Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.126 views

Smart dan Taat Syariat, Hebat!

 

Oleh: Desi Wulan Sari

Remaja adalah masa seorang anak mencari jati diri. Ia ingin menujukkan siapa dirinya dan bagaimana lingkungan menerima keberadaannya di tengah-tengah masyarakat.

Hakikatnya, dalam Islam sebenarnya tidak mengenal istilah masa remaja. Islam mengenal masa baligh dan pra-baligh. Masa baligh adalah masa seorang muslim sudah terbebani hukum Islam, sehingga sudah memiliki kewajiban untuk melaksanakan syariat Islam yang terbebankan. Sementara masa pra-baligh adalah masa anak-anak yang tidak ada beban hukum kepadanya.

Masa ini dalam proses berlatih untuk taat kepada aturan-aturan Allah. Oleh karenanya masa ini dibutuhkan peranan orang tua untuk memahamkan anak hukum-hukum syariah. Sekolah dan tempat belajar agama juga harus memiliki kurikulum dalam menyiapkan generasi dambaan umat. Karena tanpa persiapan ilmu pada masa pra-baligh, maka dapat ditebak bagimana mereka akan menjalani kehidupan tanpa arah dan pegangan hidup seorang muslim, yaitu jalan kehancuran bagi generasi muda di zaman ini.

Sebagai remaja muslim seharusnya menyadari bahwa Rasulullah adalah teladan yang patut mereka tiru. Ketaatan kepada Allah adalah cermin perilaku sehari-hari, sehingga aktivitas remaja adalah aktivitas yang penuh dengan ketaatan kepada Allah. Semangat dalam menuntut ilmu, berbakti kepada kedua orang tua, tutur kata yang terpancar dari akhlak seorang muslim dan bahkan sebagai remaja yang saling peduli dan mengingatkan kepada sesama.

Bagaimana mungkin bila kita tidak jatuh cinta pada remaja dengan kriteria seperti ini, yang taat syariat. Remaja yang selalu melindungi dirinya karena takut pada perintah Allah,  demi menjaga kehormatan dirinya sebagai seorang  muslim. Banyak karakter bernilai tinggi yang ditawarkan dalam dirinya. Tetapi jangan lupa, karakter dan kepribadian remaja yang selalu membuat jatuh hati siapa pun yang melihat kepribadiannya harus dibina sejak dini dan menanamkan kecintaan pada Rabb sang pencipta alam semesta ini.

Adapun karakter remaja muslim yang harus dimiliki ada 6, antara lain:

✓Pertama, remaja yang selalu menyeru kepada alhaq (kebenaran).

✓Kedua, mereka mencintai Allah dan Allah pun mencintai mereka.

✓Ketiga, mereka saling melindungi dan saling mengingatkan satu sama lain serta taat menjalankan ajaran agama.

✓Keempat, mereka adalah remaja yang memenuhi janjinya kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

✓Kelima, mereka tidak ragu-ragu dalam berkorban dengan jiwa dan harta mereka untuk kepentingan Islam.

✓Keenam, remaja yang (tumbuh) selalu beribadah kepada Allah dan hatinya senantiasa terpaut dengan masjid.

Melalui remaja dengan karakteristik di atas, sejatinya Islam mampu menyingkirkan segala macam bentuk kekuatan kedzaliman. Karena Kemaksiatan masif sedang ditawarkan oleh  sistem sekuler saat ini dengan 3F nya (Food, Fashion, and Fun). 

Godaan yang Mematikan

Layaknya racun, 3F (food, fashion, and fun) ini juga bisa dikatakan racunnya para remaja era sepilis. Terlebih sistem sekulerisme sedang disebarkan secara masif dengan tujuan merusak pemikirian dan ideologi hidup remaja muslim yaitu menawarkan gaya hidup bebas dan menyenangkan. Kelemahan Iman dan kurangnya pemahaman akan bahaya racun sekuleris, para remaja muslim  akan mudah jatuh dalam perangkap kemaksiatan.

Godaan kesenangan yang ditawarkan lambat laun  akan mematikan rasa keimanan, bertoleransi dengan kemaksiatan, dan pemikiran yang semakin sempit bagi remaja  muslim manapun saat dihadapkan dengan musuh Islam zaman milenial ini.

