Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.273 views

Kasus COVID-19 Meningkat Jadi Sepertiga Populasi Tahanan Di Penjara Teluk Guantanamo

TELUK GUANTANAMO, KUBA (voa-islam.com) - Jumlah kasus COVID-19 di antara tahanan di penjara Teluk Guantanamo Kuba telah meningkat menjadi sepertiga dari keseluruhan populasi tahanan, The New York Times melaporkan, mengutip seorang pejabat AS.

Surat kabar itu melaporkan bahwa dua dari tahanan yang dites positif terkena virus telah diidentifikasi. Salah satunya adalah Abu Zubaydah, salah satu tahanan pertama yang disiksa di bawah program "interogasi intensif" CIA.

Yang lainnya adalah Guled Hassan Duran, seorang warga negara Somalia yang telah ditahan tanpa dakwaan di Guantanamo sejak tahun 2006. Keduanya ditempatkan di Kamp Five, sebuah penjara dengan keamanan maksimum yang menampung orang-orang yang ditahan di situs hitam CIA dan dibawa ke Guantanamo pada tahun 2006 hingga 2007.

Setidaknya 10 orang lainnya, menurut The New York Times, yang tertular virus tersebut berbasis di Camp Six, sebuah fasilitas keamanan menengah di mana terdapat ruang bersama bagi para tahanan untuk makan, shalat, dan kegiatan rekreasi.

Surat kabar itu melaporkan pekan lalu bahwa Abu Zubaydah telah tertular virus dan semua pertemuan hukum dibatalkan akibat wabah COVID-19.

Pentagon menolak untuk mengonfirmasi kepada The New York Times bahwa angka tersebut telah meningkat menjadi "lebih dari selusin" tahanan. Pejabat Pentagon juga menolak untuk menjelaskan perawatan yang diberikan oleh otoritas penjara atau mengatakan apakah ada tahanan yang sakit yang diberi obat antivirus Paxlovid atau tidak.

Middle East Eye menghubungi Departemen Pertahanan untuk mengomentari laporan ini tetapi belum menerima tanggapan pada saat publikasi.

Tahun lalu, Middle East Eye melaporkan adanya wabah virus Corona di  pusat penahanan Kamp Six, dengan beberapa tahanan tertular virus tersebut.

Kamp Six adalah salah satu bangunan baru Teluk Guantanamo, dibangun pada tahun 2006, dan menampung tahanan yang dianggap "bernilai rendah" dan yang tidak pernah dituntut dengan kejahatan.

Unit penjara senilai $37 juta awalnya dirancang sebagai fasilitas keamanan menengah dengan area makan dan rekreasi bersama. Namun, area makan komunal ditutup dan area rekreasi diubah menjadi kerangkeng individu.

Selama bertahun-tahun, organisasi hak asasi manusia dan kelompok masyarakat sipil mengkritik pemerintah AS karena kurangnya fasilitas medis untuk merawat tahanan di penjara dengan baik.

Sebuah laporan tahun 2019 oleh Pusat Korban Penyiksaan dan Dokter untuk Hak Asasi Manusia menemukan bahwa para tahanan mendapatkan pengabaian medis, dan peralatan medis serta keahlian medis yang tersedia di tempat itu "semakin tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan para tahanan".

Saat ini ada 35 orang yang ditahan di Teluk Guantanamo, 20 di antaranya telah disetujui untuk dipindahkan, sementara tiga lainnya ditahan tanpa batas waktu. Sepuluh sedang menunggu persidangan dan dua telah dihukum, termasuk Majid Khan, yang telah menyelesaikan hukumannya dan membutuhkan negara untuk dipindahkan.

Sejak Biden menjabat, pemerintahannya telah membebaskan empat tahanan. Selama empat tahun mantan Presiden Donald Trump menjabat, hanya satu orang - seorang warga negara Saudi yang dibebaskan di bawah pemerintahan Obama - dibebaskan. (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X