Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.625 views

Hamas Konfirmasi 2 Warga Gaza Terinfeksi Virus Corona

GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Pihak berwenang di Gaza mengkonfirmasi dua kasus pertama virus Corona baru pada hari Ahad (22/3/2020) mengidentifikasi individu-individu tersebut sebagai warga Palestina yang telah melakukan perjalanan ke Pakistan dan ditahan di karantina setelah mereka kembali.

PBB telah memperingatkan bahwa wabah COVID-19 di Gaza dapat menjadi bencana, mengingat tingkat kemiskinan yang tinggi dan sistem kesehatan yang lemah di jalur pantai yang berada di bawah blokade Israel sejak 2007.

Namun kementerian kesehatan Gaza mengatakan dua orang yang dinyatakan positif telah ditahan di karantina sejak mereka kembali dari Pakistan pada hari Kamis dan tidak berinteraksi dengan populasi yang lebih luas.

"Dua kasus ini tercatat di antara mereka yang kembali ke Gaza ... (dan) tidak berbaur dengan penduduk Jalur Gaza," kata wakil menteri kesehatan Yousef Abu Al-Reesh kepada wartawan.

Orang sakit tersebut, yang diidentifikasi sebagai dua pria, berada dalam kondisi stabil, kata kementerian kesehatan.

Israel telah memberlakukan blokade terhadap Gaza sejak 2007, ketika kelompok Islam Hamas menguasai wilayah itu.

Israel berpendapat langkah-langkah itu diperlukan untuk mengisolasi Hamas, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh sebagian besar negara-negara Barat. Israel dan Hamas telah berperang tiga kali sejak 2008.

Gerakan masuk dan keluar dari wilayah itu - yang sangat dibatasi oleh Israel dan Mesir sebelum pandemi - telah diperketat sebagai tanggapan terhadap virus Corona.

Pihak berwenang di Gaza mengatakan bahwa lebih dari 2.700 warga Palestina berada dalam isolasi di rumah, kebanyakan orang yang telah kembali dari Mesir.

'Bencana proporsi raksasa'

Kepala kantor Organisasi Kesehatan Dunia Palestina, Gerald Rockenschaub, mengatakan kepada AFP pekan ini bahwa pembatasan dan ketegangan politik Israel telah menyebabkan fasilitas kesehatan Gaza memburuk selama dekade terakhir.

Gaza hanya memiliki 60 tempat perawatan intensif (ICU) untuk dua juta orang dan tidak semua beroperasi karena kekurangan staf, katanya.

Menanggapi pandemi, Israel telah mengumumkan peningkatan pasokan peralatan medis ke Gaza, termasuk ratusan alat tes COVID-19 yang ditransfer minggu ini.

Otoritas Hamas juga bekerja untuk membangun hingga 1.000 ruang isolasi baru di dekat persimpangan Rafah dengan Mesir.

Direktu badan PBB untuk pengungsi Palestina UNRWA Gaza, Matthias Schmale, mengatakan kepada AFP minggu ini bahwa akan "sebuah ilusi untuk berpikir Anda dapat mengelola (epidemi) di ruang tertutup seperti ini."

"Semua yang saya dengar adalah jika wabah mencapai tingkat di mana Anda membutuhkan lebih dari 60 tempat tidur ICU untuk dirawat, itu akan menjadi semakin sulit dan bisa berubah menjadi bencana dengan proporsi yang sangat besar," katanya.

Warga Palestina yang menderita kanker dan penyakit serius lainnya diizinkan meninggalkan Gaza melalui Israel untuk berobat di negara Yahudi atau di Tepi Barat yang diduduki.

Masih belum jelas apakah Israel, yang telah memberlakukan pembatasan ketat pada populasinya sendiri sebagai tanggapan terhadap pandemi, akan memungkinkan pasien virus korona yang sakit parah dipindahkan dari Strip.

Pandemi global

Virus COVID-19, yang pertama kali terdeteksi di Wuhan Cina pada Desember, telah menewaskan lebih dari 14.000 orang di seluruh dunia, sementara lebih dari 308.595 infeksi telah dikonfirmasi.

Sebagian besar dari mereka yang terinfeksi korona hanya mengalami gejala ringan atau sedang, termasuk demam dan batuk kering.

Namun, kekhawatiran telah dikemukakan untuk para lansia dan mereka yang memiliki masalah kesehatan, yang dilaporkan menderita dengan komplikasi yang lebih parah, termasuk pneumonia dan bahkan kematian.

Organisasi Kesehatan Dunia bulan ini memperkirakan coronavirus baru membunuh 3,4 persen dari semua yang terinfeksi.

Tetapi bagi orang berusia di atas 80, tingkat kematian adalah 21,9 persen, menurut laporan yang dilakukan WHO dengan pihak berwenang Cina.

Sampai sekarang, belum ada pengobatan yang diketahui untuk virus ini, meskipun lebih dari 95.829 telah pulih dari infeksi.

Organisasi Kesehatan Dunia telah mengkonfirmasi mereka yang mengalami versi virus yang lebih ringan pulih dalam waktu sekitar dua minggu, sementara mereka yang sakit parah mungkin membutuhkan tiga hingga enam minggu untuk pulih.

Ketika pandemi terus menyebar di seluruh dunia, puluhan kelompok penelitian di seluruh dunia berlomba untuk membuat vaksin sementara pemerintah terus menerapkan pembatasan ketat atau "penguncian" untuk membantu membendung penyebaran virus. (TNA)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X