Adapun 3F yang dimaksud antara lain:

Food: Dengan aneka jenis makanan yang secara kesehatan merusak, namun harganya mahal, dan bisa jadi pula kehalalannya dipertanyakan.Islam telah menyatakan bahwa apa yang dimakan bisa membentuk sesoerang. Makanan yang haram masuk ke dalam tubuh akan merusak jiwanya. Orang Islam saat ini, kehati-hatian terhadap apa yang dimakan pun semakin sedikit. Tidak peduli lagi mana halal mana haram, yang penting enak dan bergengsi. Atau bahkan makanan sehari-hari pun tidak dipertanyakan kehalalannya. Halal tidak hanya sekedar masalah bahan makanannya, namun juga cara mendapatkan makanan tersebut.

Fashion: Tidak hanya bicara soal pakaian. Mode, gadget dan kendaraan sekarang telah masuk ke jenis barang fashion. Bukan lagi membeli fungsi, namun membeli tampilan. Pakaian sangat ala barat bisa dilihat di negeri-negeri timur. Bahkan para muslimah pun lebih suka mengikuti modenya daripada fashion Islam yang telah dipersepsikan kuno-ketinggalan jaman. Perempuan menjadi objek utama perang fashion ini. Meski laki-laki tidak juga luput, namun dampak perang pemikiran mengenai fashion ini benar-benar sangat terlihat di kalangan perempuan.

Fun:  Hiburan, betapa hiburan masa kini benar-benar telah menjauhkan seseorang dari agamanya. seperti pacaran, musik, game, Dll. Membuat umat  lupa waktu, hingga lupa shalat hanya karena sedang jalan-jalan entah dimana atau sedang ada acara apa. Atau mengakhirkan shalat yang sebenarnya bisa dilakukan ketika nonton acara, padahal lebih tau mana yang harus di dahulukan. Jadwal film yang nabrak waktu shalat (maghrib terutama). Bahkan perlu di pertanyakan pada organisasi atau acara-acara kampus yang tidak peduli waktu shalat. Yang memaksa menunda waktu shalat dan mengakhirkannya dengan alasan, acara belum beres. Atau sengaja menabraknya.

Kerusakan yang telah ditimbulkan 3F ini telah banyak memakan korban remaja diseluruh dunia. Seperti pergaulan bebas, hidup seenaknya tanpa aturan, korban pelecehan seksual, banyaknya penyakit karena makanan tidak sehat, penyimpangan seksual, narkoba, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi menjadi satu nilai lebih bagi seorang remaja muslim yang mampu bertahan dan dapat menepis  godaan-godaan racun tersebut dengan istiqomah dan mempertahankan harga diri, pemikiran, ketakwaan serta keimanan yang tidak tergoyahkan.

Allah Ta’ala berfirman,

وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imron [3]: 104).

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bagi remaja muslim saat ini, para orangtua, pengajar, pendidik, ustaz, kyai dan cendekiawan muslim fokus dalam memberikan perhatian, bimbingan, dan kesempatan bagi mereka untuk berkiprah dalam masyarkat, menberikan pencerahan, motivasi atau dengan kata lain menjadi influencer remaja muslim, berbekal ilmu Islam yang kuat.  Remaja muslim taat syariat sebagai penggerak remaja lainnya dalam ketaatan untuk memerangi gaya hidup yang bukan datang dari Islam. Kembali kepada aturan Islam kaffah yang akan membawa keselamatan dunia dan akhirat bagi remaja Islam manapun di seluruh dunia.

Wallahu a'lam bishawab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Tak Punya Biaya, Yatim Piatu Berprestasi ini Putus Sekolah, Ayo Bantu !!!

Kanaya Shersabila, yatim piatu segudang prestasi ini tak bisa sekolah lagi karena tak punya biaya. Sang nenek yang jadi tulang punggung keluarga tak bisa mencari nafkah karena sudah uzur sakit-sakitan....

