Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.072 views

Laporan: Presiden Donald Trump Abaikan Peringatan Badan Intelijen AS Akan Bahaya Virus Corona

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Presiden AS Donald Trump mengabaikan laporan dari badan intelijen Amerika pada Januari dan Februari yang memperingatkan tentang bahaya yang ditimbulkan oleh wabah virus Corona di Cina, menurut sebuah laporan.

Trump dan anggota Kongres meremehkan ancaman virus Corona dan gagal untuk mengambil tindakan yang mungkin memperlambat penyebaran patogen tersebut, The Washington Post melaporkan pada hari Jum'at, mengutip pejabat intelijen AS.

Laporan intelijen tidak memprediksi kapan virus itu mungkin mencapai AS atau merekomendasikan metode tertentu yang harus diambil oleh pejabat kesehatan masyarakat, tetapi mereka melacak penyebaran virus di Cina dan negara-negara lain, surat kabar itu melaporkan.

Laporan itu memperingatkan perlunya langkah cepat oleh pemerintah AS untuk membendungnya, tetapi Trump secara publik dan pribadi terus mengecilkan ancaman virus yang ditimbulkan kepada orang Amerika, kata Post.

Trump tidak mempercayai komunitas intelijen AS, menggambarkannya sebagai bagian dari "keadaan mendalam" para birokrat mapan yang berupaya melemahkan kebijakannya.

"Donald Trump mungkin tidak mengharapkan ini, tetapi banyak orang di pemerintahan - mereka hanya tidak bisa membuatnya melakukan sesuatu tentang hal itu," kata seorang pejabat AS kepada surat kabar itu. "Sistemnya berkedip merah."

Peringatan dari badan-badan intelijen AS meningkat menjelang akhir Januari dan awal Februari dan penasihat Trump berjuang untuk membuatnya menangani virus dengan serius, kata beberapa pejabat yang mengetahui masalah ini.

Pada awal Februari, para pejabat senior AS termasuk wakil penasihat keamanan nasional Trump, Matthew Pottinger, mulai menyerukan tanggapan yang lebih efektif, tetapi Trump menolak dan terus meyakinkan orang Amerika bahwa virus Corona tidak akan pernah merajalela seperti yang terjadi di negara lain, menurut orang-orang menjelaskan. pada pertemuan Gedung Putih.

"Saya pikir ini akan bekerja dengan baik," kata Trump pada 19 Februari. "Saya pikir ketika kita memasuki bulan April, dalam cuaca yang lebih hangat, itu memiliki efek yang sangat negatif terhadap hal itu dan jenis virus itu."

Namun awal bulan itu, seorang pejabat senior di Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menyampaikan pesan yang berbeda secara drastis kepada Komite Intelijen Senat, memperingatkan bahwa virus itu menjadi ancaman “serius”.

Trump akhirnya mengubah komentarnya setelah diperlihatkan model statistik tentang penyebaran virus di negara-negara Asia dan Eropa dan mendengar dari para pemimpin bisnis pekan lalu terguncang oleh kejatuhan di pasar saham, kata laporan itu. Tetapi pada saat itu, tanda-tanda telah menunjukkan wabah besar di Amerika Serikat.

Sekitar 60 persen orang Amerika sekarang "sangat" atau "agak khawatir" mereka atau anggota keluarga akan terkena virus Corona, naik dari 36 persen pada Februari, sementara kepercayaan pada kemampuan pemerintah untuk merespons telah turun tajam, sebuah jajak pendapat Gallup dirilis pada hari Senin menunjukkan.

Pakar kesehatan AS dengan keras menegur pemerintahan Trump karena awalnya meremehkan krisis dan tertinggal dalam upaya pengujian.

Orang-orang yang sakit di seluruh AS mengatakan mereka ditolak tes virus Corona, ketika negara-negara Amerika berjuang untuk memperlambat penyebaran COVID-19 dan menghentikan rumah sakit yang kewalahan dengan lonjakan pasien yang sakit kritis.

Pada Sabtu pagi, setidaknya 19.624 orang di seluruh AS telah dites positif menderita virus Corona, dan 241 orang telah meninggal, menurut data dari Johns Hopkins University.

Secara global, lebih dari 275.000 orang kini telah dikonfirmasi dengan virus tersebut, sementara hampir 11.400 telah meninggal. (ptv)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X