Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.365 views

Pemimpin Pro-Kemerdekaan Kashmir Terkemuka Yang Dipenjara Meninggal Dalam Tahanan Polisi India

NEW DELHI, INDIA (voa-islam.com) - Altaf Ahmad Shah, seorang politisi terkemuka di Kashmir yang menentang pemerintahan India atas wilayah yang disengketakan selama beberapa dekade dan telah dipenjara oleh otoritas India selama lima tahun terakhir, telah meninggal saat dalam tahanan polisi, kata keluarganya Selasa (11/10/2022). Dia berusia 66 tahun.

Ahmad Shah ditangkap oleh otoritas India pada 2017 atas tuduhan "pendanaan teror" dan ditahan di penjara Tihar New Delhi, di mana ia didiagnosis menderita kanker ginjal pada September. Setelah permohonan keluarga berulang kali kepada pejabat senior pemerintah, termasuk surat kepada Menteri Dalam Negeri India Amit Shah, pemimpin yang dipenjara itu dipindahkan ke Institut Ilmu Kedokteran Seluruh India di New Delhi untuk perawatan, di mana dia meninggal pada Senin malam.

Pejabat penjara Tihar tidak segera mengomentari kematian Ahmad Shah.

Ahmad Shah adalah pemimpin separatis keempat dari Kashmir yang dikuasai India yang tewas dalam tahanan polisi dalam tiga tahun terakhir. Dia adalah bagian dari Tehreek-e-Hurriyat, sebuah kelompok politik anti-India, dan salah satu pendukung setia tuntutan penggabungan Kashmir dengan Pakistan.

Tahun lalu, ayah mertua Shah dan pemimpin anti-India paling setia di kawasan itu, Syed Ali Geelani, 91, meninggal di kediamannya di Srinagar setelah hampir 10 tahun menjadi tahanan rumah. Sebelumnya pada tahun 2021, pemimpin separatis Mohammed Ashraf Sehrai, 78, meninggal karena berbagai penyakit saat berada di penjara.

India telah menangkap ribuan warga Kashmir di bawah undang-undang ketat yang diberlakukan ketika perjuangan bersenjata meletus untuk mencari kemerdekaan wilayah itu atau bergabung dengan Pakistan, yang mengendalikan bagian lain dari wilayah itu. Kelompok hak asasi mengatakan India telah menggunakan undang-undang tersebut untuk meredam perbedaan pendapat dan menghindari sistem peradilan, merusak akuntabilitas, transparansi, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

India menganggap perjuangan bersenjata sebagai perang proksi oleh Pakistan dan menganggapnya sebagai terorisme yang disponsori negara. Sebagian besar Muslim Kashmir menganggapnya sebagai perjuangan kebebasan yang sah dan mendukung tujuan para pejuang pembebasan Kashmir agar wilayah yang terbagi itu bersatu baik di bawah pemerintahan Pakistan atau sebagai negara merdeka.

Putri Shah, Ruwa Shah, mentweet tentang kondisi ayahnya pada 21 September, mengatakan dia membutuhkan "rumah sakit yang layak" daripada ICU penjara. Dalam sebuah surat yang ditulis ke Pengadilan Tinggi Delhi, dia juga meminta pembebasan ayahnya dengan jaminan karena kesehatannya yang buruk.

Ahmad Shah pertama kali dipindahkan ke Rumah Sakit Dr Ram Manohar Lohia New Delhi, menurut Ruwa, yang mengatakan fasilitas kesehatan itu tidak merawat pasien kanker. Dia kemudian dipindahkan ke All India Institute of Medical Sciences, fasilitas kesehatan utama India, setelah intervensi dari Pengadilan Tinggi Delhi.

“Ini selalu menjadi perhatian terbesarnya sejak dipenjara, bahwa dia akan mati sebagai tahanan,” kata Ruwa kepada situs berita India The Quint pekan lalu.

Pada Agustus 2019, ketika India mencabut semi-otonomi Kashmir, pihak berwenang India dengan keras menindak para pemimpin kelompok itu, menahan banyak dari mereka dan melarang mereka memimpin protes publik. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X