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Latest News
Ingatkan Warga, Dinkes Garut: Varian Baru Covid-19 Banyak Menyerang Anak-anak

Ingatkan Warga, Dinkes Garut: Varian Baru Covid-19 Banyak Menyerang Anak-anak

Jum'at, 25 Jun 2021 01:42

PP Muhammadiyah Meminta Wacana Pembelajaran Tatap Muka kembali Ditunda

PP Muhammadiyah Meminta Wacana Pembelajaran Tatap Muka kembali Ditunda

Jum'at, 25 Jun 2021 00:10

Fenomena Dakwah Copy-Paste

Fenomena Dakwah Copy-Paste

Kamis, 24 Jun 2021 23:35

UMY dan PBI DIY Selenggarakan Training Kewirausahaan Bekam

UMY dan PBI DIY Selenggarakan Training Kewirausahaan Bekam

Kamis, 24 Jun 2021 22:33

Indonesia Darurat Sampah dan Limbah, Anggota FPKS Sesalkan Pengurangan Anggaran

Indonesia Darurat Sampah dan Limbah, Anggota FPKS Sesalkan Pengurangan Anggaran

Kamis, 24 Jun 2021 21:29

Kasus Covid Melonjak, Senator Ingatkan Stok Darah Harus Tetap Terjaga

Kasus Covid Melonjak, Senator Ingatkan Stok Darah Harus Tetap Terjaga

Kamis, 24 Jun 2021 20:54

Penumpang KRL di Stasiun Cikarang Jalani Swab Tes Antigen

Penumpang KRL di Stasiun Cikarang Jalani Swab Tes Antigen

Kamis, 24 Jun 2021 19:48

MUI:  Di Zona Merah, Tidak Diperkenankan Sholat Idul Adha dan Shalat Jamaah di Luar Rumah

MUI: Di Zona Merah, Tidak Diperkenankan Sholat Idul Adha dan Shalat Jamaah di Luar Rumah

Kamis, 24 Jun 2021 18:26

Jangan Lupakan Piagam Jakarta

Jangan Lupakan Piagam Jakarta

Kamis, 24 Jun 2021 17:46

Pejabat PBB: Taliban Rebut 50 Dari 370 Distrik Di Afghanistan

Pejabat PBB: Taliban Rebut 50 Dari 370 Distrik Di Afghanistan

Kamis, 24 Jun 2021 17:08

Tinjau Pemakaman Khusus Covid-19, Anies: Meski Luas Tolong Jangan Dipenuhi

Tinjau Pemakaman Khusus Covid-19, Anies: Meski Luas Tolong Jangan Dipenuhi

Kamis, 24 Jun 2021 16:17

Covid-19 Meningkat, MUI-BNPB Sarankan Perketat Protokol Kesehatan Saat Berqurban

Covid-19 Meningkat, MUI-BNPB Sarankan Perketat Protokol Kesehatan Saat Berqurban

Kamis, 24 Jun 2021 15:08

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Tutup hingga 5 Juli

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre Tutup hingga 5 Juli

Kamis, 24 Jun 2021 14:41

Akhiri Pembelahan Politik, Indonesia Perlu Sumpah Ketiga

Akhiri Pembelahan Politik, Indonesia Perlu Sumpah Ketiga

Kamis, 24 Jun 2021 13:58

Kasus RS Ummi, Habib Rizieq Divonis Empat Tahun Penjara

Kasus RS Ummi, Habib Rizieq Divonis Empat Tahun Penjara

Kamis, 24 Jun 2021 12:20

Solo Madani Indonesia Jaya Sampaikan Resolusi kepada Presiden, MPR dan DPR

Solo Madani Indonesia Jaya Sampaikan Resolusi kepada Presiden, MPR dan DPR

Kamis, 24 Jun 2021 11:51

Kasus Covid-19 Semakin Buruk, Politisi PKS: Opsi PSBB Harus Segera Diambil

Kasus Covid-19 Semakin Buruk, Politisi PKS: Opsi PSBB Harus Segera Diambil

Kamis, 24 Jun 2021 10:49

Bohong dalam Delik Bohong

Bohong dalam Delik Bohong

Kamis, 24 Jun 2021 09:37

Legislator Gerindra: Pemerintah Harus Punya Skenario Kurangi Utang Luar Negeri

Legislator Gerindra: Pemerintah Harus Punya Skenario Kurangi Utang Luar Negeri

Kamis, 24 Jun 2021 08:37

Anis Matta: Sumpah Palapa Bisa Jadi Spirit Akhiri Pembelahan dan Fokus Capai Lima Besar Dunia

Anis Matta: Sumpah Palapa Bisa Jadi Spirit Akhiri Pembelahan dan Fokus Capai Lima Besar Dunia

Kamis, 24 Jun 2021 07:34


MUI

Must Read!
X