Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.157 views

Generasi yang Siap Bertanggung Jawab

KASUS pembunuhan terhadap anaknya sendiri yang dilakukan oleh remaja berinisial SNI (18) di dalam toilet Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman pada Rabu 24 Juli sekira mendapat kritikan pedas dari masyarakat. Dari keterangan SNI mengatakan bahwa sejatinya tak ingin hal ini terjadi. Namun, lantaran belum siap menikah dan belum siap punya anak, ia pun terpaksa melakukan hal itu (news.okezone.com, 28/07/2019).

“Sebenarnya tidak mau kawin cepat, cuma karena faktor begini kan, jadi kawin.” kata seorang remaja ketika ditemui BBC News Indonesia. Ia beralasan, karena hamil di luar nikah, dirinya terpaksa menikah di usia yang masih dini. Namun, kehamilannya tidak banyak diketahui tetangganya. Tercatat setidaknya 12 kasus pernikahan anak di kamp pengungsian korban gempa dan tsunami yang tersebar di Palu, Sigi, dan Donggala di Sulawesi Tengah tersebut. (kompas.com, 26/07/2019).

Sekulerisme telah memberi ruang kebebasan pada remaja dalam berperilaku kemaksiatan yang mencabut fitrah manusia. Ide kebebasan yang diusung kapitalisme, menyebabkan bertambah rusak moral generasi bangsa ini. Hingga masalah seks bebas di kalangan remaja pun sangat mengkhawatirkan.

Negara pun telah gagal mendidik remaja berkarakter (siap bertanggung jawab pada pilihannya) dan melindungi mereka dari pergaulan bebas. Merosotnya pemahaman agama menyebabkan keimanan masyarakat menipis. Paham liberal (kebebasan) yang telah mewarnai kehidupan menjadikan remaja bebas berbuat apa saja. Termasuk seks bebas. Jikapun sampai hamil, pilihan yang diambil adalah aborsi atau buang bayi.

Sebenarnya secara fitrah manusia memiliki naluri kasih-sayang. Keberadaannya Allah maksudkan untuk melangsungkan keturunan. Hanya saja naluri ini tidak boleh diumbar bebas. Dalam memenuhinya haruslah melalui hubungan yang halal, yaitu dengan pernikahan.

Dalam pandangan Islam aktivitas zina jelas tercela dan berdosa. Allah SWT berfirman: “Dan janganlah kamu mendekati zina,  sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (TQS. al-Isra’: 32).

Salah satu tujuan didatangkannya syariat Islam ke permukaan bumi adalah untuk menjaga kesucian manusia dan masyarakat, serta menjaga kebersihan garis keturunan keluarga (nasab). Praktik seks bebas (perzinaan) jelas-jelas akan menodai kesucian manusia dan merusak nasab, meskipun dilakukan atas dasar suka sama suka.

Dalam pandangan Islam, makna kebahagiaan yang benar bukanlah memperoleh kepuasan materi atau jasmani. Kebahagiaan tidak akan ditemukan dalam aktivitas gaul bebas, malah berujung kesengsaraan. Sudah merusak diri dengan menghancurkan masa depan, dan risiko tertular berbagai penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS pun kian tinggi.

Selain itu, semoga kita tidak lupa dengan sabda Rasulullah Saw: “Apabila telah tampak perzinaan dan riba di suatu daerah, maka penduduk daerah itu telah menghalalkan diri mereka sendiri untuk mendapatkan azab Allah.” (HR. ath-Thabrani, al-Hakim dari Ibu Abbas, dalam kitab Datuk Kabur Jilid I hal. 132).

Nah, kalau masyarakat tidak menghendaki tertimpa azab dari Allah SWT yang pedih, harus ada kesadaran dan aksi mengakhiri aktivitas yang mengundang kerusakan ini. Harus ada kepedulian dari pihak keluarga, masyarakat dan negara untuk melindungi generasi.

Sesungguhnya, Islam merupakan sistem paripurna, dapat melindungi remaja dari kemaksiatan dan mendidik mereka dengan karakter (syakhshiyyah) Islam. Generasi yang siap bertanggung jawab di hadapan Allah SWT dalam menjalani kehidupan dunia.

Di dalam sistem Islam, akan dibentuk pola pikir dan pola sikap remaja yang Islami. Aturan pergaulan Islam juga diterapkan, berupa perintah menutup aurat, larangan pacaran, mencegah berdua-duaan (khalwat). Dihindari pula campur baur antara laki-laki dan perempuan tanpa keperluan (ikhtilat). Kemudian, negara akan meningkatkan pengawasan sosial bagi remaja dan masyarakat. Menutup tempat-tempat rawan terjadinya kemaksiatan, dan membrandel media-media serta situs yang “menjajakan” konten pornografi.

Berikutnya, negara akan memberikan sanksi yang berat bagi pelaku seks bebas (zina). Mereka yang bergaul bebas tersebut sebenarnya adalah pelaku kriminal yang layak diganjar hukuman, apalagi sampai berzina. Dalam Islam, sanksi bagi pelaku zina akan membuat gentar. Yakni, dijilid (dicambuk 100 kali) bagi yang lajang, atau dirajam sampai mati bagi yang sudah menikah. Hingga orang akan berpikir ribuan kali sebelum melakukan maksiat ini.

Patut direnungkan pemuda teladan di masa kejayaan Islam. Usia 14 tahun, sudah hafal al-Qur’an dan menguasai 6 bahasa dunia. Di usia 21 tahun menggantikan ayahnya sebagai khalifah di kekhilafahan Turki Ustmani. Ia rajin ibadah dan ahli taktik militer Kekuasaan Byzantium yang adigdaya pun takluk di tangan sang pemuda, Muhammad Al Fatih.

