Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.909 views

Hamas Tunjuk Yahwa Al-Sinwar Sebagai Kepala Politik Baru Gantikan Ismail Haniyeh

GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Gerakan perlawanan Palestina, Hamas mengumumkan penunjukan Yahya al-Sinwar sebagai pemimpin politik baru, menggantikan Ismail Haniyeh yang telah gugur.

"Gerakan Perlawanan Islam Hamas telah mengumumkan pemilihan Yahya al-Sinwar sebagai kepala kantor politik gerakan tersebut untuk menggantikan Ismail Haniyeh yang terbunuh."

Dalam sebuah pernyataan, Gerakan Hamas mengatakan: "Setelah konsultasi dan pertimbangan yang mendalam dan ekstensif di lembaga-lembaga kepemimpinan kami, saudara pemimpin Yahya Sinwar dipilih sebagai kepala biro politik."

"Kami menyatakan kepercayaan kami kepada saudara kami Abu Ibrahim sebagai pemimpin gerakan pada tahap yang sensitif dan situasi lokal, regional, dan internasional yang kompleks," tambah pernyataan itu.

Seorang pemimpin Hamas di Gaza, Al-Sinwar, merupakan dalang dalam Badai Al-Aqsa pada 7 Oktober.

Sebuah laporan yang ditulis oleh Reuters pada bulan Desember mengingat pidato yang disampaikan oleh al-Sinwar pada tahun 2022 yang meramalkan peristiwa Operasi Badai Al-Aqsa dalam pilihan kata-katanya.

Dalam pidatonya yang ditujukan kepada lembaga keamanan Israel pada tanggal 14 Desember tahun lalu, selama upacara rakyat di Gaza yang merayakan ulang tahun ke-35 berdirinya Hamas, al-Sinwar secara khusus mengancam Israel dengan "badai" yang akan datang.

Wakil Kepala Biro Politik gerakan tersebut, Khalil al-Hayya, mengatakan selama peringatan yang diadakan untuk mengenang kesyahidan Ismail Haniyeh pada hari Ahad (5/7/2024) bahwa Hamas akan tetap setia kepada rakyat Palestina, para syuhada, dan Umat Islam, dengan "melanjutkan jalan perjuangan, jihad, dan perlawanan," hingga pembebasan Palestina tercapai.

Pejabat Hamas itu memuji kerja keras Haniyeh sepanjang hidupnya, dengan mengatakan bahwa kesyahidannya telah "memberikan semangat, tekad, dan kekuatan baru bagi [masyarakat di wilayah itu] dan Perlawanan mereka."

"Dia adalah seorang pemimpin yang hebat dan seorang hamba yang taat, seorang pertapa sejati, yang pintu-pintu kesyahidan dan surga terbuka baginya jika Allah menghendaki," al-Hayya menggarisbawahi.

Siapakah Yahya al-Sinwar, seniman di balik Operasi Badai Al-Aqsa?

Yahya Al-Sinwar, yang namanya diterjemahkan menjadi "nelayan" atau "pembuat kail" dalam bahasa Arab, berasal dari kota pesisir Askalan, sebuah daerah yang masyarakatnya berpusat pada perikanan sebelum dipindahkan oleh milisi Zionis.

Lahir di kamp pengungsi Khan Younis di Gaza dari orang tua yang mengungsi selama Nakba tahun 1948, Yahya aktif terlibat dalam aktivisme politik sejak usia muda. Saat menjadi mahasiswa di Universitas Islam Gaza, ia memimpin Blok Islam dan memperoleh gelar Sarjana dalam Studi Bahasa Arab.

Ia ditangkap pada usia 19 tahun karena terlibat dalam aktivitas revolusioner anti-Zionis. Ia semakin berkomitmen pada perjuangan Palestina selama berbulan-bulan di penjara dan menjalin hubungan dengan para revolusioner Palestina lainnya.

Ditangkap lagi pada tahun 1985, ia bertemu dengan Syaikh Ahmad Yassin, pendiri dan pemimpin Hamas, yang akan didirikan beberapa tahun kemudian. Hubungan ini kemudian membuka jalan bagi kenaikan jabatannya di Hamas.

Setelah dibebaskan pada tahun 1985, ia berfokus pada pengorganisasian politik dan mengubah aktivismenya menjadi upaya bersenjata yang terorganisasi, mendirikan organisasi Al-Majd, sebuah kelompok bersenjata yang kemudian menjadi Hamas. Al-Majd berkomitmen untuk melenyapkan para pengkhianat di Gaza, dengan Al-Sinwar memimpin operasi untuk mengidentifikasi dan mengeksekusi kolaborator dan mata-mata lokal.

Pekerjaan keamanan Al-Sinwar merupakan bagian penting dari strategi yang lebih luas untuk menjadikan Gaza sebagai pusat perlawanan utama dan titik krusial dalam perjuangan pembebasan Palestina.

Pada tahun 1988, pada usia 25 tahun, Al-Sinwar ditangkap untuk ketiga kalinya dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena menggagalkan kegiatan spionase dan subversif Israel di Gaza.

Pada tahun 2011, Al-Sinwar dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran dengan tentara Israel Gilad Shalit yang ditawan Hamas yang melibatkan 1.027 orang antara Perlawanan Palestina.

Saat ini ia mengawasi puluhan tentara dan pemukim Israel yang ditawan di Gaza. Pada tahun 2018, al-Sinwar memimpin Great March of Return dalam upaya untuk secara damai menghentikan pengepungan di Gaza dan dihadang oleh pasukan Israel yang brutal yang membantai para pengunjuk rasa yang damai. (MYD/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X