Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.112 views

Tahan Lidah dari Body Shaming

Oleh: Eresia Nindia W

"Wah lama gak jumpa, sekarang makin buncit aja ya.."

Celetukan di atas jamak ditemui di masyarakat kita. Kalimat basa-basi yang dimaksudkan untuk membuka percakapan, namun bermuatan body shaming. Bentuk tubuh, ukuran tubuh, keadaan wajah, bentuk anggota badan, warna kulit, hingga jenis rambut pun tidak luput untuk dikomentari. Kurang lengkap rasanya sebuah perjumpaan jika tidak ada komentar atas fisik. Tidak peduli lagi bila yang dikomentari merasa tidak nyaman bahkan sakit hati.

Body shaming adalah bentuk dari tindakan mengejek/menghina dengan mengomentari fisik (bentuk maupun ukuran tubuh) dan penampilan seseorang.

Dahulu, komentar atas fisik orang lain terjadi dalam percakapan verbal dan tatapmuka. Di reuni, di arisan, di pos ronda, di mamang sayur. Saat ini, saat sosial media menggeser artikulasi verbal manusia dengan ketikan pada kolom status dan komentar, body shaming menjadi tidak terkendali.

Dahulu, komentar atas fisik orang lain terjadi pada orang yang saling kenal satu sama lain. Antar rekan kuliah, tetangga, teman satu sekolah, teman kantor, orangtua murid. Sekarang, saat sosial media sanggup menguliti bilik paling pribadi manusia, body shaming bisa dilontarkan dengan mudah oleh siapa pun di internet. Semua warganet bisa melakukan body shaming di akun selebritas, model, asatidz, chef, atlit olahraga, bahkan di akun ibu rumahtangga biasa. Diketik, dikirim, dibaca oleh semua orang. Tanpa filter, tanpa malu, tanpa sungkan, tanpa memikirkan perasaan pemilik akun.

Karena Lidah Berujung Petaka

Lidah memang tidak bertulang. Sakit karena luka fisik bisa sembuh dan berangsur hilang bekasnya. Namun luka karena tajamnya lidah bisa menerbitkan dendam pada hati orang lain. Lihat saja kasus AH (40) yang tega menghabisi satu keluarga manajer PT Domas di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara (22/10 lalu). Motif AH adalah sakit hati dan dendam karena badannya yang besar sering dihina oleh keluarga tersebut dengan sebutan 'gajah'. (Nakita.grid.id, 23/10)

Tengok pula apa yang motif yang mengantarkan seorang pemuda di Serang Baru, Bekasi dengan inisial AS (28) saat tega menghabisi nyawa temannya, AA (27). Semua bermula karena AA selalu mengejek bentuk fisik AS yang tidak sempurna. AS yang sudah terlanjur dendam dan gelap mata, tidak mampu berfikir panjang lagi saat menghabisi AA (18/02/2017) lalu. (tribunnews.id, 10/03/2017)

Mengakomodasi maraknya penghinaan verbal baik lisan maupun tulisan, kini pelaku penghinaan pada orang lain termasuk di dalamnya body shaming bisa dijerat oleh UU ITE. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU 19/2016).

Jenis penghinaan bisa dilihat di Pasal 315 KUHP, yang berbunyi:

"Tiap-tiap penghinaan dengan sengaja yang tidak bersifat pencemaran atau pencemaran tertulis yang dilakukan terhadap seseorang, baik di muka umum dengan lisan atau tulisan, maupun di muka orang itu sendiri dengan lisan atau perbuatan, atau dengan surat yang dikirimkan atau diterimakan kepadanya.."

Jika korban merasa terhina atas komentar orang lain secara lisan maupun tulisan lalu melakukan aduan, serta pelaku memenuhi seluruh unsur pidana dan telah melalui proses peradilan pidana, maka pelaku bisa diancam hukuman kurungan paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling banyak 750 juta. Ancaman hukuman yang bukan main-main.

Mengatur Lidah dengan Syariat

Sebagai sebuah jalan hidup, Islam memiliki syariat yang rimbun, termasuk dalam perkara mengatur lidah. Lisan seseorang bisa menghantarkan pada neraka dan surga, tergantung pada perkataan apa yang keluar dari sana.

