Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.129 views

Prancis Klaim Bunuh Pemimpin Al-Qaidah Islamic Maghreb Abdel Malek Droukdel Dalam Operasi di Mali

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Prancis mengklaim telah membunuh pemimpin Al-Qaidah di Afrika utara, Abdelmalek Droukdel, dalam sebuah operasi di Mali.

Menteri Pertahanan Florence Parly mengklaim Droukdel bersama dengan anggota lingkaran dalamnya telah terbunuh di utara negara itu pada hari Rabu.

Pasukan Prancis juga telah menangkap seorang komandan kelompok Islamic State senior di Mali dalam operasi Mei, katanya.

"Operasi yang berani" telah memberikan "pukulan telak kepada kelompok-kelompok jihadis", katanya.

"Pasukan kami, bekerja sama dengan mitra mereka di Sahel, akan terus memburu mereka tanpa henti," katanya.

Apa konteksnya?

Sebagai kepala Al-Qaidah Islamic Maghreb (AQIM), Droukdel bertanggung jawab atas semua afiliasi di Afrika utara dan juga memimpin afiliasi Al-Qaidah Sahel, Jamaat Nusrat al-Islam wal-Muslimin (JNIM).

Komandan kelompok Islamic State yang tertangkap, Mohamed Mrabat, adalah seorang veteran jihadis dan memiliki peran senior di IS dalam kelompok Sahara Besar (ISGS), kata Parly.

Dia ditangkap pada 19 Mei, tambahnya.

Pada 7 Mei IS mengungkapkan bahwa anggotanya terlibat dalam bentrokan sengit dengan Al-Qaidah di Mali dan Burkina Faso.

Mereka menuduh JNIM menyerang posisinya, memblokir pasokan bahan bakar dan menahan pendukung IS.

ISGS dengan cepat mendirikan pijakan di negara-negara Sahel setelah mengumumkan kehadiran pada Maret tahun lalu.

Berusia di akhir 40-an, Droukdel berperang melawan pasukan Soviet di Afghanistan, dan menganggap mantan pemimpin Al-Qaidah di Irak, Abu Musab al-Zarqawi, sebagai inspirasinya.

Di bawah kepemimpinannya AQIM melakukan banyak serangan mematikan, termasuk serangan tahun 2016 di sebuah hotel di ibukota Burkina Faso, Ouagadougou, yang menewaskan 30 orang dan 150 lainnya luka-luka.

Pada 2012 dia dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan di Aljazair setelah dihukum secara absensia karena pembunuhan, keanggotaan organisasi jihadis dan serangan menggunakan bahan peledak.

Tuduhan terkait dengan tiga serangan bom di ibukota Algiers pada April 2007 yang menewaskan 22 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya.

Seorang jihadis veteran

Jihadis veteran Aljazair ini adalah salah satu komandan paling terkenal di wilayah Afrika-Sahara utara, melakukan kampanye jihad pertama di Aljazair kemudian melawan pasukan Prancis dan pasukan lainnya di Mali.

Menurut Dewan Keamanan PBB, yang memberikan sanksi kepadanya pada 2007, Droukdel adalah seorang ahli bahan peledak.

Sebagai pemimpin Al-Qaidah di Maghreb Islam (AQIM) ia berperan penting dalam penculikan warga  Barat dalam serangan sejauh Tunisia, Niger, dan Mali.

Dia juga membantu kelompok itu memperluas wilayah kegiatannya jauh ke Mali di mana, menurut klaim pemerintah Prancis, dia menemui ajalnya.

Kelompok-kelompok jihad biasanya dengan cepat mengumumkan pengganti pemimpin yang terbunuh atau ditangkap, tetapi di Afrika utara ada tanda-tanda meningkatnya ketegangan antara Al-Qaidah dan saingannya yang lebih baru, Islamic State dan afiliasinya.

Apa yang dilakukan Prancis di Sahel?

Ribuan tentara Prancis telah dikerahkan di Mali sejak 2013.

Prancis, bekas kekuasaan kolonial, terlibat konflik Mali setelah jihadis menguasai bagian utara. Dengan bantuan Prancis, tentara Mali telah merebut kembali wilayah itu, tetapi rasa tidak aman terus berlanjut dan kekerasan telah menyebar ke negara-negara tetangga.

Lebih dari 5.000 tentara Prancis telah bertugas sebagai bagian dari Operasi Barkhane untuk mendukung pasukan Mali, Mauritania, Niger, Burkina Faso, dan Chad.

Namun mereka menghadapi pemberontakan yang terus meningkat oleh kelompok-kelompok jihadis, yang telah secara signifikan meningkatkan serangan mereka di negara-negara Sahel sejak tahun lalu. (BBC) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X