Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.161 views

Mesir Peringatkan Akan Merespon Secara Militer Setelah Israel Rebut 'Koridor Philadelphi'

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Mesir telah memperingatkan kesiapannya untuk merespons secara militer setelah pasukan Israel merebut wilayah sensitif di sepanjang perbatasannya dengan Jalur Gaza.

Menurut Wall Street Journal, hubungan antara Tel Aviv dan Kairo kini memburuk, setelah Mesir mengatakan kepada Israel bahwa mereka tidak akan ragu untuk merespons secara militer jika merasa keamanannya terancam.

Hal ini terjadi setelah militer Israel mengatakan pasukan rezim telah mengambil kendali “operasional” atas koridor sepanjang 14 km di sepanjang perbatasan Gaza dengan Mesir.

“Koridor Philadelphi berfungsi sebagai jalur oksigen bagi Hamas, yang secara teratur digunakan untuk menyelundupkan senjata ke wilayah Jalur Gaza,” klaim Daniel Hagari, kepala juru bicara militer Israel, menggunakan nama kode militer Israel untuk 14 zona penyangga.

Seorang pejabat militer Israel telah mengklarifikasi bahwa ada tentara Israel di sepanjang bagian koridor.

Israel mengklaim setidaknya ada 20 terowongan di koridor Philadelphi, namun Mesir membantah keberadaan jaringan terowongan yang menghubungkan Sinai Mesir dan Jalur Gaza.

“Israel menggunakan tuduhan ini untuk membenarkan kelanjutan operasi di kota Rafah di Palestina dan memperpanjang perang untuk tujuan politik,” kata sumber tingkat tinggi Mesir, menurut Al-Qahera News.

Awal tahun ini, Mesir mengatakan kehadiran militer Israel di sana akan melanggar perjanjian perdamaian tahun 1979 antara kedua rezim.

Perebutan koridor tersebut terjadi sebagai bagian dari serangan Israel terhadap kota Rafah di selatan Gaza, di mana lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduk Gaza mencari perlindungan dari serangan Israel di tempat lain di wilayah Palestina yang terkepung sebelum invasi darat ke kota tersebut.

Invasi terus berlanjut meskipun ada perintah dari pengadilan tinggi PBB agar Israel “segera menghentikan” agresi militernya terhadap kota di selatan tersebut.

Serangan tersebut telah memaksa lebih dari satu juta warga Palestina “meninggalkan” kota tersebut, menurut PBB.

Pada awal Mei, Israel merebut penyeberangan perbatasan Rafah sisi Gaza yang penting, jalur kehidupan bagi warga Palestina di Gaza, dan telah ditutup sejak saat itu.

Beberapa hari yang lalu, seorang tentara Mesir tewas dalam baku tembak dengan pasukan Israel di dekat persimpangan. Kedua belah pihak mengatakan mereka sedang menyelidiki insiden tersebut, yang diyakini merupakan serangan balas dendam atas pembantaian yang dilakukan di Gaza.

Israel melancarkan perang di Gaza pada 7 Oktober setelah gerakan perlawanan Palestina Hamas melancarkan Operasi Badai Al-Aqsa yang mengejutkan terhadap entitas pendudukan sebagai tanggapan terhadap kampanye pertumpahan darah dan kehancuran yang dilakukan rezim Israel selama puluhan tahun terhadap warga Palestina.

Tel Aviv juga memblokir pasokan air, makanan, dan listrik ke Gaza, sehingga membuat jalur pantai tersebut mengalami krisis kemanusiaan.

Sejak dimulainya serangan, rezim Tel Aviv telah menewaskan sedikitnya 36.224 warga Palestina dan melukai 81.777 lainnya. (ptv/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X