Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.084 views

Joe Biden Sebut Putin Kemungkinan Berada Di Balik Kematian Bos Tentara Bayaran Wagner Prigozhin

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Presiden AS Joe Biden menyatakan bahwa Vladimir Putin dari Rusia mungkin berada di balik kecelakaan pesawat yang dilaporkan menewaskan pemimpin Wagner Yevgeny Prigozhin pada hari Rabu (23/8/2023).

“Tidak banyak hal yang terjadi di Rusia yang tidak diikuti oleh Putin. Tapi saya tidak cukup tahu untuk mengetahui jawabannya,” kata Biden kepada wartawan.

Biden diberitahu tentang berita tersebut tak lama setelah media mengatakan Prigozhin berada dalam penerbangan tersebut, yang sedang dalam perjalanan ke Saint Petersburg dari Moskow.

Media yang berafiliasi dengan Wagner mengklaim bahwa Kementerian Pertahanan Rusia menembak jatuh jet pribadi tersebut.

Para pejabat AS mengatakan mereka tidak akan terkejut jika laporan kematian Prigozhin akurat.

“Kami sudah melihat laporannya. Jika hal ini benar, maka tidak ada yang perlu terkejut,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih.

Prigozhin dilaporkan tewas

Sebelumnya, saluran Telegram yang berafiliasi dengan kelompok tentara bayaran Wagner melaporkan pada hari Rabu bahwa kepala tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin tewas.

“Kepala Grup Wagner, Pahlawan Rusia, patriot sejati Tanah Airnya – Yevgeny Viktorovich Prigozhin meninggal akibat tindakan pengkhianat Rusia,” kata sebuah postingan di saluran Grey Zone.

“Tetapi bahkan di Neraka, dia akan menjadi yang terbaik! Kemuliaan bagi Rusia!”

Komandan Wagner Dmitry Utkin juga berada di pesawat tersebut, kata otoritas penerbangan sipil Rusia Rosaviatsia.

Investigasi telah diluncurkan terhadap kecelakaan pesawat Embraer yang terjadi malam ini di wilayah Tver.

Kementerian Situasi Darurat Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sebuah pesawat pribadi Embraer Legacy yang melakukan perjalanan dari Moskow ke St. Petersburg jatuh di dekat desa Kuzhenkino di Wilayah Tver.

Dikatakan bahwa 10 orang berada di dalamnya, termasuk tiga awak kapal. Tidak ada yang selamat.

Prigozhin, 62 tahun, mempelopori pemberontakan melawan petinggi militer Rusia pada 23-24 Juni yang menurut Presiden Vladimir Putin dapat memicu perang saudara di Rusia.

Pemberontakan itu diakhiri dengan negosiasi dan kesepakatan Kremlin yang membuat Prigozhin setuju untuk pindah ke negara tetangga Belarus. Namun dia tampak bebas bergerak di Rusia setelah kesepakatan itu.

Prigozhin, yang berusaha menggulingkan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Valery Gerasimov, kepala staf umum, pada hari Senin mengunggah sebuah video yang menurutnya diambil di Afrika.

Seorang pembantu senior kepresidenan Ukraina mengatakan bahwa jatuhnya pesawat yang diterbangkan oleh pemimpin Wagner Prigozhin adalah sinyal dari Kremlin.

“Penghapusan secara demonstratif Prigozhin dan komando Wagner dua bulan setelah upaya kudeta merupakan sinyal dari Putin kepada elit Rusia menjelang pemilu 2024. 'Awas! Ketidaksetiaan sama dengan kematian’,” tulis asisten presiden Ukraina Mykhaylo Podolyak di media sosial.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X