Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.353 views

Cina Marah Balon Mata-matanya Ditembak Jatuh AS

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Amerika Serikat telah menembak jatuh yang dicurigai sebagai balon mata-mata Cina di lepas pantai negara bagian Carolina Selatan AS, seminggu setelah memasuki wilayah udara AS dan memicu kisah mata-mata dramatis yang memperburuk hubungan antara Beijing dan Washington.

Serangan militer pada hari Sabtu mendapat teguran langsung dari Cina, yang memperingatkan tanggapan yang "perlu" dan bersikeras bahwa "pesawat sipil tak berawak" itu adalah balon penelitian cuaca yang telah tersesat ke wilayah udara AS "sepenuhnya secara tidak sengaja".

Pejabat pertahanan AS mengatakan beberapa pesawat tempur dan pengisian bahan bakar terlibat dalam misi hari Sabtu, tetapi hanya satu – jet tempur F-22 dari Pangkalan Angkatan Udara Langley di Virginia – yang menembak pada pukul 14:39 menggunakan satu rudal udara-ke-udara AIM. -9X supersonik, pencari panas.

Balon tersebut, yang terbang sekitar 18.300 meter (60.000 kaki), ditembak jatuh sekitar enam mil laut di lepas pantai Carolina Selatan.

Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah mengeluarkan perintah pada hari Rabu untuk menurunkan balon, tetapi Pentagon telah merekomendasikan menunggu sampai itu dapat dilakukan di perairan terbuka untuk melindungi warga sipil dari puing-puing yang jatuh ke Bumi.

“Kami berhasil menjatuhkannya, dan saya ingin memuji penerbang kami yang melakukannya,” kata Biden di Maryland.

Penembakan terjadi tak lama setelah pemerintah AS memerintahkan penghentian penerbangan di sekitar pantai Carolina Selatan karena apa yang dikatakan pada saat itu sebagai "upaya keamanan nasional" yang dirahasiakan. Penerbangan dilanjutkan pada Sabtu sore.

Tayangan televisi menunjukkan ledakan kecil, diikuti oleh balon yang jatuh ke arah air. Kantor berita Associated Press mengatakan sebuah operasi sedang dilakukan di perairan teritorial AS di Samudera Atlantik untuk mengambil puing-puing dari balon tersebut.

Reuters mengutip seorang pejabat militer AS yang mengatakan bahwa puing-puing tersebar lebih dari 11 km dari lautan dan beberapa kapal militer berada di lokasi.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menyebut operasi itu sebagai "tindakan yang disengaja dan sah" yang dilakukan sebagai tanggapan atas "pelanggaran kedaulatan kita yang tidak dapat diterima" oleh China.

Dia mengatakan balon itu digunakan oleh Cina "dalam upaya untuk mengawasi situs-situs strategis di benua Amerika Serikat".

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memuji operasi tersebut, mentweet, "Kanada sangat mendukung tindakan ini - kami akan terus bekerja sama ... dalam keamanan dan pertahanan kami."

'Ketidakpuasan yang kuat'

Balon itu pertama kali memasuki wilayah udara AS di Alaska pada 28 Januari sebelum pindah ke wilayah udara Kanada pada Senin, 30 Januari. Kemudian masuk kembali ke wilayah udara AS di atas Idaho utara pada 31 Januari, kata seorang pejabat pertahanan AS. Begitu melintasi daratan AS, ia tidak kembali ke perairan terbuka, membuat penembakan menjadi sulit.

Kementerian luar negeri Cina mengecam serangan balon pada hari Sabtu, mengungkapkan "ketidakpuasan dan protes kuat Beijing terhadap penggunaan kekuatan oleh Amerika Serikat untuk menyerang pesawat sipil tak berawak".

Mereka mengkritik AS karena "reaksi berlebihan yang jelas dan pelanggaran serius terhadap praktik internasional" dan mengatakan "akan dengan tegas menegakkan hak dan kepentingan sah perusahaan yang relevan, dan pada saat yang sama berhak untuk mengambil tanggapan lebih lanjut yang diperlukan".

Kehadiran balon di langit di atas Amerika Utara telah memberikan pukulan telak bagi hubungan AS-Tiongkok yang sudah tegang, dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken tiba-tiba membatalkan perjalanan Beijing berisiko tinggi yang bertujuan meredakan ketegangan pada hari Jumat.

Chna sangat menginginkan hubungan yang stabil dengan Washington sehingga dapat fokus pada ekonominya, yang terpukul oleh kebijakan nol-COVID yang sekarang ditinggalkan.

