presiden Iran

Rabu, 18 Sep 2019 21:10

61 Persen Warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza Ingin Presiden Mahmoud Abbas Mundur

61 Persen Warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza Ingin Presiden Mahmoud Abbas Mundur

Rabu, 18 Sep 2019 21:00

Blok Kanan Netanyahu Gagal Peroleh Suara Mayoritas dalam Pemilu Parlemen Israel

Blok Kanan Netanyahu Gagal Peroleh Suara Mayoritas dalam Pemilu Parlemen Israel

Rabu, 18 Sep 2019 20:56

Industri Pertahanan Turki Dipamerkan di Istanbul Teknofest

Industri Pertahanan Turki Dipamerkan di Istanbul Teknofest

Rabu, 18 Sep 2019 20:53

Majelis Ormas Islam Kritisi RUU KUHP

Majelis Ormas Islam Kritisi RUU KUHP

Rabu, 18 Sep 2019 20:43

Pasukan Keamanan Israel Tembak Mati Wanita Palestina di Pos Pemeriksaan di Tepi Barat

Pasukan Keamanan Israel Tembak Mati Wanita Palestina di Pos Pemeriksaan di Tepi Barat

Rabu, 18 Sep 2019 20:30

Arab Saudi Diam-diam Jual Konsulat Mereka di Istanbul Tempat Pembunuhan Jamal Khashoggi

Arab Saudi Diam-diam Jual Konsulat Mereka di Istanbul Tempat Pembunuhan Jamal Khashoggi

Rabu, 18 Sep 2019 20:04

Polemik Film The Santri, UAS: Ini Bukan Anak Pesantren

Polemik Film The Santri, UAS: Ini Bukan Anak Pesantren

Rabu, 18 Sep 2019 19:57

Pasokan Minyak Saudi Sudah Kembali Normal Pasca Serangan

Pasokan Minyak Saudi Sudah Kembali Normal Pasca Serangan

Rabu, 18 Sep 2019 19:04

‘Islam Ramah’ yang Tak Ramah

‘Islam Ramah’ yang Tak Ramah

Rabu, 18 Sep 2019 18:54

Kirim Relawan Ditolak Riau, Anies Ucapkan Syukur Api Sudah Padam

Kirim Relawan Ditolak Riau, Anies Ucapkan Syukur Api Sudah Padam

Rabu, 18 Sep 2019 18:49

AS Gugat Mantan Karyawan NSA Edward Snowden Terkait Buku Terbaru

AS Gugat Mantan Karyawan NSA Edward Snowden Terkait Buku Terbaru

Rabu, 18 Sep 2019 18:48

Kejanggalan Dewan Pengawas KPK

Kejanggalan Dewan Pengawas KPK

Rabu, 18 Sep 2019 18:09

Iran Tahan 3 Warga Australia atas Tuduhan Mata-mata

Iran Tahan 3 Warga Australia atas Tuduhan Mata-mata

Rabu, 18 Sep 2019 17:47


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X