Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.198 views

Amnesty Internasional: RUU 'Separatisme' Prancis Berisiko Mendiskriminasi Muslim

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Saat Senat Prancis bersiap untuk memperdebatkan apa yang disebut RUU "anti-separatisme", kelompok hak asasi manusia Amnesty International telah mengajukan permohonan pada menit-menit terakhir agar "banyak ketentuan bermasalah" dari rancangan undang-undang tersebut dibatalkan atau diubah.

Debat Senat pada hari Selasa terjadi setelah para legislator di majelis rendah negara itu, yang didominasi oleh partai tengah Presiden Emmanuel Macron La République En Marche (LREM), memberikan suara yang sangat mendukungnya dalam pemungutan suara 16 Februari.

Senat yang dipimpin konservatif diperkirakan akan menyetujui RUU tersebut.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (29/3/2021), Amnesty mengatakan peraturan baru yang direncanakan berdasarkan undang-undang tersebut akan mengarah pada diskriminasi lebih lanjut terhadap minoritas Muslim di negara itu.

“Undang-undang yang diusulkan ini akan menjadi serangan serius terhadap hak dan kebebasan di Prancis,” kata Marco Perolini, peneliti Eropa Amnesty International.

Pemerintah Macron mengklaim RUU itu akan menangani apa yang disebut presiden sebagai "separatisme Islam" dan menggarisbawahi sistem sekuler negara itu.

Tetapi para kritikus berpendapat itu melanggar kebebasan beragama dan secara tidak adil menargetkan minoritas Muslim Prancis, yang dengan 5,7 juta orang adalah yang terbesar di Eropa.

Undang-undang tidak secara khusus menyebutkan kata Islam, tetapi Muslim Prancis telah selama berbulan-bulan memprotesnya, dengan mengatakan langkah-langkah tersebut menargetkan mereka.

“Berkali-kali kami telah melihat pihak berwenang Prancis menggunakan konsep 'radikalisasi' atau 'Islam radikal' yang tidak jelas dan tidak jelas untuk membenarkan penerapan tindakan tanpa dasar yang valid, yang berisiko mengarah pada diskriminasi dalam penerapannya terhadap Muslim dan minoritas lainnya. kelompok, ”kata Perolini. Stigmatisasi ini harus diakhiri.

'Serangan terhadap hak dan kebebasan'

Dalam keadaannya saat ini, beberapa aspek dari RUU tersebut meningkatkan perhatian terhadap perlindungan kebebasan berserikat dan berekspresi serta prinsip non-diskriminasi di Prancis, kata Amnesty.

Ia mengutip beberapa dari lebih dari 50 pasal sebagai bermasalah - termasuk Pasal 6, yang menyatakan bahwa setiap organisasi yang mengajukan permohonan hibah dari Negara atau otoritas lokal harus menandatangani kontrak "komitmen republik", dan Pasal 8, yang akan menyerahkan kekuasaan lebih lanjut kepada otoritas dalam membubarkan organisasi.

"Ini akan memungkinkan otoritas publik untuk mendanai hanya organisasi yang menandatangani 'kontrak komitmen republik' - konsep yang didefinisikan secara samar yang terbuka lebar untuk penyalahgunaan dan mengancam kebebasan berekspresi dan asosiasi yang diklaim oleh otoritas Prancis untuk dipertahankan," kata Perolini , mengomentari Pasal 6.

Di tempat lain, RUU tersebut bertujuan untuk mengatur homeschooling dan pendanaan asing dari organisasi keagamaan dan menindak poligami dan dokter yang mengeluarkan apa yang disebut sertifikat keperawanan.

Undang-undang tersebut telah diperdebatkan dalam suasana yang sangat sengit setelah tiga serangan akhir tahun lalu, termasuk serangan mematikan pada 16 Oktober terhadap guru Samuel Paty, yang telah menunjukkan karikatur Nabi Muhammad kepada siswanya selama pelajaran tentang kebebasan berbicara. (Aje)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X