Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.264 views

Gempa Kuat Kembali Landa Afghanistan Barat Beberapa Hari Setelah 2.000 Orang Tewas

HERAT, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Gempa bumi berkekuatan 6,3 skala Richter melanda provinsi Herat di Afghanistan barat, menyusul serangkaian gempa mematikan yang menyebabkan lebih dari 4.000 kematian dan cedera pada hari Sabtu.

Tidak ada rincian awal mengenai korban jiwa akibat gempa terbaru yang terjadi di kedalaman dangkal sekitar pukul 05:10 waktu setempat pada hari Rabu (11/10/2023), dengan pusat gempa berada sekitar 29 km sebelah utara Herat.

Kantor gubernur Herat mengatakan beberapa distrik di sekitarnya yang rata dengan tanah akibat gempa sebelumnya telah mengalami “kerugian besar”.

Gempa terbaru ini terjadi ketika tim penyelamat masih mencari mereka yang terjebak di bawah puing-puing menyusul tiga gempa mematikan yang mengguncang Herat dan sekitarnya pada hari Sabtu.

Pejabat lokal dan nasional memberikan perhitungan yang bertentangan mengenai jumlah korban tewas dan cedera akibat gempa bumi sebelumnya.

Pihak berwenang Taliban mengatakan sedikitnya 2.400 orang tewas dan banyak lagi yang terluka akibat gempa tersebut.

“Kami tidak dapat memberikan jumlah pasti korban tewas dan terluka karena jumlahnya terus berubah,” kata juru bicara Otoritas Manajemen Bencana Afghanistan Mullah Janan Saiq.

Menurut pernyataan Kantor Kemanusiaan PBB, semua rumah di distrik Zindajan di Herat hancur setelah gempa sebelumnya.

Gambar yang dibagikan oleh tim bantuan dan penyelamatan di lapangan menunjukkan tumpukan besar puing dan puing setelah bangunan runtuh, sementara orang-orang terlihat menggali reruntuhan untuk mencoba menemukan korban selamat.

“Situasinya lebih buruk dari yang kita bayangkan, dimana orang-orang di desa-desa yang hancur masih berusaha mati-matian menyelamatkan para penyintas dari bawah reruntuhan dengan tangan kosong,” kata Thamindri de Silva, direktur nasional World Vision Afghanistan.

Tim bantuan dari ibu kota Kabul juga telah tiba untuk membantu tetapi hanya ada satu rumah sakit dan rumah sakit tersebut “dalam kondisi penuh dengan kasus-kasus serius yang dipindahkan ke fasilitas swasta lainnya.”

Mark Calder, pemimpin advokasi World Vision Afghanistan, mengatakan pendanaan dari komunitas internasional “tidak memadai.”

Kurangnya air juga merupakan tantangan yang serius, kata Siddig Ibrahim, Kepala Kantor Lapangan UNICEF Afghanistan, dimana perempuan dan anak-anak merupakan kelompok yang paling terkena dampaknya.

“Afghanistan adalah rumah bagi salah satu krisis kemanusiaan dan hak anak terburuk di dunia,” katanya. “Komunitas internasional tidak boleh, dan tidak bisa, mengabaikan anak-anak di Afghanistan, terutama saat ini, ketika bantuan sangat dibutuhkan.”

Save the Children mengatakan skala kerusakan di Herat “mengerikan” dan memperkirakan jumlah korban tewas akan meningkat seiring dengan banyaknya jenazah yang diangkat dari reruntuhan.

“Ini adalah krisis di atas krisis,” kata direktur Save the Children’s Afghanistan, Arshad Malik. “Bahkan sebelum bencana ini, anak-anak Afghanistan sudah menderita kekurangan makanan.”

Afghanistan sering dilanda gempa bumi, terutama di pegunungan Hindu Kush, yang terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India.

Negara ini sudah berada dalam krisis kemanusiaan yang parah akibat penarikan bantuan asing secara luas sejak Taliban kembali berkuasa pada Agustus 2021.

Provinsi Herat yang dilanda gempa, yang merupakan rumah bagi 1,9 juta orang, juga dilanda kekeringan, sehingga mempengaruhi hasil panen di daerah yang terkenal dengan hasil panen melimpah dan berkualitas tinggi.

Ketika musim dingin tiba di wilayah pegunungan dengan musim dingin yang dingin, menyediakan makanan, pakaian, dan tempat berlindung bagi warga Afghanistan yang terkena bencana akan menjadi tantangan besar bagi pemerintah yang kekurangan uang. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X