Sampai Allah SWT menurunkan firman di Q.S. Al Hujurat ayat 11, sebagai teguran bagi shahabat Thabit bin Qais bin Qammas ra. Thabit rajin mendatangi majlis ilmu Rasulullah SAW dan selalu duduk di depan karena keterbatasan pada pendengarannya. Suatu waktu Thabit terlambat datang ke majelis sehingga ia melangkahi beberapa shahabat yang datang sebelumnya supaya ia bisa duduk dekat dengan Rasul. Namun ada seorang shahabat lain yang tidak terima dilangkahi lalu menegur Thabit. Thabit kurang suka ditegur lalu ia menghina ibu dari shahabat yang menegurnya tadi, hingga sang shahabat merasa malu. Maka Allah menurunkan ayat ini untuk mengingatkan Thabit dan muslim lain dari bahaya mengolok-olok.

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." [Q.S. Al Hujurat:11]

Dalam riwayat lain dijelaskan sebuah kisah tentang ejekan para shahabat yang melihat betis Abdullah Ibnu Mas'ud. Saat Rasulullah SAW berjalan bersama para shahabat, Ibnu Mas'ud menaiki pohon arak hendak memetik ranting untuk bersiwak Rasul. Saat menaiki pohon, air bertiup kencang, hingga tersibaklah betis Ibnu Mas'ud yang kecil. Para shahabat yang melihat itu sontak tertawa mengejek dan mengatakan betis Ibnu Mas'ud menyerupai perempuan.

Rasulullah marah melihat tingkah para shahabat, lalu menegur, ”Kalian menertawakan kedua betisnya yang kecil, demi Allah kedua betis Ibnu Mas’ud lebih berat dalam timbangan dibandingkan dengan gunung Uhud” [HR Muslim]

Dari dua riwayat tadi, jelas bahwa bahaya lidah bukan saja dari ghibah, dusta, dan berkata sia-sia. Mengomentari bentuk fisik maupun penampilan orang lain adalah hal tercela bagi seseorang yang mengimani Allah dan RasulNya, apalagi niatnya memang untuk mengejek dan menghina. Hadits “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya dia berkata yang baik atau diam”, menjadi relevan dalam hal ini.

Bagi yang terbiasa mengomentari bentuk fisik dan penampilan orang lain, tentu butuh perjuangan untuk menghilangkannya. Mulai biasakan untuk menghilangkan kalimat pembuka percakapan yang orientasinya fisik. Saat bertemu dengan rekan kajian ataupun teman lama, daripada sibuk mengatakan bahwa pipinya makin tembem atau jerawatnya makin banyak, sibuklah melihat kebaikan dan memujinya.

Jika yakin dia telah berkeluarga dan memiliki anak, tanyakanlah kabar anak-anaknya, sudah usia berapa, sekolah di mana, sekarang sibuk melakukan aktivitas apa, dan hal lain yang membuatnya semangat menjawab pertanyaan kita. Namun jika kita tidak tahu apakah dia sudah berkeluarga dan memiliki anak, fokuslah menyatakan bahwa betapa anda merindukannya, bahwa mengingat masa lalu bersamanya membuat anda bahagia, atau tanyakan bagaimana pekerjaannya saat ini, apakah masih tinggal di rumah yang dulu, dan hal lain yang tidak berkaitan dengan fisik, keluarga, maupun anak.

Yuk, jaga lisan kita dari menyakiti orang lain. Tumbuhkan empati dan berkatalah yang baik. Bila tak sanggup melakukannya, maka diam adalah pilihan yang baik. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
FWB, Worth it Kah?

FWB, Worth it Kah?

