Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.455 views

Adidas Akhiri Kontrak Dengan Rapper Terkenal Kanye West Karena Komentar Anti-Semit

BERLIN, JERMAN (vooa-islam.com) - Adidas mengakhiri kemitraan yang membantu membuat artis yang sebelumnya dikenal dengan nama Kanye West menjadi miliarder dan memberikan daya tarik yang kuat kepada pakaian olahraga Jerman tersebut, tetapi pada akhirnya tidak dapat bertahan dari kemarahan yang memuncak atas pernyataan ofensif dan antisemit sang rapper

Raksasa sepatu kets itu menjadi perusahaan terbaru yang memutuskan hubungan dengan Ye, yang karier musiknya sedang menurun karena menuai kontroversi.

Adidas mengatakan pihaknya memperkirakan akan menerima pendapatan bersih hingga 250 juta euro ($246 juta) tahun ini dari keputusan untuk segera menghentikan produksi lini produk Yeezy dan menghentikan pembayaran kepada Ye dan perusahaannya. Sahamnya ditutup turun lebih dari 2% pada hari Selasa (26/10/2022).

"Adidas tidak menoleransi antisemitisme dan segala bentuk ujaran kebencian lainnya," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan Selasa. “Komentar dan tindakan Anda baru-baru ini tidak dapat diterima, penuh kebencian, dan berbahaya, dan itu melanggar nilai-nilai perusahaan tentang keragaman dan inklusi, saling menghormati, dan keadilan.”

Selama berminggu-minggu, Ye telah membuat komentar antisemitisme dalam wawancara dan media sosial, termasuk posting Twitter awal bulan ini bahwa dia akan segera menjadi "death con 3 pada ORANG YAHUDI," referensi yang jelas untuk skala kondisi kesiapan pertahanan AS yang dikenal sebagai DEFCON. Dia diskors dari Twitter dan Instagram.

Ye menyatakan penyesalannya dalam sebuah wawancara dengan podcaster Lex Fridman yang diposting online Senin, di mana dia menandai tweet awalnya sebagai kesalahan dan meminta maaf kepada “komunitas Yahudi.” Pesan email yang dikirim ke perwakilan Ye tidak segera dibalas.

Adidas telah terjebak dengan Ye melalui kontroversi lain atas pernyataannya tentang perbudakan dan vaksin COVID-19. Tapi komentar antisemit Ye membangkitkan hubungan masa lalu perusahaan itu sendiri dengan rezim Nazi yang telah ditinggalkan oleh perusahaan itu.

Kongres Yahudi Dunia mencatat bahwa selama Perang Dunia II, pabrik-pabrik Adidas ”memproduksi persediaan dan senjata untuk rezim Nazi, menggunakan tenaga kerja budak”.

Kelompok-kelompok Yahudi mengatakan keputusan untuk memutus kontrak Ye sudah terlambat.

“Saya ingin sikap yang jelas sebelumnya dari sebuah perusahaan Jerman yang juga terjerat dengan rezim Nazi,” Josef Schuster, presiden Dewan Pusat Yahudi di Jerman, kelompok Yahudi utama di negara di mana Adidas bermarkas.

Adidas, yang CEO Kasper Rorsted-nya mengundurkan diri tahun depan, mengatakan telah mencapai keputusannya setelah melakukan “tinjauan menyeluruh” atas kemitraannya dengan Ye, yang agensi bakatnya, CAA, serta rumah mode Balenciaga telah memecat rapper tersebut. Beberapa jam sebelum pengumuman, beberapa karyawan Adidas di AS telah berbicara di media sosial tentang kelambanan perusahaan.

Terlepas dari kontroversi yang berkembang, Allen Adamson, salah satu pendiri konsultan pemasaran Metaforce, percaya bahwa tanggapan Adidas yang tertunda “dapat dimengerti.”

"Hal positifnya sangat besar dalam hal audiens yang menarik — lebih muda, urban, trendsetter, ukuran bisnis," kata Adamson. "Saya yakin mereka berharap tanpa harapan bahwa dia akan meminta maaf dan mencoba membuat ini baik-baik saja."

Adidas tidak merinci angka penjualan Yeezy, tetapi dampaknya akan lebih parah dari yang diperkirakan mengingat bahwa merek tersebut telah mengakhiri produksi semua produk Yeezy dan menghentikan pembayaran royalti, menurut analis Morningstar David Swartz dalam sebuah catatan yang diterbitkan Selasa.

Swartz memproyeksikan pendapatan Adidas secara keseluruhan mencapai 23,2 miliar euro ($ 23,1 miliar) tahun ini, dengan merek Yeezy menghasilkan 1,5 miliar hingga 2 miliar euro ($ 1,99 miliar), atau hampir 10% dari total. Merek pricy menyumbang hingga 15% dari laba bersih perusahaan, kata Swartz.

Forbes memperkirakan bahwa Adidas menyumbang $ 1,5 miliar dari kekayaan bersih Ye dan tanpa kesepakatan, itu akan turun menjadi $ 400 juta, termasuk katalog musiknya, real estat, uang tunai dan saham di perusahaan shapewear mantan suami Kim Kardashian, Skims. (F24)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X