Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.357 views

Menteri Pertahanan AS Mike Pompeo Klaim Al-Qaidah Dirikan Pangkalan Baru Di Iran

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan hari Selasa (12/1/2021) bahwa Al-Qaidah telah mendirikan pangkalan baru di Iran. Dia mengklaim kelompok jihadis itu telah "bersembunyi di dalam" negara itu, membuat AS lebih sulit untuk menargetkan anggotanya.

Klaim Pompeo muncul di belakang laporan New York Times bahwa pemimpin Al-Qaidah, Abu Muhammad al-Masri, telah dibunuh di Iran oleh operasi Israel pada Agustus 2020. Iran kemudian membantah laporan itu.

"Kehadiran Al-Masri di Iran menunjukkan alasan bahwa kita berada di sini hari ini ... Al-Qaidah memiliki basis baru, Republik Iran," kata Pompeo pada konferensi pers di National Press Club di Washington sebagai konfirmasi resmi atas laporan tersebut, meskipun tanpa memberikan bukti kuat.

"Iran memang Afghanistan baru ... sebagai pusat geografis utama Al-Qaidah," kata Pompeo. "Tidak seperti di Afghanistan, ketika Al-Qaidah bersembunyi di pegunungan, Al-Qaidah hari ini beroperasi di bawah cangkang keras perlindungan rezim Iran," tambahnya.

"Teheran memberikan perlindungan bagi para pemimpin senior kelompok teror .. dan telah memungkinkan Al-Qaidah untuk mengumpulkan dana, untuk berkomunikasi secara bebas dengan anggota lain di seluruh dunia dan melakukan banyak fungsi lain yang sebelumnya diarahkan dari Afghanistan dan Pakistan."

Iran bantah adanya hubungan dengan Al-Qaidah

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menanggapi pernyataan Pompeo di Twitter, menyebut itu "deklasifikasi fiktif" dan "kebohongan penghasut."

Sebagai negara berdasarkan agama Syi'ah, Iran dianggap secara ideologis menentang kelompok jihadis seperti Al-Qaidah, yang menganut cabang Islam Sunni.

Pompeo, yang pernah menjabat sebagai kepala Badan Intelijen Pusat (CIA), sebelumnya mengatakan bahwa pendiri Al-Qaidah Syaikh Usamah bin Ladin "menganggap anggota Al-Qaidah di Iran sebagai sandera."

Pompeo berusaha menyebabkan malapetaka di hari-hari terakhir

Trita Parsi, wakil presiden eksekutif dari lembaga think tank Quincy Institute, berbicara kepada DW tentang tuduhan Pompeo, menyebutnya "hampir tidak meyakinkan."

Rezim Trump telah "mengejar tekanan maksimum terhadap Iran" sejak Trump mengambil alih kekuasaan - dia mempertanyakan mengapa mereka tidak akan menyatakan lebih awal jika bukti seperti itu memang ada.

Parsi juga menunjukkan bahwa dengan mengklaim Iran adalah basis baru Al-Qaidah, Pompeo telah membentuk "casus belli yang akan memungkinkan pemerintah untuk pergi dan menyerang Iran dalam beberapa hari terakhir kekuasaannya."

Legislasi dari tahun 2002 mengizinkan pemerintah untuk mengambil tindakan militer terhadap Al-Qaidah tanpa persetujuan kongres.

Parsi percaya, bagaimanapun, bahwa tujuan sebenarnya di balik langkah Pompeo adalah "untuk membuat pemerintahan Biden tidak mungkin mengejar diplomasi ... dan untuk membatalkan kekacauan yang disebabkan oleh Trump dan Pompeo."

Dia mengatakan bahwa ini sejalan dengan penunjukan pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman sebagai organisasi teroris pada hari Senin.

Poros baru al-Qaida-Iran?

Argumen Pompeo tentang dukungan Iran untuk Al-Qaidah menandai pertama kalinya Washington dengan jelas menuduh Teheran mendukung kelompok jihadis Sunni. Iran dikenal sebagai pendukung kelompok milisi Syi'ah, seperti Hizbulata Libanon.

Namun, Pompeo mengatakan hubungan antara Iran dan Al-Qaidah telah membaik sejak perjanjian nuklir 2015 yang diputus oleh pemerintahan Obama.

Pakar intelijen AS mengklaim wilayah Iran menyediakan tempat berlindung yang relatif aman dari militer AS, dan kehadiran Al-Qaidah di sana datang sebagai imbalan atas jaminan bahwa para jihadis tersebut tidak akan menargetkan kepentingan Iran.

"Iran memutuskan untuk mengizinkan Al-Qaidah untuk mendirikan markas operasional baru, dengan syarat bahwa Al-Qaidah di dalam mematuhi aturan rezim yang mengatur Al-Qaidah tinggal di dalam negeri, '' klaim Pompeo. (DW)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X