Selasa, 09 Aug 2022 08:34

FPKS: Setop Proyek IKN dan Kereta Cepat, Alihkan ke Subsidi BBM

FPKS: Setop Proyek IKN dan Kereta Cepat, Alihkan ke Subsidi BBM

Selasa, 09 Aug 2022 07:59

Angka Perokok Anak Terus Meningkat, Jadikan E-KTP Syarat Beli Rokok

Angka Perokok Anak Terus Meningkat, Jadikan E-KTP Syarat Beli Rokok

Selasa, 09 Aug 2022 07:26

Turki Sangat Prihatin Atas Pembunuhan Berantai 4 Muslim Di New Mexico AS

Turki Sangat Prihatin Atas Pembunuhan Berantai 4 Muslim Di New Mexico AS

Senin, 08 Aug 2022 22:04

Pemimpin Seniornya Terbunuh Dalam Serangan Bom Pinggir Jalan, TTP Salahkan Agen Intelijen Pakistan

Pemimpin Seniornya Terbunuh Dalam Serangan Bom Pinggir Jalan, TTP Salahkan Agen Intelijen Pakistan

Senin, 08 Aug 2022 21:05

Polisi Selidiki Keterkaitan Pembunuhan Berantai 4 Pria Muslim Di AS

Polisi Selidiki Keterkaitan Pembunuhan Berantai 4 Pria Muslim Di AS

Senin, 08 Aug 2022 20:31

Bharada E Sebagai Justice Collaborator, Ferdy Sambo Bisa Gawat

Bharada E Sebagai Justice Collaborator, Ferdy Sambo Bisa Gawat

Senin, 08 Aug 2022 17:21

Ketua Majelis Syuro: PBB Partai Menarik, Bukan Partai Menakutkan

Ketua Majelis Syuro: PBB Partai Menarik, Bukan Partai Menakutkan

Senin, 08 Aug 2022 08:12

Menebar Cahaya di Tengah Gempuran Budaya Jepang

Menebar Cahaya di Tengah Gempuran Budaya Jepang

Senin, 08 Aug 2022 08:04

Ummu Imarah

Ummu Imarah

Senin, 08 Aug 2022 07:42

Pelapor Khusus PBB Sebut Serangan Israel di Gaza 'Ilegal Dan Tidak Bertanggung Jawab'

Pelapor Khusus PBB Sebut Serangan Israel di Gaza 'Ilegal Dan Tidak Bertanggung Jawab'

Ahad, 07 Aug 2022 21:50

Proyek Kereta Cepat Jauh dari Perencanaan dan Bebankan APBN

Proyek Kereta Cepat Jauh dari Perencanaan dan Bebankan APBN

Ahad, 07 Aug 2022 21:25

Korban Tewas Di Gaza Akibat Serangan Israel Naik Jadi 31, Sepuluh Di Antaranya Anak-Anak Dan Wanita

Korban Tewas Di Gaza Akibat Serangan Israel Naik Jadi 31, Sepuluh Di Antaranya Anak-Anak Dan Wanita

Ahad, 07 Aug 2022 21:15

IDEAS: Pemerintah Minim Visi Besarkan Industri Perbankan Syariah

IDEAS: Pemerintah Minim Visi Besarkan Industri Perbankan Syariah

Ahad, 07 Aug 2022 20:59

Garis Waktu: Serangan Zionis Israel Ke Jalur Gaza Sejak 2005

Garis Waktu: Serangan Zionis Israel Ke Jalur Gaza Sejak 2005

Ahad, 07 Aug 2022 20:55

Partai Gelora Resmi Daftar ke KPU

Partai Gelora Resmi Daftar ke KPU

Ahad, 07 Aug 2022 20:41

Korupsi Penyakit Terbesar di Indonesia

Korupsi Penyakit Terbesar di Indonesia

Ahad, 07 Aug 2022 16:00

Mindset Bunuh Diri Nodai Generasi

Mindset Bunuh Diri Nodai Generasi

Ahad, 07 Aug 2022 15:55

Sudah 11 Orang Tewas 80 Lainnya Terluka Akibat Serangan Udara Baru Israel Di Jalur Gaza

Sudah 11 Orang Tewas 80 Lainnya Terluka Akibat Serangan Udara Baru Israel Di Jalur Gaza

Sabtu, 06 Aug 2022 22:36

Serangan Terbaru Zionis Israel Ke Gaza: Bagaimana Dunia Bereaksi Atas Agresi Israel

Serangan Terbaru Zionis Israel Ke Gaza: Bagaimana Dunia Bereaksi Atas Agresi Israel

Sabtu, 06 Aug 2022 21:31


MUI

Must Read!
X

Ahad, 07/08/2022 20:41

Partai Gelora Resmi Daftar ke KPU