Di masa Rasulullah Saw dan para Khulafaur-Rasyiddin saat dijalankan syariat Islam dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, masyarakat hanya disuguhi dengan nilai-nilai Islam. Generasi yang hidup di bawah sistem Islam pun tumbuh menjadi insan yang bertakwa, produktif berkarya dan siap menjadi Khoiru Ummah. Untuk mewujudkan generasi yang terbaik saat ini, syariah Islam pun harus diterapkan kembali dalam mengatur kehidupan.* Pemerhati Masalah Sosial dan Generasi. Berdomisili di HSS, Kalimantan Selatan

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Lampaui Target Vaksinasi 100.000 Orang/Hari, Pemprov DKI Apresiasi Antusiasme Masyarakat

Lampaui Target Vaksinasi 100.000 Orang/Hari, Pemprov DKI Apresiasi Antusiasme Masyarakat

Jum'at, 25 Jun 2021 02:19

Ingatkan Warga, Dinkes Garut: Varian Baru Covid-19 Banyak Menyerang Anak-anak

Ingatkan Warga, Dinkes Garut: Varian Baru Covid-19 Banyak Menyerang Anak-anak

Jum'at, 25 Jun 2021 01:42

PP Muhammadiyah Meminta Wacana Pembelajaran Tatap Muka kembali Ditunda

PP Muhammadiyah Meminta Wacana Pembelajaran Tatap Muka kembali Ditunda

Jum'at, 25 Jun 2021 00:10

Fenomena Dakwah Copy-Paste

Fenomena Dakwah Copy-Paste

Kamis, 24 Jun 2021 23:35

UMY dan PBI DIY Selenggarakan Training Kewirausahaan Bekam

UMY dan PBI DIY Selenggarakan Training Kewirausahaan Bekam

Kamis, 24 Jun 2021 22:33

Indonesia Darurat Sampah dan Limbah, Anggota FPKS Sesalkan Pengurangan Anggaran

Indonesia Darurat Sampah dan Limbah, Anggota FPKS Sesalkan Pengurangan Anggaran

Kamis, 24 Jun 2021 21:29

Kasus Covid Melonjak, Senator Ingatkan Stok Darah Harus Tetap Terjaga

Kasus Covid Melonjak, Senator Ingatkan Stok Darah Harus Tetap Terjaga

Kamis, 24 Jun 2021 20:54

Penumpang KRL di Stasiun Cikarang Jalani Swab Tes Antigen

Penumpang KRL di Stasiun Cikarang Jalani Swab Tes Antigen

Kamis, 24 Jun 2021 19:48

MUI:  Di Zona Merah, Tidak Diperkenankan Sholat Idul Adha dan Shalat Jamaah di Luar Rumah

MUI: Di Zona Merah, Tidak Diperkenankan Sholat Idul Adha dan Shalat Jamaah di Luar Rumah

Kamis, 24 Jun 2021 18:26

Jangan Lupakan Piagam Jakarta

Jangan Lupakan Piagam Jakarta

Kamis, 24 Jun 2021 17:46

Pejabat PBB: Taliban Rebut 50 Dari 370 Distrik Di Afghanistan

Pejabat PBB: Taliban Rebut 50 Dari 370 Distrik Di Afghanistan

Kamis, 24 Jun 2021 17:08

Tinjau Pemakaman Khusus Covid-19, Anies: Meski Luas Tolong Jangan Dipenuhi

Tinjau Pemakaman Khusus Covid-19, Anies: Meski Luas Tolong Jangan Dipenuhi

Kamis, 24 Jun 2021 16:17

Covid-19 Meningkat, MUI-BNPB Sarankan Perketat Protokol Kesehatan Saat Berqurban

Covid-19 Meningkat, MUI-BNPB Sarankan Perketat Protokol Kesehatan Saat Berqurban

Kamis, 24 Jun 2021 15:08

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Tutup hingga 5 Juli

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Tutup hingga 5 Juli

Kamis, 24 Jun 2021 14:41

Akhiri Pembelahan Politik, Indonesia Perlu Sumpah Ketiga

Akhiri Pembelahan Politik, Indonesia Perlu Sumpah Ketiga

Kamis, 24 Jun 2021 13:58

Kasus RS Ummi, Habib Rizieq Divonis Empat Tahun Penjara

Kasus RS Ummi, Habib Rizieq Divonis Empat Tahun Penjara

Kamis, 24 Jun 2021 12:20

Solo Madani Indonesia Jaya Sampaikan Resolusi kepada Presiden, MPR dan DPR

Solo Madani Indonesia Jaya Sampaikan Resolusi kepada Presiden, MPR dan DPR

Kamis, 24 Jun 2021 11:51

Kasus Covid-19 Semakin Buruk, Politisi PKS: Opsi PSBB Harus Segera Diambil

Kasus Covid-19 Semakin Buruk, Politisi PKS: Opsi PSBB Harus Segera Diambil

Kamis, 24 Jun 2021 10:49

Bohong dalam Delik Bohong

Bohong dalam Delik Bohong

Kamis, 24 Jun 2021 09:37

Legislator Gerindra: Pemerintah Harus Punya Skenario Kurangi Utang Luar Negeri

Legislator Gerindra: Pemerintah Harus Punya Skenario Kurangi Utang Luar Negeri

Kamis, 24 Jun 2021 08:37


MUI

Must Read!
X