Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.610 views

Ilmuan Sebut 2 Gempa Bumi Besar Yang Mengguncang Selatan Turki 'Langka Dan Mengejutkan'

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Para ilmuwan mengatakan bahwa dua gempa bumi besar yang mengguncang bagian selatan Türkiye pada hari Senin, dalam selang waktu beberapa jam, dianggap langka dan mengejutkan para seismolog, kantor berita Turki Anadolu Agency melaporkan hari Jum'at (10/2/2023).

“Banyak hal yang mengejutkan masyarakat tentang rentetan gempa ini. Dan fakta bahwa ada dua gempa bumi yang sangat besar hanya berselang beberapa jam, sebenarnya memiliki patahan berbeda yang berdekatan, tetapi tidak sama. Saya yakin gempa sebesar ini belum pernah terlihat sebelumnya,” kata Sylvain Barbot, profesor ilmu bumi di University of Southern California, kepada Anadolu.

Dia mengatakan bahwa patahan yang menyebabkan gempa kedua “tidak aktif secara seismik sepanjang sejarah. Jadi, berdasarkan pengetahuan saat ini, kami tidak akan memprediksi itu. Kami akan berpikir bahwa itu akan menjadi patahan tidak aktif yang dulunya aktif di masa lalu dan tidak dapat menciptakan gempa bumi, tetapi kami salah.”

Barbot mengatakan bahwa ada sejumlah besar patahan di daerah tersebut dan gempa pertama terjadi di patahan Anatolia Timur, "yang merupakan jenis batas geografis Anatolia di sebelah timur."

“Dan patahan ini menghubungkan dua patahan besar lainnya. Yang di utara adalah patahan Anatolia Utara, yang pecah pada tahun 1999, dengan gempa bumi Izmit dan Duzce,” dan satu jalur mengarah ke selatan, kata Barbot, menambahkan: “Mengingat keadaannya, kita pasti bisa membayangkan bahwa akan ada menjadi gempa bumi besar lainnya dan patahan terdekat. Jadi, ini dua kemungkinan pemicu gempa di selatan dan di barat rekahan.”

Barbot mengatakan, gempa tersebut menimbulkan pergerakan beberapa meter akibat pergerakan lempeng tektonik.

“Patahan ini sebenarnya tidak bergerak untuk beberapa waktu. Dan akhirnya, mereka melepaskan semua perpindahan ini yang dipaksakan oleh gerakan lempeng tektonik menjadi satu kejadian hanya dalam beberapa detik. Dan itulah mengapa hanya dalam beberapa detik, Anda memiliki perpindahan beberapa meter. Ini adalah kekuatan pendorong yang mendasari gempa bumi, ”kata Barbot.

“Mereka melepaskan, mengakomodasi gerakan lempeng tektonik. Jadi alih-alih memiliki gerakan yang sangat bertahap, sangat stabil, sangat kecil, selama berabad-abad, Anda tidak memiliki gerakan sama sekali, untuk beberapa waktu dan sekaligus. Ini sangat episodik. Jadi itulah yang membuat gempa bumi (ini) begitu dahsyat.”

'Akan ada lebih banyak gempa di depan daripada biasanya di daerah tersebut'

David Shelly, seismolog dari United States Geological Survey (USGS), juga mengatakan kepada Anadolu bahwa Türki sangat rentan terhadap gempa bumi, karena terletak di persimpangan tiga lempeng tektonik utama dan memiliki banyak jalur patahan aktif.

“Jadi gempa yang terjadi kemarin sangat besar.. gempa sebesar itu relatif jarang terjadi,” kata Shelly.

Meskipun bisa terjadi, seperti pada gempa bumi tahun 1999 di Türkiye yang terjadi dengan selang waktu tiga bulan, gempa bumi terbaru lebih berdekatan waktunya, hanya selang beberapa jam.

“Kita tahu bahwa gempa bumi berkelompok sehingga gempa kedua kemungkinan dapat dianggap sebagai gempa susulan dari gempa pertama,” kata Shelly tentang gempa kedua berkekuatan 7,6, sekitar sembilan jam setelah yang pertama, yang berkekuatan 7,7.

“Seismologi, kami perkirakan gempa susulan akan berlanjut untuk beberapa waktu. Jadi akan ada lebih banyak gempa bumi di hari-hari dan minggu-minggu dan bulan-bulan mendatang daripada biasanya di daerah tersebut,” tambahnya.

Lebih dari 18.340 orang tewas dan 74.240 terluka dalam gempa kembar yang melanda bagian selatan Türkiye, menurut angka resmi terbaru.

Sebanyak 6.444 bangunan runtuh akibat gempa, dan Türkiye telah mengumumkan keadaan darurat selama tiga bulan di provinsi-provinsi yang dilanda gempa.

Gempa tersebut, berpusat di provinsi Kahramanmaras, mempengaruhi lebih dari 13 juta orang di 10 provinsi, juga termasuk Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Beberapa negara di kawasan itu, termasuk Suriah dan Libanon, juga merasakan getaran kuat yang melanda Türkiye.

Lebih dari 121.100 personel pencarian dan penyelamatan saat ini bekerja di lapangan, menurut Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) Türkiye.

Sebanyak 75.780 orang dievakuasi dari daerah yang dilanda gempa, kata AFAD. (AA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X