Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.868 views

Presiden Ukraina Zelensky Calonkan Menhan Muslim Pertama Untuk Gantikan Oleksii Reznikov

KIEV, UKRAINA (voa-islam.com) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pada hari Ahad (3/9/2023) bahwa menteri pertahanan Oleksii Reznikov akan diganti pekan ini dengan Rustem Umierov, seorang anggota parlemen Tatar Krimea.

Jika parlemen menyetujui penunjukan Umerov, ia akan menjadi Muslim dan Tatar Krimea pertama yang memegang posisi menteri di Ukraina.

Zelenskyy membuat pengumuman tersebut di akun Telegram resminya, dan menulis bahwa kepemimpinan baru diperlukan setelah Umerov “telah melalui lebih dari 550 hari perang skala penuh.”

Kemudian dalam pidato malamnya, Zelenskyy mengatakan dia yakin “bahwa Kementerian memerlukan pendekatan baru dan format interaksi yang berbeda baik dengan militer maupun dengan masyarakat.”

“Verkhovna Rada Ukraina sangat mengenal orang ini, dan Umerov tidak memerlukan perkenalan tambahan. Saya mengharapkan dukungan dari parlemen untuk pencalonan ini,” kata presiden kepada negara tersebut.

Umerov, 41, seorang politikus dari partai oposisi Holos, menjabat sebagai kepala Dana Milik Negara Ukraina sejak September 2022. Ia terlibat dalam pertukaran tawanan perang, tahanan politik, anak-anak dan warga sipil, serta evakuasi. warga sipil dari wilayah pendudukan. Umerov juga merupakan bagian dari delegasi Ukraina dalam negosiasi dengan Rusia mengenai kesepakatan gandum yang didukung PBB.

Pada bulan Agustus, sebuah skandal muncul seputar pengadaan jaket militer oleh Kementerian Pertahanan.

Jurnalis investigasi Ukraina melaporkan bahwa bahan-bahan tersebut dibeli dengan harga tiga kali lebih tinggi dari biasanya dan alih-alih jaket musim dingin, mereka malah memesan jaket musim panas. Dalam dokumen bea cukai dari pemasok, jaket tersebut dihargai $29 per unit, namun Kementerian Pertahanan membayar $86 per unit. Reznikov membantah tuduhan tersebut saat konferensi pers pekan lalu.

Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada wartawan di Delaware pada hari Ahad bahwa dia mengetahui Zelenskyy telah menggantikan menteri pertahanannya. Ketika ditanya apakah dia punya komentar, Biden menjawab, “tidak secara terbuka.”

Pengumuman Zelensky datang setelah dua orang dirawat di rumah sakit menyusul serangan drone Rusia selama 3½ jam di sebuah pelabuhan di wilayah Odesa, Ukraina pada hari Ahad, kata para pejabat.

Serangan terhadap pelabuhan Reni terjadi sehari sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk membahas dimulainya kembali pengiriman makanan dari Ukraina berdasarkan perjanjian gandum Laut Hitam yang diputuskan Moskow pada bulan Juli.

Pasukan Rusia menembakkan 25 drone Shahed buatan Iran di sepanjang Sungai Danube pada Ahad dini hari, 22 di antaranya ditembak jatuh oleh pertahanan udara, kata angkatan udara Ukraina melalui Telegram.

Kepala staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, Andriy Yermak, menggambarkan serangan itu sebagai bagian dari upaya Rusia “untuk memprovokasi krisis pangan dan kelaparan di dunia.”

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serangan itu ditujukan pada fasilitas penyimpanan bahan bakar yang digunakan untuk memasok peralatan militer. (Aby/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X