Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.453 views

Al-Shabaab Kuasai Pangkalan MIliter Uganda Di Somalia

MOGADISHU, SOMALIA (voa-islam.com) - Al-Shabaab, cabang Al-Qaidah di Afrika Timur, secara singkat menyerbu sebuah pangkalan militer Uganda di Shabelle Bawah Somalia hari Jum'at (26/5/2023). Meskipun Misi Transisi Uni Afrika di Somalia (ATMIS) – di mana Uganda adalah anggota konstituennya – telah mengkonfirmasi serangan itu, sejauh ini belum mengkonfirmasi adanya korban sementara juga tidak mau mengakui bahwa pangkalan itu diserbu.

Kemarin dini hari, setidaknya tiga bom mobil bunuh diri diluncurkan di pangkalan Pasukan Pertahanan Rakyat Uganda (UPDF) di Buulo Mareer, Lower Shabelle. Menyusul ledakan awal, ratusan pejuang Al-Shabaab kemudian menyerbu pangkalan tersebut, memicu baku tembak yang intens. Penduduk setempat melaporkan mendengar tembakan dan ledakan hebat sepanjang pagi.

Tidak lama kemudian, penduduk lokal Buulo Mareer juga melaporkan bahwa Al-Shabaab secara singkat menguasai kota itu sendiri, berpatroli di jalan-jalan dan menjarah pos-pos militer lokal Somalia di kota itu setelah menyerang pangkalan tersebut.

Al-Shabaab mengkonfirmasi mereka menggunakan beberapa bom mobil jibaku dalam penggerebekan itu sementara juga mengatakan telah membunuh lebih dari 130 tentara UPDF di pangkalan tersebut selain menangkap dua lainnya hidup-hidup. Jumlah ini belum dikonfirmasi oleh sumber lain.

Foto-foto yang dirilis oleh Al-Shabaab, bagaimanapun, menunjukkan lebih dari selusin tentara Uganda yang terbunuh dan dua lainnya dalam proses penangkapan. Gambar lain menunjukkan penghancuran total pangkalan, termasuk tank, kendaraan lapis baja, posisi yang diperkuat, dan area pangkalan lainnya.

Al-Shabaab kini telah berhasil memanfaatkan atau mencoba setidaknya 22 bom bunuh diri sepanjang tahun ini, menurut data yang dikumpulkan oleh FDD's Long War Journal.

Baik Uganda maupun ATMIS tidak mengkonfirmasi adanya korban dari serangan itu. Keduanya, bagaimanapun, memang mengkonfirmasi serangan itu terjadi, dengan Uganda mengatakan sedang menyelidiki serangan itu dan ATMIS kemudian mengklaim serangan itu berhasil dipukul mundur. Letnan Jenderal Kayanja Muhanga Uganda, Panglima Angkatan Darat keseluruhan untuk UPDF, dikirim ke Somalia sebagai bagian dari penyelidikan Uganda dalam penyerangan tersebut.

Serangan hari Jum'at adalah serangan besar pertama di pangkalan ATMIS sejak serangan tahun lalu di pos terdepan Burundi di Shabelle Tengah. Dalam penyerangan itu, puluhan tentara Burundi tewas setelah Al-Shabaab menyerbu pangkalan tersebut. Saat itu, Al-Shabaab mengatakan setidaknya 173 tentara Burundi tewas, meski jumlah sebenarnya tetap tinggi, jauh lebih rendah dari total yang diklaim.

Kedua serangan tersebut meniru serangan Al-Shabaab tahun 2016 di El-Adde di wilayah Gedo selatan Somalia. Serangan jibaku itu menewaskan antara 141 hingga 200 tentara Kenya. Bagaimanapun, Kenya tidak mau mengakui angka-angka ini.

Demikian pula pada Januari 2017, Kenya kehilangan 68 tentara tambahan dalam serangan jibaku besar lainnya yang dilakukan oleh Al-Shabaab terhadap salah satu pangkalan Kenya di Somalia selatan. Dan pada Agustus 2018, setidaknya 46 tentara Uganda tewas oleh Al-Shabaab dalam serangan jibaku yang melibatkan dua bom mobil di pangkalan AU di Lower Shabelle.

Sebuah laporan baru-baru ini dari Voice of America menemukan bahwa setidaknya 3.500 tentara Uni Afrika telah tewas di dalam Somalia memerangi Al-Shabaab sejak tahun 2007, dengan beberapa pejabat dikutip kemungkinan bahwa jumlah ini bisa lebih tinggi. Sebagian besar tentara yang tewas berasal dari Uganda dan Burundi.

Serangan Al-Shabaab terjadi ketika Amerika Serikat meluncurkan serangan pesawat tak berawak kedelapan tahun ini di Somalia, menargetkan Maalim Osman, kepala sayap operasi eksternal Shabaab, pada 20 Mei.

Dan awal pekan ini, Departemen Luar Negeri AS dan Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi pada lebih dari 30 komandan dan donatur Al-Shabaab sebagai bagian dari upaya untuk membantu mendukung serangan pemerintah Somalia saat ini terhadap Al-Shabaab.

Somalia saat ini sedang menunggu untuk secara resmi memulai fase kedua ofensifnya terhadap Shabaab, kali ini berfokus pada cabang al Qaeda di Jubaland dan Negara Bagian Barat Daya. Milisi yang setia pada negara bagian Jubaland sebelumnya telah melakukan operasi anti-Shabaab dalam beberapa bulan terakhir.

Meskipun Somalia diuntungkan dari permusuhan klan terhadap Al-Shabaab selama fase pertama serangan di Somalia tengah, tidak jelas seberapa baik mereka bisa mendapatkan keuntungan dari sentimen anti-klan Al-Shabaab di selatan Somalia, di mana Al-Shabaab mendasarkan sebagian besar pemerintahan dan layanan sosialnya. Pasukan tambahan dari Djibouti, Kenya dan Ethiopia, yang akan berada di luar kendali Uni Afrika, dijadwalkan untuk dikerahkan ke Somalia untuk membantu pasukan federal dalam upaya ini.

Untuk bagiannya, Jubaland sejauh ini telah menolak tawaran dari pemerintah federal untuk meniru model klan yang digunakannya di pusat Somalia – meskipun penolakan tersebut sebagian besar didasarkan pada persaingan politik intra-Somalia daripada perasaan sia-sia tentang hubungan kuat Al-Shabaab dengan klan selatan.

Meskipun kekayaannya telah surut dan mengalir selama dekade terakhir, ia juga telah melewati banyak serangan dari berbagai aktor lokal, regional, dan internasional, termasuk Amerika Serikat.

Sekarang menghadapi tantangan terbesarnya dalam lebih dari satu dekade, meskipun jika serangan besar kemarin merupakan indikasi, perang melawan Al-Shabaab masih jauh dari selesai. (TLWJ/Ab)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X