Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.074 views

2 Pria Yang Dituduh Membunuh Malcom X Akan Terima 36 Juta USD Sebagai Kompensasi

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Dua pria yang hukumannya atas pembunuhan Malcolm X tahun 1965 dibatalkan tahun lalu akan menerima $36 juta dari kota dan negara bagian New York, pengacara mereka mengkonfirmasi.

"Tragedi pembunuhan Malcolm X dirasakan di seluruh dunia, dan diperparah oleh fakta bahwa hal itu menyebabkan hukuman dan pemenjaraan dua pria muda kulit hitam yang tidak bersalah, di Amerika," kata pengacara mereka, David Shanies, dalam sebuah pernyataan melalui email kepada AFP. pada Ahad (30/10/2022) malam.

Kedua pria itu, Muhammad Aziz dan Khalil Islam, selalu bersikeras bahwa mereka tidak melakukan pembunuhan.

Aziz, 84, telah meminta $ 40 juta setelah menjalani sekitar dua dekade penjara dan lebih dari 55 tahun setelah disalahkan secara salah dalam kasus yang menimbulkan pertanyaan tentang rasisme dalam sistem peradilan pidana. Aziz menikah dan memiliki enam anak.

Khalil Islam, yang meninggal pada 2009 pada usia 74, juga menghabiskan lebih dari 20 tahun penjara dan dibebaskan pada November 2021. Dia juga telah mengajukan gugatan senilai $40 juta.

Mereka dibebaskan pada pertengahan 1980-an, tetapi baru pada November 2021 nama mereka sepenuhnya dibersihkan oleh Mahkamah Agung Negara Bagian New York, yang menyebut hukuman mereka hampir setengah abad yang lalu sebagai "kegagalan keadilan".


“Hari ini kami mengakui ketidakadilan itu dan mengambil langkah sederhana untuk memperbaikinya,” kata Shanies.

Dia mengkonfirmasi sebuah laporan dari New York Times bahwa kota New York akan membayar $26 juta untuk dibagi antara Aziz yang berusia 84 tahun dan keluarga Islam.

Pemerintah negara bagian New York juga akan membayar masing-masing lima juta dolar, dengan total kompensasi $36 juta.

Nick Paolucci, juru bicara Departemen Hukum Kota New York, mengatakan kepada New York Times pada hari Ahad:“Penyelesaian ini membawa keadilan bagi individu yang menghabiskan beberapa dekade di penjara dan menanggung stigma dituduh membunuh seorang sosok ikonik.”

Selama lebih dari setengah abad, catatan resmi menyatakan bahwa tiga anggota kelompok nasionalis kulit hitam Nation of Islam – yang baru-baru ini ditinggalkan oleh Malcolm X – menembak pemimpin ikonik berusia 39 tahun itu di depan istri dan anak-anaknya ketika dia tiba di berbicara di podium ballroom Harlem.

Seorang pria dengan senapan bergegas ke atas panggung dan menembak Malcolm sekali di dada. Dua orang lainnya dengan pistol semi-otomatis menyerbu ke depan, menembaki dia. Dia dinyatakan meninggal di rumah sakit terdekat dengan 21 luka tembak.

Pemakamannya di Harlem dihadiri oleh para pemimpin hak-hak sipil kulit hitam terkemuka dan sebanyak 30.000 pelayat di jalanan.

Aziz, Islam dan orang ketiga, Mujahid Abdul Halim, dihukum pada tahun 1966 – tetapi sejarawan telah lama meragukan tesis itu.

Abdul Halim – sekarang berusia 81 tahun dan dibebaskan dari penjara pada tahun 2010 – mengakui pembunuhan itu tetapi mempertahankan tidak bersalahnya dua lainnya. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 17/09/2024 06:01

Bekerjalah dan Sholatlah