Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.619 views

Sahur di Dunia Berbuka di Surga

RAMADHAN adalah salah satu bulan yang suci, didalamnya penuh dengan keberkahan dan juga memiliki keutamaan yang berlimpah. Pahala dilipatgandakan, pintu-pintu surga dibuka selebar-lebarnya, bulan pengampunan dosa-dosa, setan-setan dibelenggu dan juga bulan diturunkanya Al Quran. Sudah seharusnya kaum muslimin bersuka cita menyambut datangnya bulan ini, namun dibelahan bumi yang lain menunjukan kondisi yang sangat menyedihkan.

Awal Ramadhan tahun ini diwarnai dengan duka umat Islam. Pasalnya, saudara-saudara kita yang ada di Palestina, mereka meregang nyawa setelah di bombardir oleh Israel. Bentrokan setidaknya dimulai pada Jumat, 3 Mei 2019 lalu (www.liputan6.com). Akibat serangan ini telah mengakibatkan 4 orang Israel tewas dan 24 orang warga sipil Palestina termasuk bayi serta Ibu hamil ikut menjadi korban dalam serangan ini. sekitar 70 warga Palestina terluka menurut Kementerian Kesehatan Gaza (www.aljazeera.com). Setidaknya ratusan rudal serta bom telah diluncurkan oleh Israel dan Gaza.

 

Mengapa dunia Islam seolah diam?

Konflik antara kedua negara ini sudah berlangsung sejak lama dan sampai saat ini belum menemui titik damai. Negeri-negeri kaum muslimin seakan tidak mampu untuk menyelesaikan konflik tersebut. Padahal jumlah mereka banyak dan tersebar di seluruh dunia. Solusi yang ditawarkan sebatas perundingan dan juga hanya sekedar mengecam.

Penguasa-penguasa negeri-negeri muslim hari ini telah telah terbelenggu dalam ikatan atas nama nasionalisme yang mengakibatkan seolah negara tidak boleh untuk mencampuri urusan negara lain sekalipun itu adalah mayoritas muslim yang saat ini dalam kondisi yang tertindas dan mengalami genosida secara terang-terangan.   

Bahkan, adanya Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sekalipun tidak memberikan dampak yang besar bagi kemerdekaan yang sesungguhnya bagi Palestina. Beberapa hari lalu PBB berunding dan telah dibuat kesepakatan perjanjian gencatan senjata dengan Israel untuk mengakhiri gelombang kekerasan di Jalur Gaza dan Israel selatan yang telah menyebabkan puluhan orang tewas hal ini dinyatakan oleh Pejabat Palestina (www.aljazeera.com).

Selama ini gencatan senjata bukan merupakan solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak sebab, telah sering kali gencatan senjata ini dilanggar begitu saja sehingga konflik masih saja terus terjadi. Ternyata dengan adanya lembaga-lembaga internasional sekalipun belum cukup untuk mewujudkan kemerdekaan hakiki bagi Palestina bahkan negeri-negeri muslim lainnya yang saat ini juga tengah dilanda konflik.

 

Lalu, apa solusi tuntas untuk permasalahan ini?

Sesungguhnya konflik yang terjadi di Palestina berawal dari hilangnya perisai kaum muslim yaitu Khilafah Islamiyah. Selama kurang lebih 13 abad lamanya menaungi dunia dan menyatukan seluruh negeri-negeri muslim dan menguasai sekitar dua pertiga wilayah di dunia. Kepemimpinan ini berlandaskan kepada syariah Islam baik politik dalam negeri maupun luar negerinya. Banyak negara-negara yang menggabungkan diri kedalam wilayah Khilafah dan termasuk juga Palestina.

Pada masa Khalifah Umar bin Khattab, pemimpin Palestina menyerahkan kunci Baitul Maqdis kepada beliau sekaligus menandakan bahwa Palestina siap untuk dipimpin dibawah naungan Islam. Beberapa tahun berselang Palestina sempat di kuasai kembali oleh para tentara salib dan pembebas Palestina yang harum namanya hingga saat ini dikenal dengan nama Salahudin Al Ayubbi.

Masa konflik di Palestina dimulai sejak, Khilafah yang terakhir yaitu Ustmani di Turki di runtuhkan dan wilayahnya dibagi-bagi oleh para penjajah pasca kekalahannya dalam perang dunia 1 saat bersekutu dengan Jerman. Wilayah Khilafah menjadi bagian-bagian kecil yang mereka tersekat-sekat. Atas nama nasionalisme dan banyaknya penjajahan yang terjadi mereka akhirnya diberikan kemerdekaan semu oleh penjajah tanpa adanya persatuan umat islam kembali. Kala itu, Palestina pun dikuasai oleh para penjajah. Palestina dianggap kota suci untuk tiga agama sekaligus, sehingga konflik disana bertambah rumit. Bahkan dengan masuknya Israel yang diberikan tempat di Palestina ketika itu semakin mengancam Palestina. Hingga saat ini wilayah palestina tinggal menyisakan sedikit sekali tempat karena mayoritas telah di klaim dan dikuasai Israel.

Saat ini, nasionalisme seakan semakin menambah parah permasalahan dengan dibuktikan diamnya pemimpin-pemimpin muslim yang ada didunia. Mereka tidak bisa berbuat lebih dari sekadar mengecam, berunding dll. Padahal itu saja belum cukup karena saudara-saudara kita mengalami ancaman fisik.

Seharusnya untuk dapat terbebas maka dengan menghilangkan ancaman fisik itu dengan mengirimkan tentara atau semisalnya untuk membantu mengusir Israel dari bumi Palestina. Sekarang hal itu tidak dapat dilakukan. Berbeda halnya dalam Khilafah yang akan memberikan jaminan keamanan bagi warganya. Pasukannya adalah pasukan yang tidak takut mati bahkan, demi menjaga kehormatan seorng perempuan yang dilecehkan di pasar orang Yahudi, Khalifah mengirimkan pasukan yang kepala pasukan sudah sampai di pasar tersebut namun ekornya berada di Ibu Kota.

Apalagi di momen Ramadhan saat ini yang seharusnya menjadi saat yang paling dinantikan oleh umat Islam di seluruh dunia karena banyaknya keutamaan yang Allah berikan seharusnya juga menjadi momen bagi kita untuk ikut dalam mewujudkan persatuan umat Islam.*

Nirma

Mahasiswi tinggal di Kota Malang, Jawa Timur

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X