Sebelumnya pada hari Sabtu, kementerian luar negeri China mengecilkan pembatalan kunjungan Blinken, yang telah disetujui pada November oleh Biden dan Presiden Cina Xi Jinping, dengan mengatakan tidak ada pihak yang secara resmi mengumumkan rencana semacam itu.

“Sebenarnya, AS dan Cina tidak pernah mengumumkan kunjungan apa pun, AS membuat pengumuman semacam itu adalah urusan mereka sendiri, dan kami menghormati itu,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Ia juga menekankan bahwa perjalanan balon itu berada di luar kendali China dan mendesak AS untuk tidak "mencoreng" berdasarkan balon tersebut.

Diplomat senior Cina Wang Yi mengatakan Cina "selalu mengikuti hukum internasional dengan ketat, kami tidak menerima spekulasi dan hype yang tidak berdasar". Dia menambahkan, “Menghadapi situasi yang tidak terduga, kedua belah pihak harus tetap tenang, berkomunikasi tepat waktu, menghindari salah penilaian dan mengelola perbedaan.

Cina terus mengklaim bahwa balon itu hanyalah "pesawat" penelitian cuaca yang telah diterbangkan. Pentagon menolak mentah-mentah, serta anggapan Cina bahwa itu tidak digunakan untuk pengawasan dan hanya memiliki kemampuan navigasi yang terbatas.

Sementara penembakan hari Sabtu menyimpulkan dimensi militer dari saga mata-mata, Biden kemungkinan akan terus menghadapi pengawasan politik yang ketat dari lawan Republik di Kongres yang berpendapat dia gagal bertindak cukup cepat.

“Jelas bahwa pemerintahan Biden berharap untuk menyembunyikan kegagalan keamanan nasional ini dari Kongres dan rakyat Amerika,” kata Perwakilan AS Mike Rogers, seorang Republikan yang memimpin Komite Angkatan Bersenjata DPR.

“Mengizinkan balon mata-mata dari Partai Komunis Cina melakukan perjalanan melintasi seluruh benua Amerika Serikat sebelum menentang kehadirannya adalah proyeksi kelemahan Gedung Putih yang menghancurkan,” kata Senator Mississippi Roger Wicker, Republikan teratas di Komite Angkatan Bersenjata Senat .

Penekanan Biden pada hari Sabtu bahwa dia telah memerintahkan agar balon ditembak jatuh secepat mungkin bisa menjadi upaya untuk menanggapi kritik semacam itu.

Pejabat pertahanan pada hari Sabtu juga tampaknya meremehkan efek balon tersebut terhadap keamanan nasional AS.

“Penilaian kami – dan kami akan belajar lebih banyak saat kami mengambil puing-puing – adalah bahwa itu tidak mungkin memberikan nilai tambahan yang signifikan melebihi kemampuan intel [Cina] lainnya, seperti satelit di orbit rendah Bumi,” kata seorang pejabat senior pertahanan AS kepada wartawan.

Penerbangan balon Cina di wilayah AS adalah "nilai intelijen bagi kami", tambah mereka.

Pentagon menilai balon tersebut merupakan bagian dari armada balon mata-mata Cina. Pada hari Jumat, dikatakan balon Cina lain terbang di atas Amerika Latin tetapi tidak disebutkan di mana tepatnya.

Balon mata-mata – balon berisi gas yang terbang relatif tinggi di langit – umumnya memiliki kamera canggih dan teknologi pencitraan yang mengarah ke bawah, mengumpulkan informasi melalui fotografi dan pencitraan lain dari apa pun yang ada di tanah di bawahnya.

David DesRoches, profesor di Universitas Pertahanan Nasional yang berbasis di AS, mengatakan sebuah balon dapat mengumpulkan citra beresolusi lebih tinggi daripada satelit karena balon tersebut melayang di atas targetnya lebih lama.

“Anda bisa mendapatkan banyak informasi visual dari satelit, tetapi di suatu tempat sejauh utara [negara bagian] Montana, satelit hanya memiliki waktu beberapa detik untuk mencapai target sedangkan balon memiliki lebih banyak waktu. Hal kedua yang dapat dilakukan balon adalah mengumpulkan sinyal elektronik, sehingga dapat mencegat komunikasi,” katanya.

“Jika kita benar-benar menemukan [balon] dan itu terbukti sebagai barang pengawasan, saya pikir akan ada beberapa tampilan publik tentang itu,” kata DesRoches, menambahkan bahwa ini “akan semakin mempermalukan orang Cina”. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X