Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.653 views

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

KUALA LUMPUR, MALAYSIA (voa-islam.com) - Pengadilan Malaysia pada hari Selasa (26/3/2024) mendakwa direktur sebuah toko serba ada dengan tuduhan melukai perasaan keagamaan karena menjual kaus kaki dengan tulisan “Allah” di atasnya.

Jaksa mendakwa Chai Kee Kan, pemilik KK Super Mart berusia 57 tahun, dan istrinya yang menjabat sebagai direktur perusahaan, “dengan sengaja bermaksud menyakiti perasaan keagamaan,” menurut dokumen pengadilan.

Tiga direktur dari pemasok Xin Jian Chang – Goh Li Huay, Soh Hui San dan Soh Chin Huat – juga didakwa bersekongkol dalam dugaan kejahatan tersebut.

Para terdakwa hadir di Pengadilan Sesi Shah Alam pada hari Selasa, di mana mereka semua mengaku tidak bersalah dan diberikan jaminan. Jika terbukti bersalah, mereka menghadapi hukuman penjara maksimal satu tahun, denda, atau keduanya.

Foto kaus kaki tersebut mulai menyebar secara online awal bulan ini, memicu kemarahan di antara mayoritas penduduk Muslim Melayu di Malaysia dan memicu kritik keras dari Raja Sultan Ibrahim Iskandar, yang menyerukan agar pelakunya dihukum.

Menggambarkan Allah dalam bentuk apapun dilarang dalam Islam, apalagi dengan kaus kaki.

Rajpal Singh, seorang pengacara yang mewakili direktur toko serba ada, mengatakan dia yakin tuduhan tersebut akan dibatalkan.

“Klien saya sudah mengaku tidak bersalah, dan mereka tidak bersalah sampai terbukti bersalah,” ujarnya kepada wartawan di luar ruang sidang, Selasa.

Pada tanggal 16 Maret, ketika kemarahan publik meningkat, Chai dengan berlinang air mata meminta maaf kepada komunitas Muslim dan mengatakan dia telah menarik kaus kaki tersebut dari penjualan.

Pemasok Xin Jian Chang juga meminta maaf minggu lalu, dengan mengatakan “kaus kaki yang bermasalah adalah bagian dari pengiriman yang lebih besar” yang dipesan dari Mian Qing Hosiery, sebuah perusahaan yang berbasis di provinsi Zhejiang, Cina.

“Kami menyesali segala pengawasan dalam proses kendali mutu yang memungkinkan barang-barang ini masuk ke inventaris kami, meskipun kami telah berupaya sebaik mungkin untuk memastikan bahwa seluruh 18.800 kaus kaki yang diterima dari pemasok Tiongkok kami sesuai dengan sampel yang diberikan,” kata perusahaan itu.

KK Super Mart pada hari Senin mengajukan gugatan terhadap pemasok tersebut, meminta ganti rugi sebesar 30 juta ringgit Malaysia ($6,3 juta) karena menyabotase bisnisnya.

Tindakan tegas

Sultan Ibrahim Iskandar, yang sebagai kepala monarki Malaysia dianggap sebagai pelindung Islam, dalam tegurannya pekan lalu mengingatkan masyarakat Malaysia untuk menahan diri dari membahas isu-isu sensitif mengenai agama, ras, dan keluarga kerajaan.

“Entah disengaja atau tidak, baik impor maupun produksi di pabrik lokal, saya ingin aparat penegak hukum mengusut dan mengambil tindakan tegas sesuai undang-undang yang ada agar kesalahan yang sama tidak terulang,” ujarnya.

Pekan lalu, pihak berwenang memenjarakan dua pria, Chiok Wai Loong dan Ricky Shane Cagampang, berdasarkan undang-undang komunikasi karena memposting komentar ofensif di Facebook terkait kontroversi kaus kaki tersebut.

Islam adalah agama resmi Malaysia, tetapi sekitar 40% penduduknya menganut agama lain seperti Budha, Kristen, atau Hindu. (BN/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X