Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.573 views

AS Paksa TikTok Berpisah Dari Induknya Di Cina Untuk Hindari Larangan Nasional

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - TikTok mengonfirmasi pada hari Rabu (15/3/2023) bahwa para pejabat AS telah merekomendasikan aplikasi berbagi video populer itu berpisah dengan induknya di Cina, ByteDance, untuk menghindari larangan nasional.

Kekuatan Barat, termasuk Uni Eropa dan Amerika Serikat, telah mengambil pendekatan yang semakin keras terhadap aplikasi tersebut, mengutip kekhawatiran bahwa data pengguna dapat digunakan atau disalahgunakan oleh pejabat Cina.

"Jika melindungi keamanan nasional adalah tujuannya, seruan untuk larangan atau divestasi tidak diperlukan, karena tidak ada opsi yang menyelesaikan masalah industri yang lebih luas terkait akses dan transfer data," kata juru bicara TikTok kepada AFP.

"Kami tetap yakin bahwa jalan terbaik untuk mengatasi kekhawatiran tentang keamanan nasional adalah transparan, perlindungan data dan sistem pengguna AS yang berbasis di AS, dengan pemantauan, pemeriksaan, dan verifikasi pihak ketiga yang kuat."

The Wall Street Journal dan outlet berita AS lainnya pada hari Rabu melaporkan bahwa Gedung Putih menetapkan ultimatum: jika TikTok tetap menjadi bagian dari ByteDance, itu akan dilarang di Amerika Serikat.

“Ini semua permainan poker taruhan tinggi,” kata analis Wedbush Dan Ives dalam sebuah catatan kepada investor.

Washington "jelas ... memberi tekanan lebih pada ByteDance untuk secara strategis menjual aset utama ini dalam langkah besar yang dapat menimbulkan dampak riak yang signifikan," lanjutnya.

Gedung Putih pekan lalu menyambut baik RUU yang diperkenalkan di Senat AS yang memungkinkan Presiden Joe Biden melarang TikTok.

RUU bipartisan itu "akan memberi wewenang pemerintah Amerika Serikat untuk mencegah pemerintah asing tertentu mengeksploitasi layanan teknologi... dengan cara yang berisiko terhadap data sensitif orang Amerika dan keamanan nasional kita," kata penasihat keamanan nasional Biden, Jake Sullivan, dalam sebuah pernyataan.

Pengenalan RUU dan dukungan Gedung Putih yang cepat mempercepat momentum politik melawan TikTok, yang juga menjadi target undang-undang terpisah di DPR AS.

Tampil tangguh di Cina adalah salah satu masalah langka dengan potensi dukungan bipartisan di DPR dan Senat yang dikelola Partai Republik, di mana Partai Demokrat Biden memegang mayoritas.

Kekhawatiran meningkat di kalangan pejabat Amerika awal tahun ini setelah sebuah balon Cina, yang diduga Washington dalam misi mata-mata, terbang di atas wilayah udara AS.

TikTok mengklaim memiliki lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia termasuk lebih dari 100 juta di Amerika Serikat, di mana ia telah menjadi kekuatan budaya, terutama di kalangan anak muda.

Aktivis berpendapat larangan itu akan menjadi serangan terhadap kebebasan berbicara, dan menghambat ekspor budaya dan nilai-nilai Amerika ke pengguna TikTok di seluruh dunia.

Pekerja pemerintah AS pada Januari dilarang menginstal TikTok di perangkat yang dikeluarkan pemerintah.

Pegawai negeri di Uni Eropa dan Kanada juga dilarang mengunduh aplikasi tersebut di perangkat kerja mereka.

Menurut laporan Journal, ultimatum kepada TikTok datang dari dewan antarlembaga AS yang bertugas menilai risiko investasi asing terhadap keamanan nasional.

Para pejabat AS menolak mengomentari laporan tersebut.

TikTok secara konsisten membantah berbagi data dengan pejabat Cina, dan mengatakan telah bekerja sama dengan otoritas AS selama lebih dari dua tahun untuk mengatasi masalah keamanan nasional.

Waktu yang dihabiskan oleh pengguna di TikTok telah melampaui yang dihabiskan di YouTube, Facebook, Instagram atau Twitter dan mendekati raksasa televisi streaming Netflix, menurut pelacak pasar Insider Intelligence. (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X