Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.853 views

Serangan Terbaru Zionis Israel Ke Gaza: Bagaimana Dunia Bereaksi Atas Agresi Israel

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Serangan Zionis Israel di Gaza, yang kini memasuki hari kedua, telah memicu beragam reaksi internasional dari masyarakat internasional.

Tentara Zionis Israel mengumumkan operasi "Breaking Dawn" pada hari Jum'at, menewaskan satu anggota Palestina dari faksi bersenjata Jihad Islam, bersama dengan 11 warga Palestina lainnya, termasuk seorang bocah perempuan berusia lima tahun.

Putaran kekerasan terbaru terjadi hanya 15 bulan setelah serangan Israel Mei 2021 di Gaza, yang menewaskan 256 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak, sementara di Israel 13 orang tewas oleh roket Palestina, termasuk dua anak-anak.

Jum'at malam, para mediator Mesir melakukan kontak dengan Israel dan kelompok-kelompok perlawanan Palestina di Gaza, berusaha untuk mengakhiri permusuhan dengan cepat, menurut media Mesir.

Jihad Islam Palestina, target yang dinyatakan Israel dalam operasi itu, mengatakan bahwa ini bukan waktunya untuk pembicaraan gencatan senjata.

Ran Kochav, juru bicara tentara Zionis Israel, juga sesumbar Israel tidak mengadakan negosiasi apa pun dan sedang mempersiapkan operasi yang berlangsung selama seminggu.

Sebelum operasi, Israel telah menutup semua perbatasan masuk dan keluar dari Gaza, yang sudah menderita blokade 15 tahun yang telah membuat wilayah yang diduduki kekurangan obat-obatan dan komoditas penting.

Reaksi dunia

Utusan PBB untuk Proses Perdamaian Timur Tengah, Tor Wennesland, mengklaim dia "sangat prihatin" dengan meningkatnya kekerasan.

"Tidak ada pembenaran untuk setiap serangan terhadap warga sipil," kata Wennesland setelah pemboman Israel.

“Kemajuan yang dibuat dalam pembukaan Gaza secara bertahap sejak akhir Mei berisiko eskalasi dibatalkan, yang mengarah pada kebutuhan kemanusiaan yang lebih besar pada saat sumber daya global direntangkan, dan dukungan keuangan internasional untuk upaya kemanusiaan baru di Gaza tidak akan tersedia dengan mudah. ."

Sementara itu, Turki mengutuk serangan udara tersebut, dengan mengatakan "tidak dapat diterima bahwa warga sipil, termasuk anak-anak, kehilangan nyawa mereka dalam serangan".

"Kami sangat prihatin dengan meningkatnya ketegangan di kawasan setelah serangan. Kami menekankan perlunya mengakhiri peristiwa ini sebelum berubah menjadi spiral konflik baru," kata pernyataan kementerian luar negeri.

Demikian juga, dalam sebuah pernyataan, kementerian luar negeri Qatar mengutuk keras "agresi" Israel.

Pernyataan itu meminta masyarakat internasional "untuk bergerak segera untuk menghentikan serangan berulang pendudukan terhadap warga sipil, terutama perempuan dan anak-anak".

Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menuduh Israel berusaha "menaklukkan" warga Palestina melalui kekuatan militernya yang besar untuk "menghilangkan" mereka yang ingin membela hak-hak mereka dan menyerukan diakhirinya pendudukan Israel.

Uni Emirat Arab, Bahrain dan Maroko, negara-negara yang telah menandatangani pakta normalisasi dengan Israel sejak 2020, telah menahan diri untuk mengutuk Tel Aviv.

Di sisi lain, Amerika Serikat menegaskan hak Israel untuk mempertahankan diri dengan menyerang Gaza.

Sementara Uni Eropa sejauh ini menahan diri dari mengutuk serangan Israel, politisi sayap kanan di benua itu, seperti Geert Wilders, memuji Tel Aviv karena mengakhiri "minggu yang sangat sukses melawan teroris dan jihadis Islam".

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss menyuarakan dukungan pemerintahnya untuk Israel.

"Inggris mendukung Israel dan haknya untuk membela diri," cuitnya.

"Kami mengutuk kelompok teroris yang menembaki warga sipil dan kekerasan yang mengakibatkan korban di kedua belah pihak."

"Kami menyerukan diakhirinya kekerasan dengan cepat." (MEE)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X