Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.381 views

Pemberontakan Terkait Islamic State Di Mozambik Menangancam Stabilitas Kawasan

MAPUTO, MOZAMBIK (voa-islam.com) - Eskalasi kekerasan dari pemberontakan di Mozambik utara bulan lalu telah menimbulkan kekhawatiran baru tentang keamanan di Afrika selatan, wilayah yang relatif menikmati stabilitas dalam beberapa dekade terakhir.

Para jihadis yang terkait dengan Islamic State (IS) menyerbu kota pesisir Palma pada 24 Maret, memaksa ribuan penduduk mengungsi ke hutan di sekitarnya dan mendorong Total Prancis untuk meninggalkan proyek gas bernilai miliaran dolar di dekatnya.

Serangan yang direncanakan dengan cekatan itu menandai intensifikasi besar dalam pemberontakan di seluruh provinsi Cabo Delgado selama lebih dari tiga tahun ketika para jihadis berusaha untuk mendirikan kekhalifahan.

16 anggota Komunitas Pembangunan Afrika Selatan (SADC) mengecam serangan itu, menyebutnya sebagai "penghinaan" terhadap perdamaian dan keamanan Mozambik, kawasan dan komunitas internasional.

Enam dari pemimpin regional akan bertemu pada Kamis (8/4/2021) untuk pembicaraan darurat di ibu kota Mozambik, Maputo, mengenai situasi keamanan yang memburuk.

Analis mengatakan stabilitas kawasan yang lebih luas dipertaruhkan, serta spin-off proyek gas alam cair (LNG) di semenanjung Afungi - investasi tunggal terbesar di Afrika, dipimpin oleh Total.

"Harapannya adalah bahwa Mozambik akan membuka pintunya untuk beberapa bantuan praktis ... sebagai bagian dari strategi terintegrasi," kata analis Crisis Group Piers Pigou, mencatat bahwa negara tersebut sejauh ini hanya meminta bantuan ad-hoc dari anggota SADC lainnya pada secara bilateral.

Meyakinkan Presiden Filipe Nyusi untuk berhenti memainkan "politik kedaulatan" dan bekerja sama dengan blok itu akan menjadi kunci untuk menggagalkan pemberontakan, kata Pigou.

"Pertanyaannya adalah apakah ia dapat dihentikan sejak awal pada saat ini tanpa menyebar lebih jauh," tambahnya.

'Di depan pintu kami'

Sementara para jihadis Mozambik sejauh ini relatif terkendali, kesetiaan mereka pada tahun 2018 kepada kelompok IS telah menimbulkan kekhawatiran akan agenda yang lebih luas dan taktik yang lebih canggih.

Aktivis masyarakat sipil Mozambik Adriano Nuvunga mengatakan dampak dari memburuknya situasi bisa menjadi sangat penting.

"Jika Mozambik akan runtuh, itu dapat digunakan oleh semua jenis kelompok sebagai titik transit untuk mempengaruhi wilayah tersebut," dia memperingatkan.

Negara Afrika Tenggara, yang membentang di sepanjang Samudra Hindia, berbatasan dengan Malawi, Afrika Selatan, Tanzania, Zambia, Eswatini, dan Zimbabwe.

"Perbatasan dengan Mozambik sangat besar dan tidak mudah dikelola," kata analis independen Tanzania Kennedy Mmari, memperingatkan bahwa pemberontakan dapat "mempercepat" ekstremisme di negaranya.

Jihadis Mozambik telah menargetkan bagian dari Tanzania selatan, termasuk serangan mematikan di kota Mtwara Oktober lalu.

"Itu ada di depan pintu kami," kata peneliti Institut Studi Keamanan yang berbasis di Afrika Selatan, Liesl Louw-Vaudran.

"Ini akan menjadi masalah besar jika ada pemberontakan yang berkembang di Afrika selatan, di mana kami belum benar-benar melihat ekstremisme kekerasan," katanya.

Negara yang paling rentan adalah yang berbatasan dengan Cabo Delgado, kata Louw-Vaudran, termasuk Malawi dan Zimbabwe.

Namun dia mencatat risiko perluasan wilayah tetap "cukup terbatas" untuk saat ini, karena para jihadis tampaknya lebih cenderung menyebar lebih jauh ke Mozambik daripada melintasi perbatasan.

Gas dipertaruhkan

Kekhawatiran keamanan diperparah oleh kedekatan lokasi pemberontak dengan proyek LNG, yang semula dijadwalkan untuk mulai beroperasi pada tahun 2024, sebelum serangan Palma.

"Cadangan gas kelas dunia" ini dimaksudkan untuk mengubah Mozambik menjadi "raksasa energi" di kawasan yang berusaha meningkatkan dan mendiversifikasi pasokan energinya, kata Nuvunga.

Analis khawatir kerusuhan dapat mendorong perusahaan energi internasional untuk sepenuhnya meninggalkan lokasi LNG, dan menghalangi investasi masa depan di daerah tersebut.

"Kawasan itu bisa mendapatkan keuntungan dari gas ini ... tetapi kapal itu sekarang telah berlayar," kata Louw-Vaudran, mengacu pada peluang yang telah terbuka untuk bisnis pendukung.

Koridor perdagangan juga terancam.

Analis menunjuk ke koridor yang menghubungkan Malawi, Zambia dan Zimbabwe yang terkurung daratan ke pelabuhan Beira di Mozambik, dan bendungan pembangkit listrik tenaga air Cahora Bassa - yang terbesar di Afrika selatan - terletak di barat laut Mozambik.

"Orang-orang khawatir jika pemberontakan tidak ditangani dan meningkatkan kapasitas, hal itu dapat membajak pengembangan sumber daya di wilayah tersebut," kata Nuvunga.

KTT hari Kamis datang ketika pihak berwenang Mozambik bersikeras bahwa Palma sekarang sepenuhnya berada di tangan pemerintah - sebuah klaim yang diperdebatkan secara luas oleh para analis dan sumber di lapangan.

"Mereka masih jauh dari kendali," kata Pigou.

"Apakah [SADC] memiliki ketangkasan untuk menavigasi ruang itu dan mendapatkan beberapa kemajuan masih harus dilihat." (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X