Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.609 views

Buku Move On, Kisah Hijrah Anak-anak Muda Bandung

BANDUNG (voa-islam.com) -Tidak bisa dipungkiri, selain terkenal dengan kreativitas anak mudanya, musik, pakaian dan mode, Kota Bandung juga terkenal dengan gangster dan klub motornya yang kerap membuat keributan di jalanan.

Tak jarang juga di antara gangster di Kota Kembang tersebut terjadi perkelahian hingga menimbulkan korban. Permusuhan antar gangster seperti sudah mendarah daging yang benang kusutnya sulit diurai.

Sebut aja misalnya yang terjadi pada geng motor yang cukup terkenal dan besar di Kota Bandung: XTC, GBR, Brigez dan Moonraker. Entah bagaimana awalnya, keempat geng motor tersebut saling bermusuhan satu dengan yang lainnya.

Namun, saat ini semuanya telah berubah. Keempat pimpinan geng tersebut telah mendeklarasikan perdamaian, bahkan mereka dan banyak anggotanya telah melakukan transformasi hidup.

Transformasi hidup yang mereka lakukan bukanlah mengubah hobi sehingga meninggalkan dunia motor dan jalanan. Justru perubahan mereka terjadi dalam masalah cara pandang dan gaya hidup.

Ya, mereka telah berhijrah. Kehidupan mereka yang awalnya jauh dari nilai nilai positif, kini justru lebih dekat Islam dan selalu melakuan berbagai aksi kebaikan.

Istilah “Dulu di jalanan, sekarang di pengajian, dulu tauran sekarang kajian, dulu malak sekarang infaq, dulu ekstasi sekarang prestasi, dulu narkoba sekarang bekarya, dulu di penjara sekarang di musholla, dulu perusak sekarang penggerak” pun menjadi ciri khas dari kisah hijrah mereka.

Oleh karenanya, hal itulah yang membuat seorang penulis yang juga anggota
Jurnalis Islam Bersatu (JITU), Hilman Indrawan tertarik menulis buku berjudul Move On yang mengangkat kisah-kisah hijrah anak-anak gangster Bandung.

Bukah hanya itu, dalam bukunya, juga Hilman menulis kisah hijrah mereka yang berlatar belakang musisi dan atlet. Setidaknya, ada 20 kisah diaabadikan di dalam buku tersebut. “Digambarkan dari kisah ini, berkisah dulu dan sekarang, makanya ada kata Move On yang artinya mereka harus move on dari masa lalu,” ungkap Hilman kepada INA News Agency (INA)—kantor berita yang diinisiasi Jurnalis Islam Bersatu, Sabtu (10/11/2018).

Buku Move On ditulis, menurut Hilman, juga karena dia merasa resah atas sikap anak-anak sekolah yang menjadi anggota geng motor namun tidak mengikuti jejak para seniornya yang telah berhijrah.

Bahkan, kata Hilman, masih banyak dari kalangan remaja yang belum tahu bahwa para senior mereka di geng motor atau di dunia gangster telah berhijrah dan meninggalkan dunia gelap.

Oleh karenanya, kata Hilman, kerusuhan dan tawuran masih kerap dibuat di Bandung oleh para anggota geng motor yang para seniornya sendiri telah berhijrah, meskipun skalanya tidak sebegitu besar seperti dulu.

“Mereka gak tahu para seniornya telah berubah, bahwa group motor ini sudah membaik, maka saya ingin mempublikasikan kepada banyak orang, nih Brigez sudah berubah,” terang Hilman.

Hilman menuturkan bahwa fenomena dan gerakan hijrah di kalangan anak muda kota Bandung sangat penting dipublikasikan. Apalagi gerakan hirah di kota Bandung telah mengubah geng jalanan menjadi komunitas dakwah.

“Maka ketika saya ketemu dengan temen-temen geng motor yang sudah bertranformasi, mereka telah melakukan kebaikan, kebermanfaatan bagi masyarakat, maka saya tugasnya sebagai penulis, berjihad melalui tulisan. Saya hanya mempublikasikan kebaikan itu,” tutur Hilman.

Gerakan Hijrah juga, ungkap Hilman, telah membuat kondusif kota Bandung. Bandung yang sebelumnya menjadi kota tdak aman dan menakutkan, saat ini menjadi lebih kondusif.

“Ketika muncul gerakan hijrah, maka Bandung menjadi berubah drastis. Bandung yang dulunya ditakuti karena terkenal dengan geng motornya yang beringas, dengan pembegalan, tauran dan lain sebagainya,” ungkap Hilman.

Di Pameran Buku Juara Braga Bandung pada Jumat (9/11) itu juga telah diumumkan rencana peluncuran buku tersebut pada Desember 2018 mendatang. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Smart Teen lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya