Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.320 views

Jerman Sebut Hak Penelitian Vaksin Virus Corona TIdak Untuk Dijual

BERLIN, JERMAN (voa-islam.com) - Menteri luar negeri Jerman pada hari Senin (16/3/2020) mengatakan hak untuk penelitian vaksin virus Corona tidak untuk dijual, menyusul laporan Donald Trump ingin AS membeli akses eksklusif untuk vaksin potensial yang dikembangkan oleh perusahaan biotek Jerman.

Komentar itu, yang dibuat dalam wawancara dengan kelompok media Funke, datang ketika para ilmuwan berlomba mengembangkan vaksin melawan virus Corona mematikan yang telah menewaskan sekitar 6.000 orang, melihat jutaan ditempatkan di bawah penguncian dan menghancurkan pasar global.

"Peneliti Jerman memainkan peran utama dalam pengembangan obat dan vaksin dan kami tidak bisa membiarkan orang lain mencari hasil eksklusif," kata Heiko Maas kepada Funke.

Mengutip sumber-sumber yang dekat dengan pemerintah Jerman, surat kabar Die Welt sebelumnya melaporkan bahwa Trump telah menawarkan "satu miliar dolar" untuk mengamankan penelitian vaksin oleh perusahaan bioteknologi Jerman CureVac "hanya untuk Amerika Serikat".

"Orang Jerman tidak untuk dijual," menteri ekonomi Peter Altmaier mengatakan kepada stasiun televisi ARD pada hari Ahad, bereaksi terhadap laporan tersebut.

Pada konferensi pers, menteri dalam negeri Horst Seehofer diminta untuk mengkonfirmasi upaya pengadilan perusahaan Jerman.

"Saya hanya dapat mengatakan bahwa saya telah mendengar beberapa kali hari ini dari pejabat pemerintah hari ini bahwa ini adalah masalahnya, dan kami akan membahasnya di komite krisis besok," katanya.

CureVac mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Ahad bahwa pihaknya "tidak mengomentari spekulasi dan menolak tuduhan tentang penawaran untuk akuisisi perusahaan atau teknologinya".

- Kemarahan -

Laporan itu memicu kemarahan di Berlin.

"Kerja sama internasional penting sekarang, bukan kepentingan nasional," kata Erwin Rueddel, seorang anggota parlemen konservatif di komite kesehatan parlemen Jerman.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada AFP, Ahad, bahwa laporan itu "dimainkan terlalu liar".

"Pemerintah AS telah berbicara dengan banyak (lebih dari 25) perusahaan yang mengklaim dapat membantu dengan vaksin. Sebagian besar perusahaan ini telah menerima dana awal dari investor AS."

Pejabat itu juga membantah bahwa AS berupaya menjaga potensi vaksin untuk dirinya sendiri.

"Kami akan terus berbicara dengan perusahaan mana pun yang mengklaim dapat membantu. Dan solusi apa pun yang ditemukan akan dibagikan kepada dunia."

- 'Mengambil tindakan' -

CureVac, didirikan pada tahun 2000, berbasis di negara bagian Thuringia Jerman, dan memiliki situs lain di Frankfurt dan Boston.

Perusahaan ini memasarkan dirinya sebagai spesialisasi dalam "pengembangan perawatan terhadap kanker, terapi berbasis antibodi, pengobatan penyakit langka dan vaksin profilaksis".

Laboratorium saat ini bekerja bersama-sama dengan Institut Paul-Ehrlich, yang terkait dengan kementerian kesehatan Jerman.

Pekan lalu, perusahaan itu secara misterius mengumumkan bahwa CEO Daniel Menichella telah digantikan oleh Ingmar Hoerr, hanya beberapa pekan setelah Menichella bertemu dengan Trump, wakil presidennya Mike Pence dan perwakilan perusahaan farmasi di Washington.

"Kami sangat yakin bahwa kami akan dapat mengembangkan kandidat vaksin yang kuat dalam beberapa bulan," kata CureVac mengutip Menichella di situs webnya sesaat setelah kunjungan.

Pada hari Ahad, investor CureVac mengatakan bahwa mereka tidak akan menjual vaksin ke satu negara.

"Jika kita berhasil mengembangkan vaksin yang efektif, maka itu akan membantu dan melindungi orang di seluruh dunia," kata Dietmar Hopp, kepala investor utama dievini Hopp Biotech Holding, dalam sebuah pernyataan.

Menteri Ekonomi Altmaier menyambut pernyataan itu, mengatakan itu adalah "keputusan fantastis".

Dia juga menunjukkan bahwa pemerintah memiliki kekuatan untuk meneliti pengambilalihan asing, dengan mengatakan bahwa "di mana infrastruktur penting dan kepentingan nasional dan Eropa terkait, kita akan mengambil tindakan jika kita harus." (AFP)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X